Pilihan Cocok Quick Count & Real Count Pilkada 2017

software-quick-count-pilkada

software-quick-count-pilkada

Pilkada serentak tanggal 15 Februari 2017 tinggal 3 minggu lagi, yang yang sangat penting harus disiapkan oleh partai atau timsukses kandidat pilkada adalah quick count dan real count. Quick Count adalah hitung cepat dengan menghitung hanya beberapa sampel TPS, misalnya disuatu kabupaten ada 1000 TPS, maka yang dihitung cukup 150 atau 200 TPS saja, dan itu cukup valid dengan tingkat toleransi kesalahan kurang dari 1%.  Sedangkan Real Count adalah hitung cepat dengan menghitung semua TPS, misal ada 2.000 TPS maka 2 tps itu dihitung semua sehingga tingkat kesalahan 0%.

Quick Count, karena jumlah TPS sedikit dan dipilih relawan khusus maka hasilnya sudah bisa diperoleh mulai jam 2, dan jam 2.30 ditargetkan 100% data sudah masuk, jadi pada jam itu sudah bisa diketahui perolehan suara masing2 kandidat. untuk Real Count dengan data lebih banyak memakan waktu lebih lama, bila semua kirim sms walau ada yang sms tidak sesuai format, paling tidak jam 5 sore sudah selesai.

BIAYA QUICK COUNT

Penyelengaraan Quick Count umumnya menggunakan jasa pihak ketiga seperti lembaga survey profesional, namun juga tidak ada salahnya dilaksanakan sendiri oleh internal timsukses. sebagai gambaran berikut ini adalah contoh RAB (rancangan anggaran biaya) untuk penyelenggaraan quick count internal

 

RAB-biaya-quick-count-pilkada

RAB-biaya-quick-count-pilkada

Kondisinya :

  • bila komputer sudah ada maka abaikan biaya pembelian komputer
  • relawan menggunakan saksi TPS yang memang sudah ada, jadi utk honor saksi disini tidak ada karena sudah diberikan oleh timses.
  • untuk pelatihan juga nebeng di pelatihan saksi, minta waktu 1 jam utk sosialisasi quick count, atau pelatihan bisa dilakan per kecamatan jadi 1 orang beranggugjawab terhada 15 saksi, jadi cukup 10 orang supervisor.
  • biaya belum termasuk biaya utk 1 orang yg bertanggung jawab menangani quick count ini, 10 orang supervisi dan biaya utk pembelian aplikasi quik count.
  • printer utk cetak panduan pakai printer yang sudah ada.
  • utk relawan cari mahasiswa atau siapapun yg punya laptop sendiri, jadi tidak perlu sediakan komputer lagi

 

BIAYA REAL COUNT 

Untuk realcount lebih mahal karena jumlah tps yg ditangani jauh lebih banyak

RAB-biaya-real-count-pilkada

RAB-biaya-real-count-pilkada

Kondisinya :

  • bila komputer sudah ada maka abaikan biaya pembelian komputer
  • relawan menggunakan saksi TPS yang memang sudah ada, jadi utk honor saksi disini tidak ada karena sudah diberikan oleh timses.
  • untuk pelatihan juga nebeng di pelatihan saksi, minta waktu 1 jam utk sosialisasi quick count, atau pelatihan bisa dilakan per kecamatan jadi 1 orang beranggugjawab terhada 30 saksi, jadi cukup 30an orang supervisor.
  • biaya belum termasuk biaya utk 1 orang yg bertanggung jawab menangani quick count ini, 10 orang supervisi dan biaya utk pembelian aplikasi quik count.
  • printer utk cetak panduan pakai printer yang sudah ada.
  • utk relawan cari mahasiswa atau siapapun yg punya laptop sendiri, jadi tidak perlu sediakan komputer lagi

LANGKAH PERSIAPAN

persiapan penyelenggaraan quick count atau realcount sebaiknya dimulai 10 hari sebelum hari pelaksanaan pilkada, walaupun dalam kondisi darurat bisa juga H-2 atau 2 hari sebelum pelaksanaan pilkada.

berikut ini contoh urutan pelaksaanmya :

  1. menyiapkan software quick count dan atau real count
  2. instalasi software dan sistem standby 24 jam sampai pilkada selesai
  3. cetak panduan utk saksi
  4. bagikan panduan ke saksi
  5. saksi kirim sms testing
  6. monitoring sistem, cek data yg belum masuk, hubungi saksi via sms atau telpon bila belum testing kirim sms
  7. pastikan semua saksi sudah kirim sms, jadi pas hari H tidak perlu bertanya2 lagi langsung kirim sms
  8. pada hari H data semua dihapus dan siap menerima data baru yg sebenarnya.

software quick count dan real count kami mempunyai beberapa keunggulan diantaranya

  • sistem sudah teruji 7 tahun, begitu kami instal baik datang ke lokasi atau jarak jauh lewat internet, maka tidak perlu setting apa2 lagi sistem siap ready sampai hari H pilkada
  • software kami berikan lengkap beserta data kecamatan, kelurahan dan TPS sesuai wilayah pilkada, jadi tidak perlu input data lagi, jadi operator yg bertanggung jawan dg sistem ini bisa fokus pada pembagian panduan saksi
  • panduan juga kami berikan dalam bentuk PDF tinggal cetak, tidak perlu input nomor hp atau apapun, karena nomor hp sudah fix, dan kode tps juga sudah kami generate otomatis.
  • terdapat fitur utk sms massal ke saksi atau relawan, bila ada info harus disampaikan.
quick-couint-pilkada-online

quick-couint-pilkada-online

 

 

 

 

 

Dengan sistem quick real count yg bisa di onlinekan, maka data realtime bisa diakses dari berbagai tempat misalnya dirumah kandidat, di posko setiap kecamatan, atau ditempat umum agar masyarakat bisa lihat langsung.

model penjualan yg kami sediakan ada 3 macam yaitu

  1. software only
  2. pendampingan
  3. sistem online

 

1. SOFTWARE ONLY

Untuk software only, software kami kirimkan via email dan instalasi dan training kami lakukan jarak jauh, anda harus siapkan sendiri segala perangkat seperti poin diatas. pada pilkada serentak 2015 beberapa daerah kami lakukan support jarak jauh dan tidak ada kendala.

2. PENDAMPINGAN

kami mendatangkan 2 orang tim yg menangani segala sistem dan membawa perangkat keras. jadi cukup siapkan tempat saja. pada sistem ini kami melakukan pekerjaan

  • desain database sesuai dengan wilayah pilkada, jadi software nanti diberikan sudah terdapat data TPS 1 kabupaten/kota
  • mencetak panduan untuk saksi, bila ada 2000 TPS maka kami cetak 2000 lembar untuk saksi
  • kami mendatangkan 2 orang tim lengkap dengan perangkat keras yaitu :
    • 2 unit laptop
    • 1 unit modem 8 port
    • kartu perdana dan pulsa
    • printer

yang perlu disiapkan klien :

  • transport dan penginapan selama dilokasi
  • 4 unit komputer/laptop tambahan pada hari H pilkada

SISTEM ONLINE

pada sistem online ini, perangkat keras seperti komputer, modem, kartu perdana dan software kami letakkan di kantor kami, anda bisa pantau sms masuk dan data suara melalui alamat website yg kami sediakan. sistem ini kami yg menangani semua masalah termasuk pulsa, kami hanya kirim 1 file PDF panduan, panduan ini anda cetak dan bagikan ke saksi.

sejak sistem kami online kan, pada masa trainign sebelum hari pilkada, anda bisa pantau saksi yang mengirim sms dan data yg sudah masuk, jadi anda bisa hubungi saksi yg belum kirim sms, disana juga bisa buat tim untuk input data manual, tinggal akses website oleh beberapa operator, setiap operator akan kami berikan username yg berbeda agar bisa mengentaui siapa yg balas sms dan siapa yg input data suara.

 

quick count pilkada online

quick count pilkada online

 

demikian sekilas aplikasi QUICK COUNT DAN REAL COUNT PILKADA  , sistem kami mungkin lebih murah karena memang software kami buat sendiri dari NOL, bisa juga lebih mahal karena itu relatif, namun kami membuktikan sistem yg sudah teruji dan stabil tidak ada kesalahan dan sudah mengantisipasi segala mungkin timbul dari pengalaman selama ini, yang terpenting dimasa krusial saat perhitungan pilkada adalah sistem yg aman, cepat selesai dan meminimalisir kesalahan dari tim dilapangan dan mampu cepat menyelesaikan bila ada tim yg belum kirim data. dalam sistem kami juga menyediakan 1 halaman penuh utk memantau TPS2 yang masih kosong tidak ada data, jadi bisa cepat menghubungi saksi TPS atau koordinatornya. dan yang terpenting semua sms bisa terlihat baik sms salah atau sms benar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme