Posted on

ischool.JPG

Hari Kamis tgl 12 juni kemaren saya ke jambi, berangkat jam 5.30 pagi sampe jam 10.30 jadi kira2 perjalanan 5 jam, cuman ada 1 pekerjaan yaitu instalasi software SMS Absensi di SMP/SMA/SMK Pelita Raya di kota Jambi. trus training teknisi sono, jadi mereka bisa instalasi di sekolah lainnya di jambi.

sistem kerjanya :

  • setiap pagi siswa absensi dengan menggunakan barcode, begitu absensi software otomatis mengirim sms ke orang tua siswa ybs yg memberitahukan bahwa siswa anaknya telah absensi pd jam sekian.
  • bila pada sampai pada jam yg ditentukan misalnya jam 8, maka software akan mengirim sms ke orang tua siswa yang tidak absensi dan memberitahukan bahwa sampai jam 8 siswa atas nama abc tidak masuk sekolah.
  • setiap selesai ujian, guru memberikan daftar nilai siswa ke operator dan operator mengetik di file excell atau langung di software, kalo ngetik di excell maka file tsb tinggal di import aja di software agar bisa masuk database, gunanya, orang tua siswa bisa mengetahui nilai ujian anaknya via sms, cukup dengan mengetik NILAI KODEMATAPELAJARAN, contoh NILAI MTK, maka software akan menerima SMS tsb dan mencari nilai siswa yg nomor HP orang tuanya sama seperti nomor HP pengirimm kalo ketemu software otomatis akan membalas SMS dan memberitahukan nilai ujian Matematika anaknya.
  • ada juga fitur untuk memasukkan data PR
  • rekap absensi bisa di print untuk laporan kehadiran siswa.

softwarenya saya buat pake PHP dan databasenya pake mySQL, sistem operasinya pake windows XP. hp untuk modem gsm pake nokia 6070, kabel datanya DKU 2, tp saya pake kabel data yg bisa charger yaitu Mobila Action MA 8620E.

dsc02331.jpg

ini gbr saat presentasi ke klien.

img_1186.jpg

ini gbr saat instalasi di lokasi

———–

gbr2 laen

22 Replies to “Instalasi SMS Absensi Sekolah di Jambi”

  1. Saya dulu pernah nanya sana dan situ, baru kali ini ketemu ama orangnya.
    Wih hebat, saya juga pingin bisa gimana ya

  2. kemaren aku pake zybexharga satuannya rp 700rb

    reply by beni
    waduh mahal juga bang, saya barusan browse, ada sih yang harga 500rebu an tapi apa support. BTW thanks info nya bang

  3. keren juga idenya boleh dong bagi-bagin tutorialnya sertain juga softwarenya buat di bikin di sekolah q. kirim ya lewat e-mail please….thanks…..

  4. mas nanya nech,,klo hardwarenya pa aja n persiepan apa aja sich yg perlu disiepin tuk buat yg kyk mas buat,,ser dikit ya,,,ato YMnya ya,,,boleh dong,,n bgi2 ilmunya ya di imel sy,,trutama tentang sms gateway,,sy org bru yg mo blajar buat sms gateway,,,makasi sblumnya dh mo baca tulisan sy,,,mudahan ditanggepi,,,

  5. mas saya mau buat aplikasi yang autoreply, sy pke 6070 trs saran buat saya apa..pke gammu bisa g bwt mms,atw yang lain

    mhon pencerahannya

  6. bang saya juga pgen tanya lbh jauh soal sms gateway, saya pke nokia 6070 kabel data CA 42,xp sp 2, yang mau saya tanyakan knp waktu identify di comand prompt hp saya g dikenali, eror salahnya dimana bang y..padahal konek di pc suite bisa..mhon pencerahannya..

    klo blh mnta ym nya bang y….

  7. ow iya satu lg, file gammurc dan smsdrc jg udh saya edit sesuai hp saya…pke fbus sm pke com 8…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *