STRUKTUR & GAMBARAN TIM SUKSES PEMENANGAN PILKADA

struktur-timses-pemenangan-pilkada-2018

struktur-timses-pemenangan-pilkada-2018

Setelah kemaren pendaftaran calon bupati/walikota/gubernur usai dan ditutup KPU tanggal 10 Januari 2018, maka langkah selanjutnya harus harus dikebut adalah membentuk struktur tim sukses (timses) pemenangan pilkada, berikut ini adalah contoh struktur tim pemenangan pilkada berdasarkan pengamatan saya di beberapa pilkada mulai dari aceh sampai papua.

dari beberapa bidang tersebut berikut ini keterangannya

KONSULTAN POLITIK

konsultan politik adalah orang atau tim yg tugasnya memberikan saran strategi pemenangan pilkada, posisinya dibawah ketua timses karena timses berhak menerima atau menolak saran ketua timses. konsultan politik bukanlah even organizer ( EO ) jadi pekerjaan kampanye seperti iklan media cetak, kampanye panggung seharusnya tidak diserahkan ke konsultan politik, tapi dikelola sendiri oleh tismes atau berikan ke profesional pihak ketiga.

tugas konsultan politik disini hanya memberikan saran konten kampanye, lalu tim kreatif membuat materi kampanye bisa dalam bentuk animasi, kartun, video, grafik, gambar, tulisan dll, lalu tugas BIDANG KAMPANYE yang menyebarkan konten tersebut baik melalui media cetak atau media massa, yang dimaksud media baru disini adalah sosial media, sms, whatsapp, dll.

 

BIDANG KAMPANYE

bidang kampanye membawahi 2 seksi, yaitu seksi media konvensional dan seksi media baru,
tugas seksi media konvensional ini adalah semua urusan media seperti spanduk, koran, radio tv. sedangkan seksi media baru berurusan dengan media kampanye menggunakan IT seperti facebook, twitter, SMS, whatsapp.

SOSIAL MEDIA

untuk membentuk tim media sosial bisa membentuk tim sendiri atau serahkan semua kepada profesional pihak ketiga, sebagai gambaran untuk tim ini setidaknya dibutuhkan 3-10 orang operator yg dengan segala kemampuanya bagaimana caranya menyampaikan materi kampanye ke sebanyak mungkin penduduk di kabupaten/kota diwilayah pilkada.

ada banyak cara untuk menyampaikan pesan ke pengguna facebook, diantaranya bisa dengan menggunakan:

1. iklan facebook

anda bisa membuat pesan dihalaman facebook dan agar bisa menjangkau banyak orang secara tertarget maka bisa gunakan fb ads atau iklan facebook, anda bisa menargetkan pesan ini tampil di facebook pengguna misalnya hanya untuk pengguna facebook yg tinggal di balikpapan, atau mereka yg menuliskan di facebook berasal dari kota balikpapan. sebagai contoh pengguna facebook radis 10mil dari pusat kota balikpapan dengan usia 17-50 tahun ada 450.000 orang. jangkauan ini tergantung seberapa banyak dana iklan yg disediakan, semakin banyak dana maka semakin banyak jangkauan pemirsa facebook.

facebook-untuk-kampanye-pilkada

facebook-untuk-kampanye-pilkada

2.tim buzzer

buat beberapa postingan materi kampanye lalu tim sosial media baik di dalam ruang atau di luar ruang serentak membagikan, like dan komen postingan tersebut, sistem kerja facebook itu akan otomatis mengangkat postingan facebook yg ramai dibicarakan, jadi teman2 dari tim otomatis akan melihat postingan yang ramai walau mereka tidak follow atau bergabung di group milik timses.

3. even sosial media

membuat even di halaman facebook, misalnya kuis berhadiah pulsa, atau postingan dengan komen terbanyak akan mendapatkan hadiah pulsa dsb. ada banya metode berkampanye di facebook dan 3 diatas hanya sebagian saja.

BIDANG RELAWAN

dibawah bidang relawan ada ketua2 relawan, jadi disini ada banyak ketua disetiap organisasi relawan, organisasi relawan biasanya lebih dari 1, ada relawan koalisi, relawan partai, tim keluarga, dan berbagai bentuk organsasi yg dibentuk tiba2, misalnya tim srikandi khusus untuk perempuan, tim suku/adat ABC, LSM ABC, dsb. tim2 tersebut salah satu tugasnya selain mengadakan even2 seperti even olahraga, kesenian, seminar, dll.

tugas inti tim2 relawan ini adalah penggalangan massa, ada mereka yg mengadakan even yg penting terlihat ada massa banyak, namun yg baik adalah mereka yg menggalang massa dan mendapatkan pemilih positif. pemilih positif ini harus di data by name by address. Pemilih yg sudah menyatakan dukungan ini harus dikelola dengan baik, dan itu tugas dari seksi data dan IT.

Penggunaan IT untuk mengelola data dukungan sangat diperlukan untuk :

  • melihat jumlah dukungan real saat ini dan memastikan data pemilih ada dalam DPT KPU
  • melihat tim relawan mana yg kerja dan mana yg masih kosong
  • melihat daerah mana yg banyak dukungan dan mana yg masih kosong, data harus bisa dilihat total, atau perkecamatan, perdesa sampai per TPS.
  • mengirim pesan sms ke database pemilih secara serentak atau per kecamatan, perkelurahan atau semua tim dibawah koordinasi korcam

dengan adanya sistem pendataan ini maka jumlah perolehan suara dapat terukur secara pasti, bukan sekedar merasa banyak pemilih dari laporan lisan tim, dan bukan dari banyaknya massa yang datang kampanye panggung.

Hal yang sangat harus diperhatikan dalam sistem IT utk pilkada ini adalah penggunaan menggunakan cara kerja yang dapat diterima di timses, saat ini ada banyak laporan kerja timses ke posko induk

  1. menggunakan aplikasi android
  2. menggunakan web
  3. menggunakan sms
  4. telpon
  5. catatan kertas

Menggunakan android tentu terlihat keren dan bonafid, tapi perlu diperhatikan apakah semua tim dilapangan mempunyai handphone android, kalaupun punya apakah mempunyai akses internet, kalau pun ada mau kah mereka menggunan aturan2 cara  input data, jadi jangan paksakan suatu sistem walau bagus tapi tidak bisa nyaman digunakan oleh tim dilapangan. tentu kita bukan utk dibilang keren tapi ingin data valid dan menang,

Beberapa alternatif lain misal menggunakan website ini bagus utk daerah yg luas jadi input data bisa dilakuan oleh operator didaerah masing2, tapi ingat input data sebaiknya dilakukan oleh operator khusus, jangan libatkan relawan karena relawan harus fokus pada kerja inti dan tidak mau diribetkan dengan sistem yg baru.

pengalaman kami, dilapangan tetap menggunakan kertas fisik, dan nanti dikumpulkan dengan posko utama utk di input oleh operator. dan juga ada bukti fisik utk kontrol kualitas, yg hal ini akan menyulitkan bila laporan via sms atau telepon.

untuk informasi penggunaan IT utk pemenangan pilkada klik blog ini atau web www.software-pilkada.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme