Posted on

Saya lagi belajar buat SMS Center yaitu aplikasi yang bisa mengelola SMS seperti polling, sms autoresponder. Contoh penggunaan misalnya bila diterapkan di perguruan tinggi, dengan SMS Center mahasiswa dapat mengetahui jadwal kuliah, data nilai dan prestasi melalui SMS.

Setelah surfing berminggu2 saya liat bahwa software core untuk SMS Center yg paling banyak dipakai adalah KANNEL dan GNOKII, dan aplikasi end user untuk SMS Center adalah PlaySMS, ketiganya open source namun sayangnya ketiganya hanya bisa dijalankan di Linux.

Saya menemukan core SMS Center yg bisa jalan di Windows, yaitu GAMMU. ternyata ini yang saya cari2, namun sayangnya aplikasi PlaySMS tidak bisa berjalan di atas GAMMU for Windows. Tapi gak apa2, saya akan coba buat sendiri aplikasinya.

GAMMU bisa dikoneksikan dengan berbagai macam handphone gsm spt Nokia, Siemens, dll. tapi untuk riset kali ini saya pake Modem GSM Itegno 3000 (USB), belinya di Harco Mangga Dua Rp 1.975.000,- (kira2 2jt lah + ongkos).

Awalnya saya mengalami kesulitan untuk koneksi GAMMU dengan Itegno3000, karena di manualnya gak mungkin bisa pake USB. Tapi kan teorinya USB di Windows kadang menggunakan port COM.

Software yg musti disiapkan adalah :

  • Windows 98, Me or XP (saya pake windows XP)
  • Apache, PHP dan mySQL, bisa diinstall satu2 atau pake aplikasi gabungan ketiganya misalnya PHPtriad, APache2triad, atau AppServ. (saya pake Appserv)
  • Gammu untuk win32, donlot di www.gammu.org

Untuk hardware, selain PC tentunya siapkan Modem GSM Itegno3000, atau bisa pake HP lain yang ada kabel datanya ke komputer. (dalam hal ini saya pake Itegno3000 yang disambungkan dengan usb).

Langkah2nya adalah :

  1. colokin modem gsm itegno kesalah satu port USB, jangan lupa pasang SIM Card dan ditutup dg rapat. install drivernya dari CD, kalo gak ada CD-nya donlot drivernya di www.itegno.com
  2. Cek modem ini masuk ke Port COM berapa, caranya klik kanan my Computer, klik Hardware, klik Device Wizard. klik 2 kali iTegno GPRS Wireless Modem, dari situ ntar keliatan di port com berapa, (kasus saya masuk di port: COM10)
  3. ekstrak file gammu_win32.zip ke salah satu folder, misalnya di C:gammu_win32
  4. dalam folder gammu_win32 ada file gammurc, itu adalah file konfigurasi gammu utk konek dengan modem, ubah baris port dan connection aja menjadi spt ini: port = com10:
    #model = 6110
    connection = at115200
    #synchronizetime = yes
    #logfile = gammulog
    #logformat = textall
    #use_locking = yes
    #gammuloc = locfile
    #startinfo = yes
    #gammucoding = utf8
    #rsslevel = teststable
    #usephonedb = yes
  5. skr coba masuk ke DOS Prompt, masuk ke folder gammu_win32 folder dimana terdapat file gammu.exe
    coba ketik: gammu –identify
    bila gammu telah dapat mengenali modem itegno, maka akan muncul seri Firmware dan IMEI modem itegno.


langkah berikutnya adalah membuat database untuk tempat peyimpanan database sms masuk dan keluar :

  1. buka browser anda dan bukalah URL http://localhost/phpmyadmin
    bila tidak bisa kebuka berarti apache dan mysql anda belum jalan, untuk pemula saya sarankan pake Appserv di windows XP, karena aplikasi ini otomatis menjalankan apache dan mysql saat booting windows.
  2. buat database dengan nama smsd
  3. import file SQL di C:/gammu_win32 dg nama file mysql.sql
  4. edit file smsdrc di C:/gammu_win32
    yang perlu diubah hanya baris ini aja# ——– SETTINGS FOR –smsd MYSQL ——–
    user = root
    password =
    pc = localhost
    database = smsd
  5. sekarang jalankan SMS Daemon (server SMS) dengan cara masuk ke dos prompt
    C:\gammu_win32>gammu –smsd MYSQL smsdrc
    (tanda minus-nya 2 kali)
  6. bila sukses maka SMS server telah berjalan.

semua SMS dapat dilihat di tabel inbox di phpmyadmin anda. anda tinggal membuat kode php untuk menampilkannya. sedangkan untuk mengirim sms cukup insert data di tabel outbox, secara otomatis gammu akan mengirim pesan yg ada di tabel outbox, bila sms telah terkirim maka data pada tabel outbox akan dihapus dan dipindahkan ke tabel sentitems.

(Palembang, 7 Oktober 2006 @ Warnet Polycom)

186 Replies to “SMS gateway di Windows”

  1. aku pernah pake gammu+c55. hape selalu mampus ketika gammu melakukan perintah seperti pengiriman, dll. u ngakalinnya hape musti dipencet2 ketika perintah gammu berjalan. atawa bisa juga ganti batre yang voltagenya 5

  2. salam kenal
    senang sekali bisa berkenalan dengan orang malaysia.

    saya juga pernah mengalami masalah sama, tapi setelah saya coba lagi bisa.
    semoga sukses
    —– Original Message —–
    From: Kamal Dahlan
    To: aswandi@nixerco.com
    Sent: Wednesday, November 01, 2006 1:22 AM
    Subject: berkenaan sms gateway

    saya kamal, sy ada kemusykilan dlm penggunaan sms gateway. saya telah berjaya install software gammu dan berjalan lancar dgn menggunakan database mysql…tetapi masalah timbul bila saya menghantar mesej melalui pc ke handphone dan mesej yang saya terima di hand phone tidak difahami. ia memaparkan simbol yang tidak saya sendiri paham di display hand phone.

    itu saje trima kasih.

    kamal
    kuala lumpur, malaysia

  3. Saya ada mslsh sewaktu menjalankan SMS daemon. perintah gammu รขโ‚ฌโ€œ-smsd MYSQL smsdrc hanya menghasilkan “bad option!”. Kira-kira mslshnya dimana ya….

  4. to Adi Candra
    coba cek dulu apakah sudah gammu-nya sudah konek dengan modem gsm/hp annda. kalo sudah sukses dg identify coba lihat kembali file smsdrc apakah sudah benar koneksi database-nya

  5. Agak Aneh sih….sesudah mengirim Comment skrg malah sukses…bener2 aneh .
    Oh ya …ada yang punya Aplikasi yg berjalan di atas Gammu ga yah…semacam Script Php gitu, atau yg lain juga boleh deh ๐Ÿ˜‰

  6. Salam kenal,

    Dari artikel yang saya baca di website/blog ini,ada yang ingin saya tanya : Apakah nomor sim card yang kita gunakan untuk mengirim sms dapat kita rubah menjadi text? cth: 081xxxx di ganti dengan Abi. Karena software bawaan itegno 3000 tidak bisa melakukan hal tersebut,hanya sebatas mengirim sms saja.
    Terima kasih atas penjelasannya.

  7. saya jalanin di linux gammu รขโ‚ฌโ€œsmsd MYSQL /etc/smsdrc gak jalan,
    keluar pesan :

    Unknown service type (“MYSQL”)

    mohon bantuannya

  8. Terima kasih atas ulasannya gammu di windows.
    Saya sudah mencoba mengambil stable version terakhir dan melakukan setting untuk Siemens GSM modem MC35i, yang menurut database device supportnya musti connection di set ke at19200.

    Saya sudah set mysql db dan smsdrc agar connect ke mysql.

    Saya jalankan gammu –identify , ok , recognized.
    Saya jalankan gammu –smsd MYSQL smsdrc , ok …
    Nah masalahnya adalah setelah beberapa detik kemudian muncul windows error , yg memaksa untuk don’t send error.

    Saya lihat di Mysql , select * from phones; ada isinya , artinya sudah berhasil jalan insert ke db.

    Tapi kenapa ya muncul error windows seperti itu ?
    Saya jalankan di Mysql versi 5 dan windows home version.

    Oh, ya , masukan bagi yg menanyakan Unknown service type (“MYSQL”) , itu karena gammu yang dipakai tidak dikompile dengan MYSQL.H lib , caranya musti dicompile lagi dengan mendefine di confignya , langkah jelasnya kalo nggak salah ada di readme cara compilasi, saya lupa ada di FAQ atau didownload sourcenyanya.

    Mohon kiranya kalau bisa kita pinjam bin yang sudah jalan dan mature dengan kombinasi spesifikasi yang sudah ditest.

    Mohon ma’af dan terima kasih banyak

  9. Saya update postingan saya.
    Setelah saya coba lihat kembali , ternyata , dalam gsm modem saya terdapat message (sms) report “STO Unsent” yang bila dilakukan AT+CMGL=”All” akan terlihat banyak sekali.

    Rupanya saat inisialisasi pertama, hal tersebut akan menyebabkan error. Oleh karena itu , saya lakukan delete report tersebut dengan AT+CMGD=1 sampai index habis.

    Setelah besih , gammu saya jalan dengan normal.

    Oh ya , bagi rekan yang menanyakan compile dengan mysql mungkin lihat di http://www.gammu.org/wiki/index.php?title=Gammu:Compiling/installing_in_Windows , disitu ada syarat yang pertama tambahkan #define HAVE_MYSQL_MYSQL_H 1 , kemudian compile. Pakai source yang terakhir saja, jangan lupa anda akan butuh libmysq.lib dan mysql.dll yang bisa anda dapatkan dari installasi mysql yang complete (include option developer).

    Semoga sukses

  10. Mohon sharingnya , bagaimana agar gammu.exe jalan sebagai services , saya sudah coba dengan sc.exe “MYSERVICE” binpath=”c:\gammu.exe –smsdr MYSQL smsdrc” , tetap ga mau start .

    Mohon pencerahannya.

  11. mohon pencerahan, jika sms masuk ada tanda petik (‘) maka tida bisa tersimpan di mysql. bagaimana mengatasinya? Jika kita ingin sms yng lebih dr 160 karakter bagaimana caranya agar bisa masuk dalam satu row di mysql?

    terima kasih

  12. oh ya untuk last posting saya , untuk jadikan services gunakan XYNTService.exe , cari di google aja.

    Trus untuk yg petik (‘) kalo ga salah logikanya harusnya di sourcenya saat nyimpen kita tambahkan ” (dua kali) deh .. ato kita replace ‘ menjadi ”’ (tiga) baru diinsert .. tapi seklai lagi musti dilevel source dirubah baru compile.. diatas 160 belom coba tapi harusnya bisa ya… mungkin ada yg mo tambahin

  13. wah, hebat… berarti dah nyoba sms gateway pake gnoki dan kannel dong. bisa sharing ga,gmana crnya membangun sms gateway mnggunkn kannel dan playSMS. makasih…

  14. bah..
    keren bet mas Aswandi..
    thanks dah..
    di punyaku gammu nya lancar2 aja g da yg error..
    pake siemens C55 yg kecemlung got…
    kekekek

  15. makasih mas aswandi, mohon bantuannya nanti2, coz topik sms gateway adalah topik untuk skripsi saya, mohon bantuannya….. thanx a lot

  16. Pak, Kalo pake Linux gimana ?? Saya saat ini sedang coba.
    kan Enak Pake Linux, gratis.
    pake gammu juga gratis.
    Jadi ga keluar duit, keluar cuman beli peralatan doang.

  17. mas aswandi artikelnya cool. btw aku pingin nyoba pake gammu dengan multi gsm/phone. utk gammurc di situ ada settingan gammu,gammu1, gammu2 dst. tp waktu insert ke db kita bisa tau ga itu sms dari gsm yg mn? dan juga waktu kita mau ngirim sms bisa ga kita tentukan dari gsm tertentu. Kalo pake kannel kan ada smsc-id, klo di gammu kita setnya di mana ya mas?.. btw thanks .

  18. saya mahasiswa polines,
    lagi tertarik buat sms gateway.
    saya coba pakai gammu dan ternyata emang keren.
    pengen nanya, klo mbuat sms auto replay gimana ya?
    makasihรขโ‚ฌยฆ.
    karena saya lagi belajar PHP, bisa gak pake PHP?
    kalau bisa tolong beri contoh scriptnya…

  19. terima kasih atas tutorialnya
    Saya jalankan gammu รขโ‚ฌโ€œidentify , ok , recognized.
    Saya jalankan gammu รขโ‚ฌโ€œsmsd MYSQL smsdrc , ok
    kirim sms lewat folder outbox kok gak bisa?
    tolong dong gmn cara kirim smsnya

  20. utk buat autoreply, buat halaman yg autorefresh. jadi setiap saat bisa memproses data inbox yg baru masuk.

    utk tujuan komesial bisa hubungi saya via japri.:)

  21. Waduh saya bingung, ini gammu yang mana ya yang mesti aku download, temen2 kirimi donk ke email saya aja, terimakasih.

  22. terima kasih gammu udah jalan ok
    kalau untuk perintah *888# gammu dan php ada yg punya contoh scrip phpnya gak bagi donk…..

  23. Mas saya mw nanya…
    kalo mw tes sms gateway tanpa harus connect kin GSM modem bisa ga ya.
    GSM modemnya secara virtual gt.

  24. Saat ini saya sedang membuat produk software SMS berbasis web :
    1. SMS Center (utk kirim dan terima SMS dari PC)
    2. SMS Polling (utk polling via SMS).
    3. SMS Quick Count (utk laporan data suara saksi pada Pilkada).
    4. SMS Alumni (untuk sistem informasi data alumni via SMS).

    Bagi yang berminat software tersebut silahkan hubungi saya by email aswandiweb@gmail.com atau phone 0711-7316055.

    Saya jg dapat mengintegrasikan sistem informasi di perusahaan anda agar terkoneksi ke SMS Gateway utk keperluan akses data via SMS. misalnya pada aplikasi Sistem Informasi Akademik untuk layanan SMS nilai , aplikasi Sistem Informasi Hotel untuk SMS reservasi hotel, dll.

  25. Mas Aswandi..
    Gammu saya sudah jalan (kalo insert msg di outbox langsung dikirim ke sent item)
    Kalo dalam mengirim pesan ga ada masalah.
    saya pake HP SE600i
    tapi kenapa sms di inbox HP sama di sent item HP ga kebaca di phpmyadmin?
    apa memang HP saya ga support gammu.

  26. to mas Danny
    kalo HP sudah terkoneksi ke gammu dan database mysql, maka semua inbox di HP akan disedot ke inbox mysql.

    phpmyadmin hanya bisa membaca data inbox di mysql, sedangkan di HP gak bisa dibaca oleh PHPmyAdmin

    —-
    kalo mau buat modem GSM virtual, buat aja form sent SMS yg langsung disimpen ke inbox, seolah2 ada SMS yg masuk.
    gitu

  27. nanya lagi mas, boleh ya..
    ๐Ÿ™‚
    penasaran nih. aku lagi ada tugas mbuat sms auto reply nih.
    kalo mau buat auto reply berarti inbox dari HP ku kan harus kebaca oleh gammu.
    Tapi…

    C:\Gammu\bin>gammu –identify
    Manufacturer : Sony Ericsson
    Model : M600i (FAD-3022012-BV)
    Firmware : R9F011
    IMEI : 359315005374748
    Product code : FAD-3022012-BV
    SIM IMSI : 510890900284665

    C:\Gammu\bin>gammu –getallsms

    0 SMS parts in 0 SMS sequences

    C:\Gammu\bin>

    kalo inbox yang terbaca oleh gammu langsung disimpen di database ‘smsd’ tabel inbox ya mas?

  28. saya memakai Gammu 1.12.90 dengan SE M600i, koq pada saat identify keluar Unknown Error ya ?

    apa yang harus saya lakukan

  29. For Danny,
    gammu bisa dijalankan dengan mode database MYSQL atau mode data teks di file, kalo dijalankan di mode MYSQL maka seluruh inbox disimpan di folder inbox, kalo mode teks maka seluruh isi inbox di HP akan disedot ke file .TXT

    For IWan,
    kalo saat –identify masih belum kedetek maka masih ada kesalahan di seting smsdrc nya, kotak2 aja terus ๐Ÿ™‚

  30. menyambung untuk Danny nih,
    setelah saya jalankan gammu –smsd MYSQL smsdrc, koq seluruh isi inbox HP tidak terismpan di folder inbox ya ? padahal padahal setelah saya jalankan gammu –smsd MYSQL smsdrc sudah ok dan keluar info (Press CTRL-C to stop program

    Thanks

  31. To Mas Iwan
    Memang seluruh isi sms tidak masuk inbox (sms yang ada di HP sebelum connect dengan gammu)
    SMS yang masuk inbox itu SMS yang masuk setelah kita connect HP nya dengan gammu.

    saya sudah coba dengan Nokia 3310. setelah connect dengan gammu saya kirim sms ke 3310, sms nya langsung masuk ke inbox.

    waktu saya pake M600i itu cuma bisa ngirim SMS doank, kalo memproses SMS yg masuk tidak bisa, karena incoming SMS tidak masuk gammu.


    To Mas Aswandi
    Terima Kasih atas tutorialnya, sekarang saya sudah bisa membuat SMS Auto Respond. Menggunakan HP Nokia 3310

  32. To Mas Denny
    Waduh tambah ruet. berarti m6O0i tidak bisa memproses sms masuk? padahal saya butuh m600i sebagai modem gsm. ada cara lain?

  33. Saya sudah ikutin semua petunjuk di atas, tapi di file log mucul seperti ini :

    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Starting GAMMU smsd
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Warning: No PIN code in smsdrc file
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : commtimeout=1, sendtimeout=10, receivefrequency=0, resetfrequency=0
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : deliveryreport = no
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : phoneid =
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Starting communication
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Error at init connection (19)
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Terminating communication (19,250)
    Tue 2007/07/17 02:07:03 : Starting communication

    apa ya penyebabnya ?
    pin diaktifkan dan tidak hasilnya sama saja.

    Tq.

  34. mas maksudnya n caranya import database itu gimana
    aku pake windows,sampe identify hp uda bisa ma sendsms bisa
    tapi tuk integrasi ke mysql n php masi bingunb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *