Posted on

Uraian dibawah ini merupakan kesimpulan dari beberapa tulisan saya di www.aswandi.or.id dan di www.catt-aswandi.blogspot.com, khusus yang berkaitan dengan teknik publikasi untuk kampanye. bahasan kali ini dibatasi utk publikasi melalui teknologi informasi saja.

sebaiknya bagi anda yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg untuk pemilu, atau calon/wakil bupati/walikota/gubernur utk pilkada, maka minimal 2 tahun sebelum hari H sudah mulai mengenalkan diri kepada masyarakat, untuk publikasi lewat IT berikut ini yang harus disiapkan :

1. website

website adalah langkah awal yang harus disiapkan karena beberapa kelebihan website dibanding media lain yaitu bisa menyajikan informasi yang banyak dan lengkap, misalnya riwayat hidup, foto2 dan aktifitas. hal ini tidak mungkin bisa bila melalui media massa cetak, jejaring sosial, sms dan spanduk/leaflet.

konten dalam website minimal ada :

  • profil, termasuk didalamnya ada riwayat pendidikan, organisasi, pekerjaan dan data keluarga
  • aktifitas sosial
  • berita di media, ini cuplikan apabila ada nama anda disebut2 dalam media cetak atau media online
  • karya tulisan anda
  • galeri foto
  • visi misi dan program kegiatan saat terpilih
  • agenda kegiatan dan kampanye
  • tulisan dan pandangan pribadi tentang daerah konstituen
  • testimoni dari tokoh atau pemuka masyarakat
  • terdapat teks berjalan yg menampilkan sms dari masyarakat. (di NixSMS-Center terdapat fitur utk memilih sms yang mana yg ingin di publish di web, tinggal klik langsung tayang di internet).

jangan lupa tambahkan widget untuk :

  • link2 penting
  • fan facebook
  • facebook stream
  • twitter stream
  • polling
  • shoutbox utk komentar pengunjung
  • info sms center
  • dll yang nanti akan menambah indah website

2. Facebook Fan

Facebook fan sangat penting untuk menyebarkan informasi diri kepada pengguna internet. untuk mendapatkan sebanyak mungkin LIKE dari teman, lakukan hal2 berikut :

  • harus ada tim minimal 1 orang yang tugasnya khusus mengelola fb fan ini.
  • update fb fan secara reguler, karena setiap update fb fan ini akan tampil di dinging beberapa pengguna FB yg sudah LIKE
  • undang teman2 untuk LIKE
  • tampilkan facebook fan ini di widget website
  • bila memungkinkan, pasang iklan di facebook agar tampil di sisi kanan facebook. di iklan ini anda bisa memilih target misal range usia, jenis kelamin, kota tempat tinggal, pendidikan dll.

3. Twitter

Twitter ini tidak jauh beda dengan facebook, jadi intinya :

  • update secara rutin,
  • follow sebanyak2nya orang agar nanti difollow balik.
  • buat kultwit (kuliah twitter) utk tema yang bermanfaat agar banyak follower dan menjadi perbincangan masyarakat internet.
  • tampilkan informasi twitter ini di website anda

4. SMS Kampanye

SMS kampanye salah satu media yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan cepat dan murah, namun saya pribadi tidak setuju bila memanfaatkan software ini untuk memborbardir masyarakat dengan spam sms. karena sms ini sudah masuk ranah pribadi dan akan sangat menggangu bila terus mendapatkan sms yang tdk penting.

Jadi sebaiknya sebelum mengirim sms rutin setiap hari setiap minggu. kirim 2 sms untuk pertama kali yang isinya :

1. sms pertama tentang motivasi / katamutiara atau apa saja yang terbaik menurut anda.
2.  sms kedua, mengenalkan diri dan memberitahu bahwa bila tidak ingin mendapatkan sms ini lagi ketik STOP.

jadi begitu penerima tidak menginginkan sms ini lagi, masukkan ke group khusus dan group ini tidak boleh lagi dikirimkan sms.

Perhatikan juga waktu mengirim sms, jangan terlalu sering misal tiap hari, cukup seminggu sekali saja, dan juga jangan di jam istirahat jadi jangan kirim sms mulai jam 9 malam sampai jam 6 pagi. Etika ini diperlukan agar tidak menjadi bumerang jika masyarakat yang kesal dengan sms ini, maka akan menurunka citra yang punya hajatan.

pada software sms center, pastikan ada fitur2 ini :

  1. bisa memindahkan nomor hp otomatis ke group khusus bila ada sms STOP atau UNREG
  2. terdapat fitur untuk registrasi atau pendaftaran pendukung
  3. ada polling atau survey elektabilitas via sms
  4. bisa import phonebook dari file MS EXcel
  5. bisa mengirim data  nomor hp via sms
  6. bisa multi modem agar bisa mengirim sms lebih banyak dan cepat, karena 1 modem hanya bisa mengirim sms rata 600 sms perjam.
  7. dan yang terpenting fitur bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dilapangan nantinya.

tentang sms kampanye silahkan kunjungi website www.smskampanye.nixerco.co.id

5. Sistem Database pendukung

sistem database data masyarakat / pemilih menjadi sangat penting bahkan bisa menjadi vital, karena disinilah disimpan data yang sebenarnya yang dikumpulkan oleh tim sukses dari lapangan.

Variabel data bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, variabel ini isinya misalnya  berapa banyak penduduk yang  :

  • sudah mengenal calon
  • mengenal tapi tidak memilih
  • mengenal dan akan memilih

data dibuat dalam angka jumlah dan prosentase dan dibuat per wilayah dan per satuan waktu. perwilayah maksudnya bisa per RT, RW, kelurahan, dan seterunya sampai rekap per kecamatan. dan data ini bisa dilihat mana yang kira2 perlu prioritas kampanye.

persatuan waktu maksudnya data dapat dilihat perkembangann perminggu dan perbulan, jadi dapat dilihat grafik perkembangan kemajuannya.

sistem ini sebenarnya sederhana dan mungkin bisa dibuat dengan MS Excel saja, atau bisa juga dibuat software khusus, keuntugan bila software khusus salah satunya yaitu data bisa di input oleh lebih dari 1 orang dari pc yang berbeda, ini sangat bagus utk kerja tim. dan juga pada saat yang sama bisa diakses dari pc lain untuk melihat laporan perkembangan. tentang ini pernah saya bahas di https://aswandi.or.id/2012/01/08/nsidap-sistem-informasi-data-penduduk/

3 Replies to “Persiapan untuk maju sebagai caleg atau calon bupati/walikota/gubernur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *