Posted on

HTML clipboardSMS Gateway Engine adalah software inti SMS Gateway, sedangkan SMS Gateway itu sendiri adalah aplikasi server yang bertugas mengirim dan menerima SMS. Contoh SMS Gateway yang saya tahu yang free adalah GAMMU, Kannel, Gnokii, dan SMS Tools. sedangkan yang berbayar adalah Ozeki dan NowSMS.

Kebutuhan saya saat ini adalah SMS Gateway yang mudah dioperasikan, sehigga apabila saya jual software saya yg menggunakan SMS Gateway, maka user tidak terlalu sulit konfigurasi awalnya.

Pengalaman saya menggunakan GAMMU, instalasi awal cukup rumit bagi pemula, kemudian jg kalo ada masalah maka settingnya harus cara manual misalnya via command line dan ada file yg harus diedit data-nya.

GAMMU sebagai SMS Gateway Engine sukses saya terapkan pada SMS Quick Count Pilkada Lubuk Linggau, Pilkada Palembang, Pilkada Banyuasin, dan Pilkada Empat Lawang.

Kalo Ozeki, ini terlalu canggih, user akan makin bingung dengan terlalu banyak menu.

Kalo Kannel dan Gnokii hanya bisa jalan di Linux jadi gak bisa saya pasarkan di klien2 Indonesia yang sebagian besar masih berkutat pada MS Windows.

SMS Tools jg ribet, bisa aja jalan di windows tp menggunakan cgwyn, semacam emulator linux di windows.

Pilihan saya saat ini adalah GAMMU (kalau saya sendiri yg mengoperasikan, misalnya untuk SMS Quick Count), dan NowSMS. NowSMS menurut saya simple dan mudah konfigurasinya oleh orang awam karena berbasis GUI. gak perlu pake command line spt GAMMU.

Namun sayangnya NowSMS, data sms tidak disimpan di database seperti GAMMU, tapi dengan sedikit skrip PHP, saya buat sendiri kode PHP sehingga SMS bisa masuk ke tabel inbox dan data yang ada di tabel outbox bisa dikirim oleh NowSMS melalui perantara PHP.

Saya coba NowSMS sukses dengan menggunakan modem GSM vodafone Global 3G+ dan Modem GSM Siemens TC35i.

Saat ini saya sedang koding ulang untuk produk software berbasis SMS yang selama ini saya menggunakan GAMMU yaitu :

  • SMS Quick Count
  • SMS Timses
  • SMS Kampanye
  • SMS Peta Suara
  • SMS Sekolah
  • SMS CRM
  • SMS Akademik

31 Replies to “SMS Gateway Engine”

  1. Alluw Mas Aswandi

    boleh tanya2 lebih jauh ga tentang sms gateway nya ni, perlu banget ni.
    Kalo bisa boleh ke emailnya langsung or ada YM nya ga ??

    thanks ya

  2. salam kenal bro,
    hehe lagi seneng banget nie sama sms gateway yang bisa di phpkan
    bro berarti smsnow itu cuma enginenya ya or drivernya ajah ya,trus di php scripnya kita bikin apa lho???
    kalo boleh codingnya dunk

  3. Salam kenal,

    Saya sedang mengembangkan Safety Mangement System , dan saya ingin bangun SMS Gatewya sebagai salah sato tools di SMS..bisa bantukah..dan berapa harganya agar bisa online se-indonesia.

    thanks
    ferri

  4. Lam kenal, saya mo coba membuat sms gateway untuk berita via sms kira2 bisa ngak yah sy memakai gammu

    thanks

  5. Salam Kenal…..
    Saya sedang mempersiapkan tugas akhir sistem informasi dengan sms gateway bs ngga menggunakan Gammu???

  6. Mas wandi…adik saya lg mengerjakan tugas akhir ne…tentang sistem informasi akademik sederhana…menggunakan VB..cuma ada masalah di koneksi HP nya.Hp yang di gunakan siemens c55…masalah nya….sistem tidak bisa membaca dan mengirim sms. Tolong di bantu ya mas wandi..butuh bangat…kalau mas wandi berbaik hati…YM saya aja di bos_vyto@yahoo.com. thx b4 mas wandi.sukses selalu.

  7. langsung be bang aswandi!!!
    aku sudah instal kabel DKU 5 untuk jenis nokia 3100, tapi belum konek untuk modemnyo. bang aswandi ado solusinyo. aku sudah puas surfing internet tapi belum ketemu drivernyo.
    terima kasih atas balasannyo!

  8. mas salam kenal dulu nie……
    mas bisa bantuin tutor yang lengkap sms gateway na gak butuh buat proyek akhir nie mas….
    ad emailna ga mass..
    makasieh

  9. bang aku dah promosikan sms gateway ke bigbos dan berkenan, saya malah jadi kw=ewalahan. bos pengin vpn dilengkapi dengan sms gateway. nah berpa anggarannya (alat, setup/install, dan lainnya) total jenderal via email. terus abang sekalian bantuin saya untuk building sms gateway step by step. ta tunggu ya

  10. Terima kasih.

    Saya memohon penjelasan lebih lanjut mengenai aplikasi-aplikasi yang bisa diciptakan atau dibuat menggunakan teknologi SMS Gateway. Lebih khusus ke aplikasi pendidikan. Mohon diberi petunjuk referensi yang pantas dan lengkap untuk sumber materi teknologi ini.

    Best Regards,
    Luo Jie

  11. Saya sedang mengoprek NowSMS untuk keperluan khusus. tapi sedang kesulitan mencari variable username di html nya (username waktu login NowSMS) karena ini terkait dengan script php yang saya buat dalam mengambil data address book dan group. dimana pada NowSMS setipa user memliki data address book sendiri2 dan di simpan pada folder sesuai username nya di /Dlist/username ( ex /Dlist/BoDreX ).

    rekan rekan yang paham soal program ini minta bantuan donk variable username waktu ngambil data address book itu bagaimana . yang nantinya akan di post ke PHP ..

  12. Pengalaman saya sih selama ini pakai Gammu + Fedora, dulu pernah setting di Windows tp kendalanya Windows mudah kena virus dan harus setting ulang deh, makanya saya pakai Linux.

    SMS Gateway saya sudah digunakan untuk pengumuman hasil Ujian Nasional di SMA Negeri 2 Makassar tahun 2007, 2008 dan rencana 2009 ini juga. Dimana siswa cukup mengirim keyword ke nomor SMS Gateway dan dalam beberapa detik akan menerima balasan lengkap dengan nilai setiap bidang studinya.

    SMS Gateway saya juga sekarang digunakan untuk sistem registrasi keanggotaan Impact Generation Service, anggotanya hanya mengirim sms berisi datanya dan akan langsung tersimpan di web site.

    Scriptnya saya buat pakai PHP. Jadi lebih mudah dikontrol jarak jauh. Dari manapun asalkan ada koneksi Internet, saya bisa mengakses server SMS Gateway saya 🙂

  13. mas rommy kalo boleh saya ingin belajar membuat sms gateway, bs minta bantuannya ga soal pembuatan triggernya,?
    kebetulan saya sudah bisa intal gammunya,
    kalo misalkan bs saya minta ym nya ya,
    ym saya mutti_pwj

    thanks

  14. lams kenal…
    om boleh tau ga cara seting hp SE W200i pake kannel
    makasih sebelum dan sesudahnya..

  15. mas tolong bantuannya dan bimbingannya…
    saya sekarang mau bikin tugas akhir,saya anak jurusan IT tentang jaringan..
    saya ingin bikin sms gateway untuk di sekolah…
    saya minta bimbingannya supaya tugas saya bisa selesai…
    ini email saya : tris@ilkom.unud.ac.id

    makasi banyak ya sebelumnya….
    saya tunggu balasannya…

  16. Salam kenal.
    Saya setuju bahwa NowSMS adalah engine yg paling simple. Memang NowSMS tdk menyediakan database sendiri, tapi dengan mudah kita akali dg php.

  17. bro, gimana sih script php buat nowsms biar bs masukin ke database buat sms masuk n keluarnya? tlg kirimin ke email sy ya.. (dektri.sukmana@gmail.com) mohon bantuannya, sy lg ngerjain skripsi sms gateway.. makasi.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *