Posted on

Fingerprint reader atau mesin sidik jari ada banyak macam dan juga cara menghubugkan dengan komputer dan aplikasi juga ada beragam cara, berikut ini berbagai cara pengambilan data dari fingeprint ke komputer

  1. Koneksi kabel USB
  2. upload dan download data lewat usb flashdisk
  3. lewat jaringan LAN/wifi

1. koneksi kabel USB

cara ini adalah dengan menghubungkan mesin sidikjari ke komputer langsung melalui kabel USB

Kelebihan

  • harga mesin ini lebih murah dibandung mesin sidikjari tipe lain
  • ringan, kecil dan mudah dibawa

kekurangan

  • tidak bisa digunakan tanpa komputer
  • data tidak disimpan dalam mesin sidikjari tapi ke hardisk komputer
  • pemasangan tidak bisa jauh dari komputer

2. USB FLASHDISK

Cara lain untuk mengambil data rekam kehadiran dari mesin fingeprint adalah dengan cara kopi data pakai flashdisk, flasdisk di colok ke mesin sidikjari utk diambil data lalu dipindahkan ke komputer untuk di import ke aplikasi.

kelebihan

  • tidak repot utk membuat kabel LAN untuk menyambungkan mesin sidikjari dengan komputer
  • harga lebih murah dibandungkan mesin yg adafitur kabel LAN

kekurangan

  • data kehadiran jadi tidak real time, data hanya bisa diketahui setelah import dan export data dari flashdisk
  • lumayan repot setiap pengambilan data, bilan dibandingkan dengan koneksi LAN tinggal tarik

3. Jaringan LAN / wifi

model ini yang banyak digunakan sekarang karena mempunya beberapa kelebihan, utk metodanya juga ada beberapa cara :

a. tarik data

cara ini adalah dengan cara menarik data dari komputer ke mesin sidikjari, penarikan menggunakan aplikasi khusus yang biasanya sudah ada di CD software bawaan perangkat.

Untuk programmer juga bisa membuat aplikasi penarikan data agar aplikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan, utk penarikan data sudah disediakan SDK (software development kit) yang tediri dari 2 jenis:

  • SDK utk aplikasi dekstop, SDK ini bisa digunakan utk bahasa pemrograman dekstop seperti visual basic, C++, C#, dan delphi
  • SDK web server, biasanya menggunakan format SOAP, dengan fitur ini data bisa diambil melalui jalur port 80, data dalam bentuk XML bisa diparser dengan menggunakan bahasa pemrograman php, asp, dll semua bahasa web based.
  • unofficial SDK, ada juga SDK yang bukan dari pabrik, contohnya https://github.com/kamshory/ZKLibrary ini pakai bahasa PHP dan bisa dipakai utk fingerprint tertentu walau tidak ada fitur web server.

keunggulan tarik data ini adalah data dapat didapat saat itu juga (realtime) yang sangat berguna untuk mereka yang ingin mengetahui data kehadiran hari itu juga. namun kelemahannya adalah harus ada aplikasi yang terus menerus menarik data dari komputer ke mesin sidikjari.

b. dorong data

cara ini mesin fingerprint akan otomatis mengirimkan data (PUSH) dari mesin sidikjari ke server saat itu juga sesaat setelah tekan sidikjari, jadi dipastikan mesin sidikjari wajib terhubung ke internet.

sebenarnya selain pengiriman data lewat internet ada juga cara lain yaitu lewat SMS, jadi di mesin sidikjari terdapat simcard yg akan mengirimkan sms. tapi karena model SMS ini sangat jarang dipakai maka kita tidak bahas lebih lanjut

sistem dorong data ini jauh lebih praktis karena tidak memerlukan PC komputer di lokasi mesin sidikjari seperti pada model tarik data dan juga tidak perlu instalasi aplikasi apapun di lokasi, aplikasi berada di server, jadi kantor/sekolah bisa pakai pc komputer yg sudah ada bila ingin akses aplikasi kehadiran.

istilah untuk dorong data ini bisa berbeda2 tiap produsen mesin sidikjari, salah satu vendor merek ZKTEKO dan SOLUTION yang mempunyai fitur dorong data atau disebut ADMS ( Automatic Data Master Server ), fitur ADMS ini sudah kompatibel penuh dengan aplikasi SchoolMantic yaitu aplikasi absensi sekolah yang terintegrasi dengan notifikasi SMS, whatsapp dan aplikasi android.

sistem ini mempunyai beberapa keunggulan, karena data langsung masuk ke aplikasi database jadi sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan notifikasi seperti schoolmantic yang langsung mengirimkan sms, atau pada aplikasi Timantic yang otomatis mengirimkan whatsapp ke pegawai yang tidak hadir pada jam yang telah ditentukan.

PILIHAN TERBAIK

Pilihan terbaik sistem absensi fingeprint saat ini adalah metode dorong data atau ADMS, karena pihak kantor dan sekolah tinggal pasang mesin sidikjari ke dinding dan menghubungkan kabel LAN dari mesin fingerprint ke swich internet, sudah, tidak perlu seting apa2 lagi. Bahkan untuk mesin tipe tertentu koneksi bisa menggunakan wifi jadi tidak perlu pasang kabel LAN lagi.

2 Replies to “KONEKSI FINGERPRINT KE APLIKASI”

  1. Apakah software admsnya versi windows yang digunakan?? Karena saya ada versi windows yang saya dapatkan secara gratis. Apakah ada sourcenya berupa PHP dan databasenya MYSQL??

  2. ada pertanyaan spt ini
    -Setiap sekolah sd terpasang mesin absensi ( komunikasi , Lan, support ADMS).
    -Setiap sekolah sudah tersedia akses internet.

    Supaya data absensi terhubung online ke kantor Di Kecamatan/Korwil Sd.
    Kantor korwil dapat melihat absensi secara realtime atau paling tidak dari pihak sekolah sd tidak perlu
     mengumpulkan data absensi tiap bulan ke korwil yg di download ke usb dr masing2 mesin absen.
    Sehingga cukup di tarik dari kantor korwil.

    Adakah software yg bisa di instal di sisi korwil untuk mengolah data absensi tersebut.
    Merk absensi semua sd adalah sama model dan type nya : Solution

    jawaban:
    bila semua fingeperprint menggunakan fitur ADMS maka setting di mesin fingerprint harus memilih kemana tujuan data akan dkirim, harus pilih salah satu di local sekolah atau di server kantor korwil, kalo di setting ke kantor korwil maka pihak sekolah tidak bisa mendapatkan data absensi karena data langsung di kirim ke server korwil
    dikantor korwil harus ada server yang tehubung dengan internet ip publik, bila tidak ada bisa pakai server di vendor server swasta ada banyak di indonesia

    prinsipnya bisa, semua data masuk ke kantor korwil dan korwil dapat memantau real time data kehadiran total semua sekolah atau per sekolah atau per nama guru. laporan bisa dicetak per periodik atau per bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *