Prospek dan pelanggan adalah aset yang sangat berharga di perusahaan, data prospek dan pelanggan harus dikelola dengan sangat baik dengan harapan prospek bisa segera menjadi pelanggan dan pelanggan bisa meninggatkan volume transaksinya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem CRM demi mencapai tujuan tersebut.
CRM (Costumer Relationship Management) adalah sebuah sistem manajemen relasi dengan .Contoh pekerjaan CRM antara lain :
- Mengidentifikasi pelanggan yang perlu dikenai promosi
- Daftar/riwayat semua promosi yang dilakukan
- Penjadwalan waktu promosi
- Pengelolaan material promosi terutama yang berbentuk digital
- Pengelolaan daftar kontak individu seperti nomor telepon dan e-mail
- Pembuatan dan perhitungan ukuran kesuksesan promosi
- Prediksi peluang respon pelanggan terhadap suatu jenis promosi
- menganalisa pola navigasi pelanggan (biasanya saat mengakses website)
- Merekomendasikan produk/jasa berdasarkan pola transaksi terdahulu atau pola navigasi website
- Memilih pelanggan yang prospektif dan menampilkannya dalam daftar kontak
- Tersedia rekomendasi produk untuk tiap pelanggan
Pada tulisan kali ini, saya saya akan membahas pentingnya penerapan CRM pada sebuah organisasi, dalam hal ini organisasi saya batasi pada organisasi non komersial dan berbasis kader, dan agar enak membayangkannya saya contohkan organisasi dakwah seperi Rohis (di level SMP/SMA), di level kampus ada LDK, HMI, PII, PMII, IMM dan KAMMI, atau di level masyarakat seperti JT, HT, Salafy dan PKS. (utk pengambilan contoh ini gak usah dikomentari 🙂
Ada banyak media yang digunakan utk komunikasi dengan objek dakwah, misalnya website, telepon, SMS, buletin, majalah, mading atau spanduk. Namun pada ‘CRM’ kali ini saya batasi dengan menggunakan SMS saja.
Sebelumnya saya akan mengulas sebagian job description pengurus organisasi yaitu :
- pengumpulan data mahasiswa,
yaitu membuat formulir biodata dan dibagikan kepada mahasiswa baru - mensosialisasikan keberadaan dan profil organisasi kepada seluruh mahasiswa,
membuat spanduk atau pamplet dan dipasang ditempat keramaian - mensosialisaikan agenda kegiatan organisasi
membuat spanduk atau pamplet dan dipasang ditempat keramaian - mendata seluruh kader dan alumni
- rapat BPH, rapat internal departemen.
- memberikan pelatihan kaderisasi
- menerbitkan media cetak
- voting
Singkat cerita, dengan software NixSMS Center edisi organisasi, beberapa pekerjaan diatas akan dikonversi dan atau dibantu dengan SMS, Fitur2 software ini adalah :
- Add phonebook by SMS
Yaitu penambahan data phonebook melalui SMS, hal ini untuk mengumpulkan data mahasiswa baru, caranya semua kader organisasi mengirim SMS dengan format misalnya MHS (spasi) NamaMahasiswa (spasi) NomorHP(spasi) Jurusan # NamaMahasiswa (spasi) NomorHP(spasi) Jurusan # NamaMahasiswa (spasi) NomorHP(spasi) Jurusan…..dstSMS yg masuk secara otomatis akan dibaca oleh software dan memasukkan kedalam data mahasiswa baru. - SMS BroadCast
Yaitu pengiriman SMS massal, pengiriman ini bisa dilakukan hanya pada group tertentu misalnya group mahasiswa baru, atau group kader, atau group pengurus. SMS Broadcast dapat digunakan untuk mensosialisasikan tujuan organisasi, kegiatan, atau sekedar taushiyah kepada mahasiswa baru atau untuk mengumumkan pengumuman atau informasi penting kepada kader atau pengurus.Contoh lain, misalnya besok ada demo, maka cukup kirim SMS kesemuanya, jadi informasi begitu cepat sampai tujuan. - SMS Milis
Yaitu forwarding SMS ke semua member dalam satu group, misalnya pada group pengurus, bila salah satu pengurus mengirim SMS dengan format “Milis Pengurus Semuanya harap rapat di sekretariat besok pagi jam 9 intime”. maka software akan meneruskan SMS tsb kesemua nomor HP yang ada di group pengurus.Group yg bisa dibuat utk ini adalah group kader, group pengurus, group alumni, group humas, group kaderisasi, dll. - SMS Polling
Yaitu jajak pendapat yang bisa dilakukan via SMS, caranya cukup ketik pertanyaan dan pilihan jawaban, lalu teruskan dengan cara kirim SMS ke group tertentu agar group mendapatkan SMS ttg polling ini. - SMS Registrasi
Yaitu pendaftaran data kader atau alumni via SMS, contohnya format ALUMNI(spasi) Nama (spasi) Pekerjaan (spasi) alamat. SMS yg masuk akan diproses otomatis dan masuk dalam database alumni.
Software NixSMS Center edisi organisasi adalah varian dari software sebelumnya yaitu SMS Center, bila artikel ini bermanfaat silahkan kopi paste artikel ini di milis komunitas organisasi anda, dan bagi yang berminat silahkan japri ke saya. bila ada usulan fitur lain silahkan kirim komentar.
Harapan saya, dengan pengiriman SMS ke mahasiswa baru, mahasiswa baru tersebut merasa diperhatikan dan bisa mengetahui pentingnya ikut organisasi, sehingga bisa bergabung dalam organisasi tersebut, sedangkan untuk kader agar bisa lebih aktif lagi ikut agenda kegiatan organisasi.
Palembang, 13 Januari 2009
Aswandi
catt tambahan : (bekasi – 7 desember 2012 ), website khusus utk SMS Center Edisi Organisasi ada di www.smsceo.nixerco.co.id
11 tanggapan untuk “SMS Center Edisi Organisasi”
Tolong kirimkan email penawaran beserta penjelasan lengkap dan fitur2nya. terimakasih
email sudah saya kirim
buat yg lain silahkan donlot di http://aswandi.or.id/unduh/surat/surat-penawaran-sms.doc
mas bagaimana saya bisa mengetahui cara mendapatkan software yang sejenis seperti sms gateway yang dipakai pada sistem akademis yang mas sebutin itu
Mas bisa ngajarin tri buat sms broadcast krn skrg tri lg skripsi buat sms broadcast
thanks mas
Mas saya kepingin membangun SMS Gateway tapi dengan fitur seperti Nama alamat dan sebagai nya apakah fitur Edisi Organisasi sudah termasuk didalam nya, dana apakah data2 tersebut bisa di customize ..
Pls ASAP
txs
Bsrgds
dyan
ps. saya tunggu di email saya …
Mas saya berencana membangun sms center untuk mengisi data harga pangan, input produksi seperti harga pupuk dll serta pasokan dari enumerator dari kabupaten di seluruh Indonesia.
Setelah data terkirim melalui sms data tersebut dapat ditampilkan secara langsung di website kami lengkap dengan grafiknya (Batang dan garis). Model yang kami harapkan seperti data dalam website berikut ini :
Tolong kirimkan estimasi biaya untuk membangun sms center seperti model database diatas.
Terima kasih
halo, saya sangat tertarik dengan software yang bapak buat. saya uda donlot dan memperaktekkan sendiri. saya yakin bisa mengoperasikan serta memberikan penjelasan kepada klien² saya nantinya, tentunya dengan tuntunan bapak pula. Rencananya mau jadi reseller sofware² ini pak.
kalau saya reseller sofware ini, berapa yang harus saya transferkan pak?
kirimin saya email penawaran²nya ya pak!!
Thanks
Julis Su®yadi™
Assalamu’alaikum wr wb
setelah membaca artikel bapak di atas, ane kok jadi kepengin ya pak. pengnin segera mengaplikasiknanya ke organisasi saya. sebleumnya perkenalkan nama saya mas ririt, aktiv di Centre of Excellent Student ( CES ) Jogjakarta, organsisasi dakwah yang bergerak di bidang pengembangan akademik dan persipan profesi mahasiswa di UNY. Ane butuh banget software ini untuk kemajuan teknologi. selama ini kami masih kesulitan untuk mensyiarkan dakwah. setelah membaca tulisan bapak saya terpikir, bagaimana kalao CES juga mnerapkan sorfware itu. saya yakin perkambangan dakwah di CES akan semakin masif. untuk itu mohon informasi yang lengkap ya pak…
kalo mau beli berapa harganya ya….untuk kalangan organisasi mahasiswa
Wassalamu’alaikum wr wb
tolong sediakan jawaban yang lebih mendetail
Tolong kirimkan email penawaran beserta penjelasan lengkap dan fitur2nya. terimakasih
emai sdh saya kirim pak