Posted on
modem-16-port-sms-massal
modem-16-port-sms-massal

Mengirim SMS Massal atau in english SMS Broadcast tidak selalu disebut SPAM, misalnya mengirim sms informasi kepada seluruh orang tua siswa dan siswa sekolah, atau mengirim pengumuman atau slip gaji kepada karyawan, atau mengirim sms promo diskon kepada pelanggan minimarket yang telah bersedia menerima sms melalui form pelanggan minimarket.

Untuk mengirim sms sampai ratusan bahkan ribuan tidak mungkin kirim satu persatu, tentu harus menggunakan software sms center, jadi sekali klik bisa kirim ke ribuan nomor, dan tentu diperlukan PULSA untuk pengiriman sms, untuk pulsa anda bisa memilih opsi dibawah ini:

  1. pulsa normal dengan biaya Rp 165 per sms, contoh utk kirim 1000 sms biaya Rp 165.000
  2. pulsa paket sms, anda bisa menggunakan paket sms dengan 2 cara :
    1. beli pulsa paket sms, jadi saat beli pulsa jangan beli pulsa reguler, bilang pulsa khusus sms,  ini hanya ada untuk kartu IM3 Indosat.
    2. beli pulsa reguler, lalu beli paket sms, pembelian ini akan memotong pulsa.
  3. paket sms gratis dari operator gsm, tanpa pelu mendaftar biasanya operator memberikan sms gratis ke sesama operator hanya dengan kirim beberapa sms berbayar.

PAKET SMS INDOSAT

pulsa-paket-sms-indosat
pulsa-paket-sms-indosat –  pulsa sms sebelum dan sesudah beli pulsa sms Rp 5.000,-

 

Saya coba beli pulsa paket SMS Rp 5.000,- setelah saya cek dengan kode *555*1# maka dapet pulsa sms :

  • sms ke sesama indosat 300 sms
  • sms ke operator lain 200 sms

disini yg saya hitung adalah sms ke operator lain saja, karena kalo sesama indosat sebenarnya tanpa perlu beli paket sms, tanpa perlu register apa2, otomatis dapat 1000 sms gratis sesama indosat hanya kirim sms 10 atau kirim sms senilai kurang dari Rp 2.000,-

saat beli pulsa paket SMS Rp 5.000 yang saya hitung adalah dapet paket sms ke operator lain sebanyak 200 sms artinya biaya per sms adalah Rp 25,-

PILIH KARTU GSM

Bila anda ingin mengirim sms, gunakan kartu yang tepat agar pemakaian pulsa seminim mungkin, berikut ini tips nya

  • bila pengiriman tidak sampai 500 sms gunakan saya kartu IM3 Indosat
  • bila pengiriman sampai 1000 sms ataulebih maka sebaiknya lihat operator apa yg dominan, anda bisa sortir manual menggunakan excel atau bila menggunaan software nixsms-center sdah terdapat fitur utk melihat operator mana saja dalam 1 group phonebook. spt gambar dibawah ini
manajemen-group-phonebook-nixsms
manajemen-group-phonebook-nixsms

pada group diatas, ada 904 kontak, bila klik detail maka :

1 TOTAL 904
2 xl 93
3 telkomsel 241
4 axis 14
5 indosat 363
6 3 156

Kirim sms ke 904 nomor dengan komposisi diatas, dengan berbagai opsi:

  • bila menggunakan kartu halo tanpa ada bonus gratis sms maka
    biaya 165 x 900 = Rp 148.500
  • bila menggunakan kartu simpati dengan daftar paket 2000 sms, cara daftarnya ketik SMS ON kirim ke 8999  maka :
    • kirim ke 241 nomor telkomsel Rp 0,
    • kirim ke 626 operator x 165 = Rp 103.290
  • bila menggunakan kartu as, daftar paket 1900 sms ke sesama dan 100 sms ke op lain, cara daftar ketik *100*6*3*1#  maka :
    • kirim ke 241 nomor telkomsel Rp 0,
    • kirim 100 ke op lain Rp 0,
    • sisa nya 526 x 165 = Rp 86.790
  • bila menggunakan kartu IM3  dan beli pulsa paket sms,maka
    • beli pulsa paket sms Rp 15.000 dapet 900 sms kesesama indosat dan 600 sms ke semua operator
    • kirim ke 363 nomor indosat Rp 0
    • kirim ke 504 nomor selain indosat x 25 = 12.600
    • jadi total biaya Rp 15.000 + 12.600 = Rp 27.600,-

 

setelah membandingkan cara2 diatas, biaya yang paling hemat adalah dengan menggunakan kartu IM3, namun pada kasus berikutnya tetap harus memperhatikan jumlah nomor dari setiap operator, bila banyakan operator Telkomsel maka sebaiknya dipisahkan dulu, pengiriman ke nomor telkomsel pakai kartu as dan sisanya pakai nomor IM3.

MENGATASI BLOKIR KARTU 

Aada masalah serius bagi anda yang suka kirim2 sms massal, yaitu pemblokiran kartu bila mengirim sms dengan kecepatan diatas batas:

  1. XL akan memblokir kartu bila mengirim lebih dari 360 sms per jam, dan blokirnya baru dibuka setelah menghubungi kantor CS XL
  2. TELKOMSEL akan memblokir kartu bila mengirim 200 sms perjam, namun blokir dibuka kembali besok hari jam 00 malam.
  3. Tree akan memblokir juga, namun sampaisaat ini saya belum tau berapa jumlah maksimal sms nya.

Saat ini yg paling aman adalah menggunakan kartu IM3, kemaren kirim 1000 sms lancar semua tanpa ada blokir sedikitpun.

Bila anda ingin tetap kirim menggukan kartu as namun tetap aman, bisa menggunakan fitur perlambat sms yang terdapat di NixSMS-Center, jadi saat kirim sms, pilih opsi KIRIM SETIAP dan pilih 20 detik, seperti gambar dibawah

kirim-sms-massal-tanpa-blokir
kirim-sms-massal-tanpa-blokir

Dengan memilih opsi KIRIM SETIAP 20 DETIK, maka software hanya mengirim 3 sms per menit atau 180 sms per jam, dengan demikian sms dapat terkirim tidak melebihi batas kecepatan yg ditentukan TELKOMSEL. Namun resikonya pengiriman jadi lambat, seharusnya dalam 1 jam bisa kirim 500 s.d 1.000 sms, kamaren kirim 2000 sms dari pagi jam 7, komputer ditinggalin jam 5 sore baru terkirim semua, semua sms terkirim 100%.

Demikian semoga bisa menjawab rekan2 yg mengeluh kenapa nomornya sering diblokir, bagi yang gak mau repot kirim sms, serahkan sama pihak ketiga yang akan membantu anda mengirim SMS, info klik JASA KIRIM SMS, atau bisa menggunakan aplikasi sms online di server-sms-center-online

 

20 Replies to “Tips Kirim SMS Broadcast Murah atau Gratis”

  1. Kalau sms yang kalau kita lewatin resto atau toko terebut suka dapat sms promo..itu gimana caranya?..supaya yg nerima sms lsg bisa datangin tempat kita.

  2. hati-hati, perbuatan spam bisa ditindak pidana. alat sperti ini kebanyakan digunakan untuk spamming promosi kredit dll. unit cyber crime polri sudah canggih sekarang ini, bisa dilacak sumber pengirim spamnya.

  3. terimakasih, saya juga tidak menyarankan utk SPAM, sms massal boleh tapi hanya utk pemberitahuan ke member atau siswa atau pelanggan yg memang sudah isi data nomor hp. utk lacak sumber pengirim juga saya kira tidak perlu pake alat canggih, karena semua kartu perdana yg saya pake saya daftarkan atas nama sendiri dan nomor KTP sesuai dg KTP.

  4. Kalau sms yang kalau kita lewatin resto atau toko terebut suka dapat sms promo..itu gimana caranya? saya berminat buat promo

  5. saya berminat buat promo seperti rasto yang menawarkan produknya, bagaimana caranya pak???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *