Posted on
  1. Sistem Informasi Administrasi (SIADMIN). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan wilayah dan TPS.
  2. Sistem Informasi Pendaftaran Penduduk dan Pemilih (SITARLIH). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan penduduk dan pemilih berdasarkan hasil dari P4B (Pendaftaran Pemilih dan Pencatatan Penduduk Berkelanjutan).
  3. Sistem Informasi Organisasi Penyelenggara (SIOGARA). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan organisasi penyelenggara Pemilu/Pilkada.
  4. Sistem Informasi Parpol (SIPARPOL). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan Partai Politik peserta Pemilu/Pilkada.
  5. Sistem Informasi Calon (SILON). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses pendataan Calon Kepala Daerah.
  6. Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses perekaman penghitungan suara hasil Pilkada.
  7. Sistem Informasi Penetapan Terpilih (SITAPLIH). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses penetapan calon terpilih.
  8. Sistem Informasi Tabulasi Hasil Pemilihan (SITAMPIL). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPU / KPUD sehubungan dengan proses penampilan hasil-hasil pemungutan suara, yang meliputi: Tabulasi Status TPS, Tabulasi Progres TPS, Tabulasi Hasil Penghitungan Suara per Wilayah, Tabulasi Penghitungan Suara per Daerah Pemilihan, Tabulasi Peringkat, Tabulasi Resume Surat Suara.

8 (delapan) Sistem Informasi diatas adalah Software untuk Pemilu yang saya cut dari website perusahaan IT swasta, kalo saya lihat SITUNG itu harusnya sudah mencakup pendataan wilayah dan TPS dan perhitungan dan penampilan suara. tapi diatas software untuk pendataan ada khusus yang dinamakan SIADMIN dan untuk perhitungan/ penampilan ada di software SITAMPIL.Jadi funsi software SITUNG untuk apa? hanya input data aja kemudian data masuk database. udah ! kemudian ada software lagi yang namanya SITAMPIL yang mengambil data dari database SITUNG untuk dihitung dan ditampilkan.

Saya melihat ini ada upaya untuk memperbanyak item pekerjaan yang sebenarnya hanya satu, jadinya proyeknya besar dan korupsinya juga banyak.

bukan bermaksud sombong, tapi sekedar perbandingan. software saya SMS Quick Count versi intinya aja, sudah mencakup ketiganya, sudah ada modul untuk pendataan wilayah dan tps, sudah ada form untuk input data suara (bahkan bisa via SMS) dan datanaya langsung dihitung dan dapat ditampilkan.

jadi singkat cerita, saya mau nawarin nih, software SIADMIN, SITUNG dan SITAMPIL digabung jadi satu menjadi software QUICK COUNT (tanpa kata SMS), intinya sama aja dengan SMS QUICK COUNT tapi bedanya input data via PC. bagi yang berminat hubungi saya. tampilannya dn fiturnya gak jauh beda dengan SMS QUICK COUNT cuman gak bisa nerima SMS aja.

4 Replies to “Software Pilkada”

  1. bagaimana cara mendapatkan sofware ini? rencananya kalau disetujui mau diajukan untuk Pilkada di Jambi untuk salah satu pesertanya

  2. KPU Cilegon berencana untuk mengadakan Tabulasi data dengan menggunakan software ini.
    Mohon kirimkan spesifikasi harga,
    Pemilukada di Cilegon pada tanggal 9 Mei 2010

    Best Regards
    Tim Media Center
    KPU Kota Cilegon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.