Posted on
real count pilpres 2014
real count pilpres 2014

Saya lagi merancang pembuatan software Real Count Pilpres 2014 pesenan dari salah satu partai level propinsi, karena itu hanya menghitung suara di 1 propinsi itu saja. rencana desain dan fiturnya nanti adalah :

  • desain menggunakan framework css twitter bootstrap, agar tampilannya lebih menarik dan fleksibel, jadi diakses dari handphone maka tampilan akan menyesuaikan ukuran layar handphone, contoh aplikasi web yg pakai bootstrap yaitu www.pollingsms.com
  • grafik menggunakkan css atau javascript. jadi tidak lagi menggunakan flash, karena flash tidak bisa diakses di smartphone android, iphone apalagi BB.

Versi ini tidak jauh berbeda dari software real count sebelumnya, hanya ditambahkan fitur input data bisa dari beberapa sumber:

  1. lewat SMS, data sms dikirim oleh saksi atau koordiator saksi
  2. input manual oleh operator komputer
  3. input data di internet melalui website yg sudah disediakan, input dilakukan di lokasi kecamatan atau kabupaten.

Karena ada 2 server maka pada aplikasi real count versi ini saya buat software penghubung antara server lokal dan server online, jadi apabila ada data masuk melalui sms ke server lokal maka server lokal akan mengirim data suara ke server online, dan sebaliknya apabila ada operator input data di server online maka server local akan mengambil data suara yang ada di server online.

Demi keamanan dan pengontrolan maka di setiap kabupaten akan diberikan 10 username dan password, jadi kabupaten silahkan atur sendiri apakah operator yang input data hanya 1 orang di posko kabupaten atau mau bagi tugas untuk beberapa kecamatan, atau bisa juga perwakilan kecamatan kumpul bareng di kantor kabupaten dan input rame2.

Bagi anda operator yang ditugaskan mengelola software ini tidak perlu ribet, untuk server lokal instalasi dan setting modem kami lakukan jarak jauh, sedangkan untuk versi online sepenuhnya kami yang hadle, anda tinggal menerima alamat website dan passwordnya saja. Tugas anda hanya:

  1. cetak panduan saksi
  2. memastikan kartu gsm tidak habis pulsa
  3. memonitoring sms masuk, bila ada sms salah format maka anda bisa input manual atau balas sms agar kirim lagi sesuai format.

Software QUICK REAL COUNT PILPRES 2014  ini ditujukan bagi partai atau tim sukses di level provinsi yang ditugaskan menghitung suara pilpres di provinsi nya masing2. Bagi yang berminat hubungi kami HP/SMS/WA/Line 0812 7388 0001 atau PinBB 75109C2E

bila menginginkan proposal silahkan kirim email ke aswandiweb@gmail.com

Untuk realcount pilpres 2 versi sekaligus yaitu sMS dan Internet sebaiknya dipersiapkan 10 hari sebelum hari H, namun bisa juga hanya pakai versi online, jadi tinggal input data saja tidak perlu kirim sms, utk versi online ini bisa disiapkan 3 hari sebelum pilpres.

Untuk versi online, semua kode dibuat dari NOL jadi tidak pakai software lama, makanya tampilannya agak beda, ini saya lakukan agar lebih ringan loadingnya dan tampilan responsif, artinya bisa menyesuaikan ukuran layar laptop, tablet atau handphone.

saya juga tambahkan fitur ini :

  1. login untuk 3 level user yaitu :
    1. admin, level ini bisa create user dan ganti password user.
    2. readonly, level ini hanya bisa lihat data, jadi tidak bisa input data
    3. operator yang terdiri dari 3 level
      1. level provinsi, level ini bisa lihat semua
      2. level kabupaten, level ini bisa lihat hanya data2 di kabupaten dia dan kecamatan dibawahnya
      3. level kecamatan, level ini hanya bisa lihat data kecamatan nya
  2. semua aktifitas user akan direkam yaitu :
    1. waktu login
    2. input data apa saja
    3. sudah berapa banyak dia input data

One Reply to “Software Real Count Pilpres 2014”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *