Panduan Teknis Menghitung Suara Pemilu 2014 Untuk BAPPILU

persiapan-real-count-pemilu

lagi registrasi dan tes 16 kartu utk modem 16 port

Artikel ini ditujukan bagi BAPPILU atau Badan Pemenangan Pemilu Partai atau anda yang ditugaskan untuk menghitung suara partai dan caleg pada pemilu 2014. Misalnya Anda dibebaskan untuk menggunakan metode apa yang penting cepat dan akurat. Anda bisa memilih opsi dibawah ini:

  • menggunakan software sms real count – klik SINI
  • pakai software tapi dari lembar C1, link terkait klik SINI
  • manual excel tapi pakai sms center untuk menerima data
  • manual excel dari lembar C1

Pada artikel kali ini membahas lebih detal metode pertama yaitu menggukan software sms real count. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

  1. jumlah tps, ini nantinya berkaitan dengan jumlah modem yang digunakan dan jumlah operator relawan yg diperlukan pada hari H Pemilu
  2. jarak dan jangkauan sinyal handphone di semua desa/kelurahan
  3. tingkat pendidikan saksi atau relawan yang ditugaskan mengirim sms data suara

Untuk wilayah saya membagi menjadi 3 kategori

  • wilayah A yaitu semua Kota di Indonesia
  • Wilayah B yaitu semua Kabupaten di Pulau Jawa
  • Wilauah C yaitu semua kabupaten di luar pulai jawa

Untuk contoh kali ini saya coba ambil kasus, anda ditugaskan oleh Timses Caleg DPR Provinsi Kaltim Dapil 4 dari Partai Golkar, untuk menghitung data suara 12 partai dan suara caleg internal Golkar (tentunya di dapil kaltim 4 saja).

 

PERSIAPAN
Kaltim 4 terdiri 2 kabupaten yaitu kukar 1577 TPS  dan kubar  466 TPS, total jumlah 2.023 TPS, dengan jumlah kecamatan 39. Maka yang perlu dipersiapkan untuk realcount ini adalah :

  1. software sms real count, silahan order di 081273880001 hehehe
  2. modem 8 port, silahkan order di kiswara.com, kentongan.com, toekangmodem.com atau selular88.com
  3. map sebanyak 39 lembar, (sesuai dengan jumlah kecamatan).
  4. kertas sebanyak 2023 lembar (atau sebanyak jumlah tps) atau beli 5 rim kertas
  5. printer 1 unit merek canon, jangan pake epson karena lambat.
  6. komputer untuk instal software, dengan spesifikasi prosesor minimal core 2 duo, kalo bisa core i3 keatas, RAM minimal 4 Gb, dan sistem operasi windows 7 atau windows 8

PEMBAGIAN MODEM
Anda juga harus membagi dari19 kecamatan itu, kecamatan mana saja yang pakai modem1, modem2 dan dst. saya sarankan pakai 4 modem untuk kukar dan 1 modem utk kubar, untuk balas sms pakai 3 modem, dan 1 modem standby.  semua pakai kartu As dan jangan lupa di registrasi semua setelah registrasi daftar paket 1000 sms, cara daftar ketik *100# lalu pilih pindah paket dan pilih 1000 sms. OK

CETAK PANDUAN SMS
Panduan sms ini harus di cetak pakai printer dan gak bisa di foto kopi karena ada kode tps yang berbeda2 di setiap lembar. contoh panduan klik SINI, sebelum panduan di print, cek dulu panduannya pastikan tidak ada yang salah, yang perlu di cek adalah:

  1. angka sampel suara partai, kalo bisa partai yg anda pegang sekarag angkanya dibuat paling besar, ini gak pengaruh apa2 sama hasilnya nanti, namun saat simulasi akan lebih seru bila grafik partai sendiri paling tinggi
  2. cek nama2 caleg, buat nama caleg sesingkat mungkin agar mudah dibaca, juga pastikan caleg yang diusung contoh suara paling tinggi.
  3. nomor hp tujuan, pastikan nomor hp tujuan sudah benar, nomor hp tujuan bisa diganti2 di menu DATA => SETTING => edit baris hp_center, ganti nilai menjadi nomor hp tujuan. jadi disini panduan di print per kecamatan, bila dalam 1 kecamatan itu ada 50 tps maka sekali print 50 lembar,misalnya disini ada 8 kecamatan
    • nomor 0852 1111 2222 untuk dipakai kecamatan A, B C dan D
    • nomor 0853 1111 3333 untuk dipakai kecamatan E, F, G dan H

    maka pada saat mau cetak kecamatan A,B,C dan D ganti nomor hp tujuan menjadi 0852 1111 2222 dan saat mau print panduan kecamatan E, F,G H maka ganti dulu nomor tujua menjadi 0852 1111 3333, agar di panduan nomor sudah sesuai dengan tujuan kecamatan.

  4. sebelum cetak banyak, coba tes dulu cetak 5 lembar dan suruh 5 orang di sekitar anda untuk kirim sms sesuai dengan panduan, nanti mungkin ada masukan bahasa yang harus diubah.
  5. Panduan di cetak dan di masukkan map untuk setiap 1 kecamatan, agar nanti mudah distribusinya.

DISTRIBUASI PANDUAN SMS
Saya kira untuk panduan sms ini anda bisa atur sendiri disesuaikan dengan kondisi dilapangan, namun yang harus diperhatikan:

  • bila yang bertugas kirim sms adalah saksi partai atau saksi resmi, maka panduan sms bisa di sisipkan di mandat saksi
  • bila yang bertugas saksi caleg atau saksi tidak resmi maka panduan bisa dibagikan langsung misalnya bersamaan dengan honor relawan.
  • print lembar bukti tanda terima panduan, dan dibuat per kecamatan, per desa atau bila perlu per tps, jadi bila panduan diambil maka isi nama, nomor hp, dari lembar ini bisa dikatahui kecamatan mana yg belum ambil, atau kelurahan atau tps mana.
  • bila panduan sudah dibagikan pastikan server sms realcount sudah onlien 24 jam, karena dalam panduan ada perintah untuk tes kirim sms bila panduan telah di terima

PELATIHAN KIRIM SMS
Pelatihan kirim sms bisa dengan cara :

  1. buat acara khusus untuk pelatihan cara kirim sms, ini butuh waktu 2 jam saja
  2. nebeng, jadi sudah ada pelatihan manajemen saksi, mulai dari advokasi dan cara komplain, dll, nanti minta waktu 1 jam utk pelatihan cara kirim sms
  3. pelatihan via sms, jadi dsini tidak perlu pelatihan fisik ketemuan, cukup data nomor hp semua relawan, dan kirim sms kesemuanya utk coba tes kirim sms sesuai dengan panduan yg di terimanya. nanti bisa ketauan mana desa dan tps yg belum kirim sms.

SIMULASI KIRIM SMSBaik ada pelatihan atau tidak ada, semua relawan yang ditugaskan kirim sms, diwajibkan mengirim sms testing, data suara sembarang saja, yang penting kita bisa memastikan bahwa mereka sudah kirim data suara, jadi nanti pas hari H tanggal 9 april mereka sudah lancar kirim sms, tidak ada lagi yang salah kirim sms.

selama simulasi bairkan laptop nyala 24 jam, nanti pas tanggal 9 pagi hari data hasil tesing kita hapus jadi data kembali nol dan siap menerima data yang sebenarnya.

TUGAS OPERATOR
tugas operator software , yaitu:

  1. pastikan kartu gsm aktif dan ada pulsa
  2. pastikan modem nyala kedap kedip dan tidak ada masalah
  3. pastikan bisa terima sms, itu harus di tes terus setiap 2 atau beberapa hari
  4. pasang wifi router agar ada hotspot untuk akses software dari laptop lain

MONITORING SMS DAN INPUT DATA MANUAL
Sebenarnya disini tidak perlu input data manual, karena yang namanya relawan dari sekian banyak orang, pasti ada saja yang tidak ngerti cara kirim sms atau ada haya bisa telpon, karena itu diperlukan beberapa relawan operator untuk menerima telepon dan membaca sms masuk, bila ada telpon maka bisa di input langsung dan bila ada sms yang tidak sesuai format maka bisa di input manual.

Agar laptop yang ada softaware realcount bisa diakses juga oleh pc atau laptop lain maka perlu disediakan wifi router, manfaat akses bersama ini adalah:

  • untuk menampilkan grafik ke layar besar pakai infokus, jadi untuk ini siapkan 1 pc atau laptop khusus untuk proyektor.
  • untuk monitoring sms dan balas sms, mungkin ada sms yg perlu dibalas misalya nanti ada yang menanyakan masalah uang saksi, makan siang dan pulsa. sebelumnya harus disepakati dulu apa balasan sms utk relawan yg nanyain makan, pulsa dan honor.
  • untuk input data, jadi disini bisa input data dari beberapa laptop dan data akan masuk ke laptop utama yang jadi server.
pelatihan hitung cepat

pelatihan hitung cepat

demikian semoga bermanfaat, artikel ini juga jadi referensi untuk perhitungan pemilu 2014 manual pakai excel. silahkan share dengan menyebutkan sumber dari www.aswandi.com

 

2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme