Posted on

Untuk memanfaatkan bonus SMS Gratis dari operator GSM, saya membuat layanan SMS Gratis yang bisa diakses melalui internet di www.sms-online.web.id

Saat ini operator GSM yang memberikan layanan SMS Gratis adalah :

  • IM 3 gratis 100 sms perhari dengan syarat saldo pulsa diatas 5000
  • Kartu As gratis 1000 sms perhari
  • AXIS gratis 10.000 sms perhari

untuk membuat layanan ini saya menggunakan 3 unit terminal yaitu :

  • Modem GSM Wavecom 1206 pake kabel serial
  • HP Siemens C55 pake kabelย  USB, dan
  • HP Sony Ericsson T610 lewat bluetooth

servernya menggunkan PC biasa dengan core 2 duo dengan sistem operasi windows XP, aplikasi server menggunakan XAMPP v171 dan sms engine pake SMSLib v344.

PC server tsb saya simpan dirumah, koneksi dg internet 24 jam dengan wifi, koneksi internet menggunakan speedy paket game, jadi dapat IP Publik,ย  dengan IP publik ini maka PC tersebut dapat diakses dari internet. IP publik dari speedy itu akan berubah otomatis bila modem DSL di restart.

teknisnya, saat akses www.sms-online.web.id maka otomatis akan diarahkan ke http://ip_address/sms-online jadi kirim smsnya sebenarnya langsung akses PC yg ada dirumah.

sistem ini sudah jalan, namun masih ujicoba apakah akan terus akses ke server dirumah, apabila nanti yg akses banyak dan lambat maka akan dipindahkan ke server saya di Gedung Cyber di Jakarta , namun modem tetap di rumah,ย  jadi saya tambahkan aja program perantara agar server dirumah bisa membaca database di Gedung Cyber.

Tujuan pemindahan di Gedung Cyber karena disana akses website sangat cepat, semua website saya www.nixsms.com, www.software-pilkada.com, www.aswandi.or.id, dll disimpan disana.

Saat ini hanya bisa kirim SMS, belum bisa baca SMS, rencananya nanti akan dibuat form pendaftaran dan ada halaman inbox, dihalaman inbox nanti anda dapat melihat sms yg masuk yg ditujukan untuk anda, bagaimana mengetahuinya kalo sms itu untuk anda, alurnya gini, setiap anda kirim sms maka nomor tujuan akan disimpan dalam database dan akan menjadi milik anda, apabila ada sms yg masuk dari nomor tsb maka hanya anda yang bisa melihatnya.

Namun masalah akan terjadi bila ada 2 pengguna mengirim SMS ke nomor yg sama, utk menghindarinya maka ada beberapa solusi, pertama setiap user hanya bisa mengirim SMS ke nomor HP yang belum pernah dikirimin oleh user lain, cara kedua adalah dengan multi modem, misal user A telah mengirim SMS kenomor Z maka apabila ada user B akan mengirim ke nomor Z juga maka akan dikirim melalui modem yang berbeda., jadi dengan demikian apabila nomor Z membalas SMS, user A dapat melihat hanya dari modem 1 dan user B bisa melihat sms tsb hanya dari modem 2.

Software pengiriman SMS ini menggunakan NixSMS-Center ditambah dengan modul KIRIM SMS, bagi anda yang telah membeli NixSMS-Center dan ingin membuat layanan SMS via internet, dapat membeli modul KIRIM SMS.

SMS Gratis Online ini sangat bagus untuk diintegraasikan dengan website anda dengan harapan pengunjung website anda menjadi banyak dan menjadi pembicaraan dari mulut ke mulut, contohnya untuk website calon peserta pilkada, toko online, bimbingan belajar, dsb

Bisa juga dibuat untuk kalangan internal, misalnya untuk pesantren yang siswanya gak boleh bawa hp maka bisa sms-an dengan keluarga dan teman melalui komputer yang disediakan khusus, juga untuk warnet bisa menambahkan layanan ini hanya utk pc2 di warnet jadi pengunjung selain main internet bisa kirim2 sms gratis.

23 Replies to “SMS Gratis di www.sms-online.web.id”

  1. Syukron SMS gratisnya pak! ๐Ÿ˜€
    Btw pulsanya masih pakai uang sendiri tapi pak? ๐Ÿ˜€
    Ane jg sedang ngembangin aplikasi SMS Center saya. Tapi masih berkutat mencari yang paling pas untuk kebutuhan, antara NowSMS, SMSLib, dan Gammu ๐Ÿ˜€

  2. iya masih pake pulsa dari uang sendiri, tapi kan manfaatin yg gratisan, mumpung operator lagi perang

  3. itu seperti kita bikin no PIN untuk handphone biar bisa seperti Blackberry… Jadi no PIN disimpan di server…

  4. Yup .. teknik marketing yang bagus .. ๐Ÿ˜€
    memberikan SMS gratis .. sebagai sarana IKLAN juga ..

    semangat pak Aswandi ..
    semoga ilmunya menjadi pahala terbesar di akhirat nanti

    ๐Ÿ˜€ salam dhiewo

  5. gak bisa, masalahnya masih terbatas modemnya, kalo emang diperlukan nanti dibuatkan pake pemisah.

  6. klo mau buat web seperti sms-online.web.id biayanya brp? yang udah terima jadinya dan langsung pake sms gratisnya.

  7. yaaah… ngga bilang kalo ternyata terbatas 1 hari cuma 25 sms ajeee….!!!

    whuaaaaaaaa….!! gatot deh project ku…. ๐Ÿ™

  8. Gedung Cyber di Jakarta Pusat? yang bener gan? setau saya sih di Jakarta Selatan. ada Cyber 1 dan ada Cyber 2. kebetulan saya kerja di Cyber 1. Baru tau juga sih klo emang bener ada Cyber di Jakarta Pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *