Posted on
foto-pelatihan-quick-count
foto-pelatihan-operator-quick-count

Bagaimana cara menentukan jumlah sample TPS untuk even QUICK COUNT PILPRES, pertama tentukan jumlah TPS se Indonesia dan parameter statistik-nya. berikut ini datanya:

  • Jumlah TPS = 478.829
  • Margin Error = 1%

Untuk menentukan jumlah TPS yang akan dijadikan sampel, rumus yang biasa digunakan adalah rumus SLOVIN yaitu :

rumus-quick-count-pilpres-2
rumus-quick-count-pilpres-2

dari hasil perhitungan excel dengan rumus excel : = D14/(1+(D14*D15*D15))

rumus-quick-count-pilpres
rumus-quick-count-pilpres

jadi jumlah sampel ideal untuk pilpres 2014 di Indonesia adalah 9795 TPS, namun sayangnya tidak ada satupun lembaga survey yang mengambil sampel sebanyak itu, lihat saja SMRC paling banyak 4.000 TPS, LSI, RRI ,Indikator, CSIS-Cyrus, Populi Center, PolTracking, Kompas dan JSI semuanya 2000 TPS, sedangkan Puskaptis 1.250

makin banyak jumlah sampel tentukan makin akurat, namun bukan jumlah sampel satu2nya yang menentukan akurasi, pertimbangan lain adalah ketepatan menentukan TPS mana saja yang akan dijadikan sampel.

Lantas mengapa lembaga survey tersebut mengambil sampel yang tidak sampai separuh dari sampel yg direkomendasikan, menurut saya pertimabangan mereka selain biaya juga melihat keragaman pemilih atau pemilih indonesia tingkat homogennya tinggi. maka bisa pakai rumus Estok Navitte Cowan :

 

rumus-quick-count-pilpres
rumus-quick-count-pilpres

rumus ini bisa di hitung pake EXCEL, rumusnya =(J3*J3*J4*(1-J4)*J5)/(J3*J3*J4*(1-J4)+(J5-1)*J6*J6), tinggal disesuaikan dg excel anda,

parameternya :

E = sampling error

Z= tingkat kepercayaan yang dipakai , angkanya sudah ditentukan

  • tingkat kepercayaan 90% maka Z = 1.65
  • tingkat kepercayaan 95% maka Z = 1.96
  • tingkat kepercayaan 99% maka Z = 2.58

p = tingkat heterogen pemilih, angka mulai dari 0 sampai dg 0.5, pemilih makin homogen maka angka 0 kecil dan makin heterogen maka angka p besar. untuk mengetahui tingkat heterogen pemilih bisa dilihat jumlah pemilih prabowo dan jokowi di setiap tps di 1 kecamatan tidak jauh berbeda.

ambil contoh bila ditentukan p =0,5 artinya tingkat keberagaman pemilih sangat tinggi, dan sampling error 1 % atau 0.01, tingkat kepercayaan 95% maka hasilnya :

rumus-quick-count-pilpres
rumus-quick-count-pilpres

 

dibutuhkan 9415 TPS untuk sampel quick count.

namun bila tingkat heterogen kecil atau atau ambil nilai 0.1 maka hanya dibutuhkan 3433 sampel TPS, lihat hasilnya dibawah

rumus-quick-count-pilpres
rumus-quick-count-pilpres

setelah dapat angka 3433 tps, maka tentukan jumlah tps di tiap provinsi dengan metodologi PROPOSIONATE STRATIFIED RANDOM SAMPLING (PSRS), hitungnya ga perlu pake aplikasi canggih SPSS dll, pake excel aja bisa ini hasilnya:

real-count-pilpres
real-count-pilpres

ok cukup sampai sini, selanjutnya tentukan TPS di tiap provisinsi dengan mempertimbangkan suku, agama dan tingkat pendidikan.

by Aswandi.com

One Reply to “Menentukan sampel untuk Quick Count Pilpres”

  1. Saya buka di referensi the quick count and election observation, estok dkk. Rumusnya hanya dibagi N bukan N-1….itu kenapa bisa N-1 min…saya buka d skripsi skripsi juga pakainya kok N-1…mohon pencerahannya min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *