Posted on

Membuat software akademik untuk perguruan tinggi yang telah lama berdiri akan lebih rumit dibanding dengan PT yang baru akan berdiri. karena PT yang sudah lama berdiri mempunyai banyak data (manual tentunya) yang harus segera dimasukkan kedalam database. data tersebut adalah terutama data mahasiswa dan nilai mahasiswa. Input data nilai lama wajib dilakukan, karena software tidak bisa menghitung nilai IPK bila data nilai semester lalu tidak ada.

Gambaran saya, untuk PT yang masih manual sistem administrasi nilainya, data disimpan dalam bentuk file MS Excell dan mempunyai banyaaak sekali file, misalnya utk KHS itu filenya setiap mahasiswa satu file, dan dalam file tersebut terdapat beberepa sheet sesuai dengan jumlah semester mahasiswa tsb. atau bisa juga 1 file yang berisi data khs mahasiswa, hasilnya jadi paaaajang kebawah, jadi ternyata khs tsb dikopi paste kebawahnya.

Untuk konversi data bisa dengan cara manual, yaitu diinput satu persatu pada halaman input data yang sudah tersedia, atau bisa dengan cara cepat dengan import data dari MS Word atau MS Excell. Untuk import data dari file, pihak klien cukup memberikan file datanya dan pekerjaan konversi data biar dilakukan oleh tim software.

input data manual menurut saya sangat merepotkan, karena butuh waktu yang sangat lama dan tenaga operator yang banyak. penerapan import data adalah yang lebih tepat. idealnya data yang mau diinput sudah rapi dalam file excel, formatnya contohnya seperti ini

NIM KODE MK NILAI
123456 MKK023 A
123456 MKK024 B

tapi gak mungkin klien ngasih data seperti ini, yang dikasih tentunya file excelnya yang selama ini dipake. Untuk mengatasinya, saya tetap gunakan file excel tersebut dan merapikan data seperlunya dengan membuat kolom yang tidak dibutuhkan, dengan kecanggihan php pekerjaan tsb bisa selesai dalam hitungan jam saja (utk membuat skrip php utk ekspor data), kalo utk waktu proses paling cuman beberapa detik.

panduan untuk software akademik ini (sementara) bisa didownload di siniĀ  http://aswandi.or.id/unduh/panduan

panduan ini akan terus diupdate seiring dengan update software.

3 Replies to “Konversi Data Nilai ke Sistem Informasi Akademik”

  1. Terima kasih pak Aswandi, saya juga sedang ingin mengembangkan aplikasi KRS seperti ini tapi belum dapat gambarannya. Penjelasan dari anda sangat membantu sekali..

  2. mas..q butuh contoh ato tutorial cara buat aplikasi jadwal pelajaran yang bebasis web dong..q lgi buth bged neh wat TA..
    y y ..
    thanks before

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *