Strategi Media Center & IT pada Tim Sukses Pilkada

pasukan-cyber-pilkada

pasukan-cyber-pilkada

Pilkada serentak akan diselengarakan Desember 2015, saat blog ini ditulis (bulan april 2015) maka ada waktu 8 bulan lagi persiapan untuk tim sukses pemenangan pilkada. Pada posting kali ini saya hanya memfokuskan pada pekerjaan tim sukses pilkada dibidang Media dan IT (Information Technology), jadi tidak melebar ke pekerjaan lain seperti kampanye, logistik, dll.

Biasanya kandidat calon bupati / walikota atau gubernur mulai membentuk Tim sukses bila sudah memastikan perahu sudah aman, yang saya maksud perahu disini adalah partai politik pendukung resmi sebagai syarat pencalonan dari KPU. salah satu bidang strategis yang sangat penting di awal2 adalah bidang media center dan IT.

Bila anda ditunjuk sebagai koordinator bidang media center dan IT maka sebaiknya anda harus mempersiapkan ini:

  1. Website
  2. Sosial Media
  3. Software SMS Center
  4. Sistem hitung data pemilih
  5. Real Count

 1. WEBSITE

Buatlah 2 website yang berbeda yaitu :

1. website profil kandidat

2. website portal berita kedaerahan

 

website pertama adalah website standar yang memuat informasi tentang kandidat atau pasangan calon bupati / walikota, konten jangan terlalu banyak agar pesan inti bisa dibaca pengunjung. Konten website ini antara lain :

  1. profil kandidat
  2. visi misi dan program kerja
  3. testimoni tokoh
  4. kiprah atau aktifitas
  5. liputan media
  6. integrasi dengan facebook dan twitter

website kedua adalah website yang memuat konten lokal yang diharapkan dapat menarik pengunjung lokal dan media cetak setepat. Ada beberapa tahapan dalam menyajikan konten website yaitu :

  • pada awal konten yang berkaitan dengan sejarah lokal
  • konten selanjutnya adalah kondisi pemeritahan sekarang
  • tahap selanjutnya publish kondisi poltik dan informasi calon semua kandidat
  • dengan bahasa yang sangat halus dan tanpa disadari, mulailah konten yg mengajak memilih pemimpin dengan kriteria tertentu, INGAT jangan sebut nama, karena website ini didesain untuk independen, bila website sudah diketahui milik seseorang maka website ini tidak ada gunanya lagi.
  • dan tahap lainnya disesuaikan dengan permebangan isu dan opini, yang jalas website ini tetap harus bersifat NETRAL dimata masyarakat. sehingga informasi lebih mudah di terima dibanding website yang jelas2 memihak salah satu kandidat. Dan juga harus di ingat konten harus bisa dipertanggungjawabkan dan tidak ada BERITA FITNAH karena sekali ditemukan berita yang tidak valid selama orang tidak akan percaya dengan website ini.

 

 S D M

WEBSITE PROFIL

Untuk membuat website yang pertama , website profil kandidat dibutuhkan 1 orang ahli desainer website yang bisa dicari di kota anda, saya yakin ada banyak, namun bila membutuhkan ahli website yang mengerti kebutuhan anda, bisa hubungi kami di email aswandiweb@gmail.com atau hp 081273880001, kami mempunyai tim yang khusus membuat website, kami akan menggarap pekerjaan :

  • pemilihan nama domain yang tepat
  • mementukan hosting yg cepat
  • desain website sampai bisa diakses dengan sempurna
  • mempromosikan website agar cepat dikenal oleh google dan media sosial

 

WEBSITE PORTAL BERITA

Pembutan portal berita jauh lebih rumit karena melibatkan 3 tim yang mempunyai pekerjaan berbeda yaitu :

  1. tim desainer website
  2. tim konten
  3. tim buzzer

Tim desainer website bisa menggunakan tenaga lokal utk membuat website atau bisa serahkan ke tim kami yg berpengalaman membuat website penggiring opini seperti ini. untuk melihat contoh website sejenis yg pernah kami buat hubungi kami via email atau sms,mhn maaf tidak bisa dipublish untuk umum karena perjanjian dengan klien.

Tim konten pekerjaan yang adalah menulis posting berita minimal 2 kali sehari yang berkaitan dengan konten2 lokal yang saya sebutkan diatas. Untuk konten yang pertama dan kedua masih bisa dikerjakan oleh tim atau perseorangan di luar kota, namun konten tahap ke-3 dan seterusnya adalah harus orang lokal yang memahami kondisi perpolitikan di daerahnya.

Tim Buzzer pekerjaannya adalah mesosialisasikan wesite dan konten melalui sosial media seperti facebook dan twitter, tujuannya adalah agar konten bisa menyebar cepat dan menjangkau lebih banyak orang.

 

Untuk pekerjaan lainnya yaitu Sosial Media,Software SMS Center, Sistem hitung data pemilih, Real Count telah di ulang di blog aswandi.or.id ini di artikel sebelumnya, bila ada kekurangan dan update akan kami posting di artikel selanjutnya

Demikian, semoga bermanfaat untuk STRATEGI PEMENANGAN PILKADA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI, maanfaatkan teknogi sebagai AMPLIFIER suara anda, KANDIDAT YANG BERKUALITAS DAN PROGRAM YANG BAGUS adalah percuma tanpa AMPLIFIER yang mampu menyebarkan informasi kebanyak orang, dengan cepat dan biaya yang minim.

 

Untuk strategi pemenangan melalui media sosial silahkan cek artikelnya disini http://aswandi.or.id/2016/10/11/konsep-terbaru-pemenangan-pilkada-dengan-media-sosial/

2 Comments

Add a Comment
  1. mau cetak SPANDUK MURAH ????
    dateng aja langsung ke MAFA ADVERTISING
    Jl. Ciledug Raya No. 73G Petukangan Utara, Jakarta Selatan
    telp 0896 0109 0159

  2. artikel anda mengenai strategi media center IT pada tim sukses pilkada sangat menarik dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme