Posted on

Saat saya dan rekan mau mendirikan warnet Laa Tahzan Palembang, saya cari komputer di Jakarta dengan harapan harganya bisa miring. Jadilah waktu itu saya beli 15 unit komputer baru di mangga dua. Emang sih harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan dipalembang, namun langkah ini merupakan kesalahan fatal pertama saya di pekerjaan membuat warnet ini.

beberapa masalah yang timbul adalah :

  • komputer yang saya beli belum dirakit, jadi kami rakit sendiri di Palembang. dan ini sebenarnya pemborosan waktu, tenaga dan uang, karena sebenarnya komputer ini harusnya dirakit oleh teknisi toko komputer dan tidak ada biaya tambahan.
  • banyak komputer hardware yang tidak cocok misalnya mainboard dan RAM tidak cocok, beda clock, error pada saat instalasi windows xp.
  • Ada saja hardware yang rusak.
  • Beberapa hardware baru tersebut terpaksa kami kirim ulang ke toko via TiKi, maka ini butuh ongkos kirim, dan ongkos komunikasi SLJJ dengan toko di jakarta dan waktunya lama bisa sampe 2 minggu baru barang tersebut dikembalikan lagi.

dan pengalaman tsb beberapa tips dari saya :

  1. Belilah komputer di toko komputer lokal, dengan alasan :
    • menambah koneksi bisnis lokal
    • apabila ada hardware yang rusak maka mudah dikirim, dan tidak perlu ongkos kirim yang mahal serta wartu ganti hardware lebih cepat
  2. Mintalah toko komputer untuk rakit dan install sistem operasi dan software standar, dan pastikan semuanya berjalan normal. Dan pastikan bahwa sistem operasi yang diiinstall adalah benar2 fresh install, bukan ghost (kopi hardisk). Karena install cepat dengan ghost nantinya akan banyak masalah pada PC anda.
  3. Tambahkan atau buat partisi satu lagi di hardisk ada, dam install Sistem Operasi satu lagi di kompuer anda, jadi anda mempunyai 2 sistem operasi, yaitu sistem operasi yang diinstal oleh teknisi toko komputer dan satu lagi sistem operasi yang anda install sendiri, gunanya adalah agar anda bisa benar2 memastikan bahwa semua driver lengkap dan tidak ada masalah pada saat anda sendiri yang menginstall, manfaatnya bila suatu saat nanti bila komputer error dan harus diinstall ulang, anda bisa install ulang tanpa masalah.
  4. Hidupkan semua kompueter anda 3 hari 3 malam, maksudnya :
    • untuk memastikan listrik anda cukup untuk semua peralatan listrik
    • untuk memastikan bahwa CPU dan monitor anda benar2 stabil dan kuat
    • Bila dalam waktu 3 hari ada CPU dan monitor yang rusak, anda dengan mudah dapat minta ganti yang baru dengan toko komputer, hal ini tentunya sulit bila baru ketahuan ada cpu atau monitor yang tidak kuat pada bulan ke 2.

Untuk memilih komputer, anda juga harus menentukan apakah warnet ini hanya untuk browsing atau juga untuk games, bila hanya untuk browsing maka baiknya anda beli komputer second kelas pentium 3 aja. jangan pentium 2 (tanggung harga gak jauh beda dengan pentium 3) atau pentium 4 (harganya jauh mahal dan mubazir kalo hanya utk browsing).

Tapi kalo ada rencana untuk games, maka anda harus memastikan bahwa komputer anda memiliki spek minimal sbb :

  • Pentium 4 (2Ghz)
  • Hardisk 80 Gb (untuk menyimpan puluhan games)
  • RAM 256 Mb
  • VGA 128 Mb
  • Monitor 17″, kalo bisa yang flat atau LCD
  • Speaker yang ada mega bass-nya di tiap komputer

——————

Untuk anggaran terbatas, maka pilhan tepat untuk membeli komputer second penitum 3, karena harga komputer pentium 3 jauh lebih murah. berikut ini tipsnya :

  • belilah komputer second bekas perusahaan BUMN, karena umumnya BUMN tahun atau 2 tahun selalu ganti2 komputer, padahal komputernya masih sangat bagus. Hal ini sudah lumrah karena kalo tidak beli komputer baru maka tidak bisa korupsi :).
  • Umumnya komputer dari BUMN masih sangat bagus, karena umurnya masih mudah juga komputerya jarang dipake, kan yang make karyawan yang gajinya tetap. 🙂
  • Kalo tidak ada tidak dapat dari BUMN, tidak apa2. Coba cari di toko2 komputer dan cari yang builit up karena, dengan alasan :
    • komputer built up jauh lebih stabil dan cepat dibanding dengan komputer rakitan dengan spek yang sama
    • komputer bulit up baru jauh lebih mahal dibanding komouter rakitan
    • tapi komputer second bulit up lebih murah dibanding komputer second rakitan.

itulah tips dari, saya kalo ada yang kurang saya mohon maaf, dan mohon tambahkan via komentar

21 Replies to “Tips membeli komputer untuk warnet”

  1. Bollywood Ringtones Buy levitra online
    Free Strip Poker buying valium
    [url=http://athe.eta.zettai.net/vrijdenker/Members/xenical/buy-levitra-online.html]Buy levitra online[/url] [url=http://www.weblogmaniacs.com/Bollywood/]Bollywood Ringtones[/url]
    [url=http://valium.foro.ijijiji.com/]buying valium[/url] [url=http://www.weblogmaniacs.com/StripPoker/]Free Strip Poker[/url]
    [url=http://alprazolam.foro.ijijiji.com/]Alprazolam xr[/url] [url=http://www.weblogmaniacs.com/Rolex/]Rolex watches[/url]
    Rolex watches Alprazolam xr
    A

  2. fadhli: untuk saudara/i yang saya hormati.
    perkenal saya M. fadhli..
    ini saya ada jual laptop baru garansi (asli impor US):
    1. dell inspron 9400
    2. dell xps m1710 sekitar 25 juta (nego)
    3. sony vaio vgnair18gp sekitar 25 juta (nego)
    4. ibm thinkpad lenovo t600= 25 juta (nego)
    5. ibm lenovo 300 n 100= 10 juta (nego)
    bagi berminat silakan hub saya di fadhli_yogya@yahoo.com.

    saya jual perlatan aksesoris kompeter seperti flasdisk(tahan terhadap
    srangan virus), mp3, PDA gsm/cdma dll. apa yang ad perlu silakan catat
    serinya maka akan saya cari barang dijamin murah. silakan ek pasar!!!
    jika ad yang beli lewat kamu hasil bagi dua
    fadhli: bisa capai 500 ribu

  3. mo nanya neh, katanya komputer yg mo dipake untuk warnet gak boleh komputer rakitan?
    emang benar itu…?
    katanya juga kalo rakitan, bisa2 malah jadi lahan empuk bagi para polisi yg doyan razia untuk nambahin uang sakunya? emang iya gitu…?

  4. jah.. bos.. kalo komputer rakitan mah..boleh2 ajah kali.. yang gak boleh itu operating system windows palsu… wekeke..itu baru gak boleh.. makanya pake linux ajah 🙂 okeh. .salam

  5. Mangkonyo mang… amen nak beli komputer, cari referensi bae dulu. jadi hardwarenyo saling support.
    Terutama Prosesor,memori,P-G_A, harus sesuai dgn maderbot.
    Sonkadnyo jugo…apolagi pawer suplai.

  6. Dear,
    Peralatan apa aja untuk buka warner dengan menggunakan pc station dan kalau perlu sekalian dengan harga2 peralatan tersebut.

    Hormat Kami
    M. ZUnaidi

  7. salam bang dias,…
    warnet linux kan msh jarang, & pengguna linux juga msh dikit, apa bisa warnet linux bersaing dg warnet windows, jangan2 nanti pengunjung pada keder lagi, kalo dia kita suguhin linux, kan mereka udh terbiasa dg windows?
    bang, saya pngn bnget neh buka warnet, kira2 btuh modal brp kalo saya sediakan 10 PC untuk CLIENT?
    50jt cukup ga? terus terang saya cuma punya modal segitu…
    makasih bang ya…

  8. mang po idak repot po bw bolak – balik ke toko komputer lemk kl dkat kl jauh cak mno,bnyk nian rugi nya,po lbh baik kita cb bae di toko tempt kita bli komputer,kita cb j dsn kn g terlallu repot,n kl ada yng rusk pck dignti,,,,,:mnrt mang ck mn usulan q ni….?

  9. salam semua..perkenalkan saya arif
    anda butuh komputer built up hub arif di 02292807856
    barang ready..( bandung )

  10. Mas, kalau di tiap komputer pake speker yang ada mega bassnya, rame donk…
    gk enak kan??
    trus juga, mungkin kalau untuk warnet lebih mengutamakan pake LCD cz lebih hemat daya. Uang penghematannya bisa digunakan untuk emmbeli peralatan yang lainnya. Trus, knp pake P4? itu kan penggunaan daya jadi tidak optimal. Pake minimal dual core aja..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *