RealCount Pilkada Online – Hitung Cepat Berbasis Web

quick real count pilgub dki

quick real count pilgub dki

Dalam pilkada, beberapa timses baru mulai mikirin sistem perhitungan suara 1-2 hari sebelum pencoblosan, utk pilkada di kota masih memungkinkan menerapkan sistem real count berbasis SMS, karena masih ada waktu utk membagikan kertas panduan cara kirim sms, tapi utk pilkada di kabupaten yg jarak desa jauh saya rasa harus ada alternatif metode hitung cepat model lain, misalnya hitung manual pakai excel atau real count online

Realcount berbasis SMS sebenarnya pilihan yg sangat cocok utk menghitung cepat pilkada di Indonesia saat ini, karena sistem sederhana bisa menerima data otomatis dari sms. setiap saksi hanya kirim 1 kali sms saja, dan bisa pakai handphone tipe apa saja, hp china atau hp jadul bisa, tidak harus pakai hp android yg belum tentu semua orang punya. Namun utk menerapkan sistem sms realcount ada tahapan yg harus dilalui yaitu :
1. print panduan
2. bagikan panduan ke saksi
3. saksi kirim sms tes utk latihan
ke-3 tahapan ini butuh waktu paling tidak 2 hari dan sebaiknya sistem sudah mulai ready 3 hari sebelum hari pelaksanaan pilkada.

 

REAL COUNT ONLINE

Alternatif lain bisa gunakan sistem REAL COUNT ONLINE, aplikasi ini berbasis web dan berada di server internet jadi bisa diakses melalui internet melalui komputer, laptop, tablet android/ipad atau dari handphone.
alur kerJanya seperti ini:
1. anda menghubungi kami bila ingin menerapkan realcount online
2. kirim data nama2 kelurahan/desa dan TPS ke email kami, bila tidak ada juga tidak masalah, kami bisa kopi paste dari website data.kpu.go.id dan utk foto kandidat pilkada bisa kami cari di internet.
3. kami menyiapkan aplikasi ini kurang lebih 3 jam. jadi aplikasi sudah siap pakai lengkap beserta nama2 wilayah kabupaten,kecamatan,kelurahan/desa dan urutan TPS. kami akan mengirimkan alamat akses web aplikasi beserta username dan password.
4. anda bisa coba2 dulu latihan sebentar input data. bila sudah tau caranya maka data dapat dihapus lagi agar data dari nol lagi
5. anda bisa sosialisasikan ke tim lain agar bisa bagi tugas, jadi di posko utama bisa siapkan 5 orang utk input data, yg perlu disiapkan adalah komputer atau laptop dan akses internet, input data juga bisa dari tempat lain misalnya tim dari posko kecamatan, jadi dia bisa input data dari rumahnya masing2 tidak harus berada di posko utama.

data yg di input oleh tim dilapangan akan bisa dipantau dan datanya akan terhitung otomatis total 1 kabupaten.

 

FITUR REAL COUNT ONLINE

Fitur penting sistem realcount online ini adalah
1. setiap operator yg input data dibuatkan username yg berbeda2, tujuannya utk mengetahui siapa yg input data di setiap TPS.
2. grafik hasil suara bisa diakses dari mana saja lewat internet, jadi tiap posko bisa saja menayangkan real time di halaman depan agar bisa dilihat masyarakat langsung, ini penting bila hasil menang maka data kemenangan menyebar ke masyarakat.
3. tidak perlu instal apapun di komputer utk input data, karena aplikasi berbentuk website jadi bisa dibuka pakai browser firefox atau chrome.
4. bila tiap kecamatan ada sekitar 100 tps, maka hanya butuh waktu sekitar 30 menit utk mengetahui  data semua TPS di 1 kabupaten. jadi jam 4 sore sudah dapat angka pasti prosentasi suara semua kandidat.
5. bila data TPS lebih dari 500 TPS, maka bisa juga saat yang bersamaan membuat quick count, misal ada 1000 TPS maka cukup ambil 150 TPS yg akan dijadikan sampel quickcount, tujuannya agar segera merilis hasil pilkada secepat mungkin dengan margin error dibawah 1%. input data hanya perlu 1 kali jadi bila kebetulan data suara di input adalah TPS sampel, maka data akan masuk ke data realcount dan data quickcount.

dengan sistem online ini tentu ada beberapa kelebihan dibandingkan dengan manua excel, kalo manual excel data hanya di input 1 orang operator utk semua TPS, tentuny membutuhkan waktu yg lama. Dan juga data hanya bisa dilihat di 1 komputer dimana operator input data. Berbeda dg realcount online data live bisa dilihat di website.
bagi anda yg sedang ditugaskan utk perhitungan suara pilkada, hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme