Pengalaman Quick Real Count Pilkada di Kalimantan

quick real count pilkada murung raya - kalteng

quick real count pilkada murung raya – kalteng

Kali ini saya akan berbagi pengalaman pekerjaan Quick Real Count untuk Pilkada di Kalimatan Tengah, tepatnya di Kabupaten Murung Raya. Disini saya menemukan beberapa cara terbaik untuk sistem perhitungan yang nantinya akan saya implementasikan di pilkada berikutnya.

Berangkat dengan pesawat ke Palangkaraya, rencananya mau naik pesawat juga kota Puruk Cahu, ibukotanya Kab Murungraya, namun sayangnya pesawat sudah full, ternyata ada rombongan artis yang akan kampanye pilkada di tempat yang sama. diantara artis tersebut ada Ridho Rhoma, dan ternyata kami menginap di hotel yang sama di lantai yang sama, hanya beda beberapa kamar. Ini tidak penting untuk dibahas, hanya bagi saya ini saya jadikan tolok ukur bahwa panitia memberikan service terbaik. artis sekelas ridho rhoma pasti ditempatkan di hotel terbaik di kota itu. Jadi kami naik mobil travel selama 15 jam !

pelaksanaan pilkada tanggal 4 April 2013, hari H min 3, atau tgl 1 April kami mengadakan pelatihan saksi. pelatihan saksi ini adalah utk pelatihan hak dan kewajiban saksi, namun di akhir acara kami minta waktu 30 menit utk menyampaikan presentasi teknis cara kirim sms real count. Beberapa kendala yang kami temui saat itu adalah beberapa daerah tidak ada sinyal dan beberapa peserta masih salah dalam mengirim sms. saat itu juga kami mengadakan simulasi kirim sms, dan secara real time kami tampilkan sms yang masuk baik format benar dan salah di layar proyektor, dan saat itu juga sms yang salah dapat diperbaiki karena semua bisa lihat di layar infokus mana sms salah dan mana yang benar

Pada hari H Pilkada, jam 2 data sudah mulai masuk, lokasi server berada di salah satu posko tim sukses, namun hasilnya dapat dilihat di beberapa tempat karena hasilnya otomatis terupdate di internet. jam  malam, tim sukses mengadakan pressrelease tentang hasil real count (biasalah kalo menang pasti press release).

 

Sebelum pulang pamit dulu dengan Bpk Bupati sekalian foto bareng, Pulangnya kami naik pesawat ke palangkaraya, pesawatnya kecil, hanya muat 20 orang. lama terbang pesawat hanya 40 menit, beda banget bila dibandingkan dengan lewat darat 15 jam.


foto bareng pak bupati murung raya - dari pekerjaan quick count

Tim sukses sana puas dengan software dan pekerjaan kami, buktinya pada even Pilkada 2 bulan setelahnya yaitu Pilkada Barito Utara tanggal 5 Juni 2013, tim sukses murung raya order lagi, lokasi barito utara hanya berjarak 2 jam perjalanan dari murung raya.  Saya sendiri tidak datang ke barito utara karena pada saat yang bersamaan saya ada kerjaan Quick Real Count Pilgub Sumsel tanggal 6 Juni 2013 di Palembang.

 

1 Comment

Add a Comment
  1. Saya dari kab.Murung Raya saudara ku, yang mana saya juga timses dari pasangan PaDi pada pilkada 2013 kemaren. Untuk dibarto utara kemaren sebenarnya kami ingin menggandeng Bpk cuma katanya udh dikontrak sama kandidat H.Mulyar. Kita kemaren bikin Tabulasi nya pa H.Nadalsyah.
    Untuk Murung Raya kemaren kami ingin print out hasil pilkada cuma situsnya ga bsa dibuka lg

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme