Posted on

NixSMS versi gratis adalah SMS Center yaitu software berbasis web untuk mengelola data SMS yang dapat didownload dan digunakan secara cuma-cuma. Software dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan database mySQL.

Versi gratis ini dapat digunakan sebagai SMS Marketing bagi perusahaan atau SMS Center bagi organisasi, atau sekedar SMS Center bagi caleg untuk kampanye via SMS secara personal.

Ide awal perancangan software ini adalah, kebutuhan pribadi saya yaitu :

  1. Ingin mengarsipkan data sms yang masuk dan keluar sehingga suatu saat bila dibutuhkan bisa segera dicari.
  2. Setiap ingin membalas SMS, saya harus mengetahui SMS dari nomor HP tersebut apa saja selama ini dan juga apa sms balasannya.
  3. Saya ingin mengetahui apakah data SMS sudah dibalas atau belum dan apa balasannya.

Selama pencarian saya, tidak ada software SMS yang memenuhi kebutuhan2 diatas, dan software ini sudah memenuhi kebutuhan tersebut.

Fiturnya antara lain :

  • Data nomor HP dapat dikelompokkan dalam beberapa group
  • Dapat melihat SMS yg masuk beserta balasannya.
  • Dapat menjawab otomatis SMS yg masuk
  • Pada halaman balas SMS, pada bagian bawah terdapat data SMS dari nomor tersebut baik yg masuk atau keluar
  • Nomor2 HP dapat di-import dari file CSV (File CSV dapat dibuat dari MS Excell).
  • Terdapat informasi mengenai data statistik SMS, seperti jumlah SMS, jumlah SMS yg sudah dibalas.
  • Terdapat fitur pencarian data SMS dan kontak.

Pada versi gratis ini, fitur kirim SMS massal (broadcast) dibatasi maksimal 10 nomor HP sekali kirim dan 100 SMS per hari. namun demikian versi gratis ini sudah layak untuk digunakan untuk kepeluan pribadi atau SMS Center untuk organisasi atau perusahaan. walau versi gratis, software ini dapat digunakan selamanya tanpa ada masa kadaluarsa.

Bila mengingikan jumlah broacast tanpa untuk 10.000 nomor HP sekali klik dan tanpa batasan jumlah SMS per hari, maka anda dapat memesan software SMS Center versi komersial, software tsb sudah termasuk :

  • Buku panduan operasional
  • support via internet
  • gratis perbaikan dan update

Versi personal ini sangat cocok bagi caleg untuk SMS kampanye atau SMS marketing bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya. upgrade dari versi gratis ke versi personal sangat mudah dan tidak menghilangkan data lama, jadi data lama tidak akan terhapus.

kebutuhan sistem :

  • PC / Laptop minimal Pentium 4
  • Windows XP
  • HP GSM atau Modem GSM.
  • Donlot software dan panduan di http://tech.groups.yahoo.com/group/nixsms/ lalu klik File, harus daftar milis nixsms dulu sebelum donlot, dan milis ini jg sebagai milis diskusi pengembangan dan support sms center

Kelemahan software ini:

  • yang keluar di nomor HP penerima adalah nomor kartu GSM anda, belum bisa pake nama (huruf).
  • hanya bisa mengetahui bahwa sms telah dikirim oleh software, sedangkan sampai atau tidak (delivery) belum bisa (mudah2an versi selanjutnya sudah bisa)
    Update tgl 11 jan 08 => sudah bisa diketahui bahwa SMS sudah diterima atau belum (delivery)

PANDUAN CEPAT

    1. Instal Appserv Install Appserv 2.5.9, urutan instalasi seperti biasa, klik NEXT aja, bila ada permintaan servername maka isi sembarang dan bila ada permintaan password isi dengan password 12345abaikan install Appserv bila di PC anda sudah ada software sejenis seperti XAMPP, WAMP, Apache2triad.
    2. Instal Driver Modem Bila menggunakan modem globell trotter maka driver sudah terdapat pada memori internal driver. Instalasi seperti biasa
        1. Mengaktifkan ServiceKlik Service dan beri conteng Run as  a service  pada SMS Gateway Service.
    3. Instal Software NixSMS
      • Unzip file NixSMS.zip ke C:/appserv/www
      • Buka file db.php dan edit baris terakhir yaitu password database, ganti dengan password yang anda ketik pada saat instalasi Appserv.
      • Buka browser dan jalankan http://localhost/NixSMS/
      • Bila ada perinta untuk klik INSTALL maka klik saja
      • Selesai

    Selanjutnya

    untuk pemakaian selanjutnya cukup buka http://localhost/NixSMS , sedangkan yg lain tidak perlu dibuka2 lagi, bila computer restart maka otomatis service sms gateway akan berjalan dibelakang layar

tambahan (add 20 jan 09) :
Hampir semua modem gsm dan hanphone bisa digunakan di nowsms ini, saya sendiri pernah mencoba di Modem GSM Itegno 3000, Icon Globel Trotter, Siemens TC35i, dan HP Nokia 3310. teman2 lain ada yg sudah berhasil dengan HP Siemens C55.

screen shot

73 Replies to “Software NixSMS (SMS Center) Versi Gratis”

  1. Bpk Aswandi yth, sy dpat tugas dr tim sukses untuk buat SMS centre dan rear Qount… kira2 bs bantu gak ya….
    waktu sy mepet sekali hanya 2 minggu…. trms.

  2. Terima kasih pak Aswandi, softwarenya top markotop. Menurut saya kekuranganna ada pada cara intallasi yg masih cukup ribet buat orang awam kayak saya. Untung ada yg bantuin. Kalo bisa buat yg kayak di sini dong: http://www.asongan.tk
    Fiturnya lengkap bgt dan sdh bisa buat CDMA, tapi sayang ga gratis

  3. salam pak Aswadi, pak saya sudah coba softwarenya (yg gratisan, he, he, ) tapi begitu dijalankan di localhost ada muncul tulisan “Strict Standards: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. Please use the date.timezone setting, the TZ environment variable or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘Asia/Krasnoyarsk’ for ‘7.0/no DST’ instead in C:\AppServ\www\NixSMS\config.inc.php on line 2” ini maksudnya apa ya pak? terus saya kirim sms tapi ga pernah diterima di nomor yg saya kirimi. Terima kasih

  4. Mas saya orang baru, di dunia ini, ginama cara download sms gratis dan gimana cara istalasinya, mau di pake di organisasi mas, makasih..

  5. Mas kok ringin sewaktu inbox masuknya kok ga bunyi yah .udah dilihat di auto.php ga ada yang bisa dibaca mas 🙂

  6. mas tolong donk, itu yang db.php, password yang di rubahnya di dbpass ya, trus kalo emang bener di db pass yang di isi passwordnya, koch masih gak bisa dibuka pake local host ya, mohon bantuannya, thanks

  7. thx buat nixsms bantu banged dalam kerja ku nich.. oia sekalian mau tanya nich klu pakai yng versi gratis,,, klu kirim lebih dari 10 kenapa ada tambahan – [www.nixsms.com] bisa ndak itu di ilangin aj… coz ak ndak isa maksimal. tolong di batu ya…

  8. utk mencari nomor hp untuk keperluan apa?

    secara teknis bisa dg cara cari data di website2, kalo ketemu nomor dengan format hp maka di grab ke database. cara lain yaitu dg kirim ke nomor hp berurutan, nah yg delivery itu yg aktif.

  9. pak aswandi….apa di aceh sudah ada yang jual alat untuk sms kampanye.karena di aceh akan ada pesta politik…

  10. Pak….
    minta bantuan ni
    saya udah hampir 2 tahun pake SMS Center ini tapi kemarin 27 Juli 2011 tiba-tiba SMS Centernya gak bisa terima sms lagi, sms nya masuk keliatan kalau kita buka
    http://localhost/NixSMS/ di last inboxnya, sementara kalau kita liat sms nya gak ada
    itu kenapa ya pak…..

  11. Saya pakai sms egine NowSMS pak dan saya lihat lognya ada pak sms terakhir yang saya kirim ke no sms center tersebut
    untuk memastikan log smsnya di D:\Program Files\NowSMS\SMSIN-20110731.txt
    itu kira kira kenapa ya pak
    Makasih untuk responnya pak

  12. Kalau untuk mengirim sms tidak masalah pak dan terbaca di Ounboxnya hanya saja sms masuk nya saja yang tidak bisa dilihat di inboxnya pak….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *