Posted on

Bagi perusahaan atau lembaga yang telah mempunyai software sendiri dan ingin mengintgrasikan softwarenya dengan sms gateway, maka hati-hati dengan integrasi tersebut, karena bisa mempengaruhi sistem database.

Model integrasi saya gambarkan menjadi 3 :

  • Koneksi langsung ke database software inti perusahaan, model ini paling simple dan mudah bagi programmer, karena tinggal konek ke database untuk mengambil dan dan update data, tapi resiko tinggi terutama bila tim programmer berbeda dengan tim software inti, karena data bisa diberubah karena mungkin ada data khusus yang tidak diketahui oleh programmer sms gateway
  • Koneksi melalui API, misalnya XML, HTTP API
    model seperti ini cukup aman, karena tidak langsung berhubungan dengan database inti, namun harus dibuat kode baru untuk API dan tentunya harus turun tangan dari programmer lama
  • Tanpa koneksi langsung, misal dengan export data dari software inti kemudian di import di software SMS Gateway.
    Model ini adalah yang paling aman, walau bagi programmer sms gateway ribet, karena tidak semua output database sesuai standar, programmer akan lebih mudah mengelola data bila hasil output berupa file csv atau MS Excel, tapi kalo file teks maka perlu algoritma dan kode2 reguler expresion untuk mengolah data agar bisa masuk database.

8 Replies to “INTEGRASI SMS GATEWAY DENGAN APLIKASI PERUSAHAAN”

  1. menarik baget pak.,., tapi tanggung informasi yg bapak berikan.,.,.,.,.,.saya lagi menyusun laporan PKL tentang sma gateway.,.,
    tapi tidak menemukan refrensi yg klop.,.,.,
    tolong donk pak kirimi saya refrensi yg lengkap.,.,.,.,

  2. referensi yg lengkap tentu saya tidak punya.
    silahkan ajukan pertanyaan2 apa saja, atau coba lempar ke milis

  3. Hmm…menarik menurut saya, isi yang anda kemukakan..
    Tapi masalahnya tergantung dari seberapa besar complex perusahaan itu sendiri.
    Contoh : perusahaan yang sudah mempunyai standar security atau ISO 27001, tentunya tidak akan memperbolehkan anda connect dengan metode no 1, tapi tentunya tidak akan sesusah metode no 3. Sehingga opsi yang paling feasible adalah metode 2.

  4. iya benar sekali, saya sendiri lebih menyarankan menggunakan API utk komunikasi antar sistem, btw terimakasih telah berkunjung di blogku.

  5. saya mau list harga software yang ada
    juga fitur” yang didapat dari software tsb
    dan apakah bisa muncul dipenerima berupa nama perusahaan.
    thx

  6. mas untuk membuat senderid sendiri melalui smsgateway di server localhost kita, kira2 bagaimana?
    apa skrip gammu di ubah tau database sender id di isi.

  7. kalau kita hanya butuh nomor hp diubah ke nama kita atau nama organisasi maksudnya. Masalahnya smsgatewaynya kita uda buat sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *