Pemasangan SMS Fingerprint di Bimbel Primagama Bekasi

pemasangan absensi fingerprint di primagama agus salim bekasi

pemasangan absensi fingerprint di primagama agus salim bekasi

Dalam banyak kesempatan, saat pemasangan software di luar kota saya bertanya kepada klien, kenapa tidak minta buatkan aplikasi dari programmer lokal dikota sendiri, ada banyak model jawabanya:

  • mereka ingin programmer yang memang spesialis dibidang ini, dan jam terbang sudah tinggi, setidaknya sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun menangani software telah dibuatnya.
  • setiap programmer di kotanya tapi kalo disuruh buat aplikasi baru yang belum pernah dibuatnya maka itu akan butuh waktu tidak sebentar, butuh waktu untuk trial dan error, butuh waktu untuk memperbaiki segala bugs dan fitur yg diperlukan.
  • malah ada yg bilang, kalo dia tidak butuh listing fitur yang banyak, dia cuman maunya aplikasi ini pernah dipasang dibeberapa tempat dan aplikasi masih berjalan normal sampai sekarang. dan dia lihat itu ada di blog walau sekedar foto2 pemasangan itu lebih dari cukup.

jadi jangan nggap remeh postingan blog yang berisi perjalanan keluar kota, isinya berupa foto dan aktifitas yang tidak ada kaitan dengan aplikasi, justru ini yang kadang dibutuhkan klien untuk memilih mitra yang tepat.

Pada posting kali ini, persiapan pemasangan aplikasi BimbelMantic untuk Primagama Agus Salim Bekasi, yang berada di jalan Agus salim Kota Bekasi. ini bisa dijadikan panduan bagi tim teknisi yang ingin memasang aplikasi serupa, atau juga bagi Bimbel yang ingin pasang sendiri.

Idealnya letak antara fingerprint reader dengan switch hub tidak lebih dari 1 meter dan letak switch ke komputer juga jangan lebih dari 1 meter, dengan dengan kondisi seperti tidak tidak diperlukan kabel tambahan untuk menghubungkan perangkat2 tersebut. Namun dilokasi belum tentu kondisi seperti itu, karena itu harus dipersiapkan perangkat bila nantinya diperlukan kabel listrik dan kabel LAN yang lebih panjang.

PERANGKAT UNTUK PEMASANGAN FINGERPRINT READER

perangkat-untuk-pemasangan-fingerprint-di-bimbel

perangkat-untuk-pemasangan-fingerprint-di-bimbel

Sebelum berangkat siapkan perangkat ini:

  1. bor listrik, ini digunakan untuk mengebor dinding beton agar bisa dipasang fingerprint, sertakan juga mata bor ukuran 6 inci dan bawa sendiri baut ukuran 6 inci, bisa sih pake baut bawaan fingerprint tapi terlalu panjang.
  2. Obeng, ini utk pasang skrup, jadi jangan dipaku karena bikin retak dinding, pakai baut atau skrup lebih aman.
  3. palu dan klem kabel, untuk pemasangan klem biar kabel tidak klewer klewer, beli juga klem karena tidak include di kotak fingerprint
  4. kabel listrik panjang, ini dipake kalo colokan listrik jauh kan mau ngebor, ini ngebor beneran bukan dengerin lagu inul yg joget.
  5. kabel LAN dan RJ45, ini kalo nanti letak fingerprint dan switch lebih dari 1 meter maka harus buat kabel lan sendiri
  6. Tang krimping dan LAN Tester, untuk merekatkan RJ45 dan kabel lan dan dites pake LAN Tester.
  7. digital multimeter, ini untuk memastikan bahwa kabel listrik sudah nyambung sempurna, gak penting2 amat sih, tapi harus dibawa untuk gaya2an biar keliatan profesional.
  8. switch router TP Link MR-3420, ini dipake bila di lokasi belum ada router jadi bisa dipake untuk tester, jadi perangkat ini harus di tinggal atau beli baru. selain itu juga jenis ini suport modem 3g jadi bisa dijadikan akses internet bila bimbel belum punya internet, aplikasi ini sebenarnya tidak perlu internet jadi internet hanya digunakan bila ingin di support jarak jauh dengan menggunakan teamviewer.
  9. Kabel LAN siap pakai, siapkan juga kabel LAN yang siap dipakai yang sudah ada RJ45 di kedua ujungnya, ini karena kabel bawaan fingerprint dalam kotak hanya belum siap dipakai, harus di krimping dulu.
  10. Modem GSM, ini bila tidak ada akses internet jadi bisa pakai ini utk download aplikasi.

Untungya sampai di lokasi, yang hanya berjalan 30 menit perjalanan motor dari rumah, sudah ada swich router Telkom Speedy, dan juga jarak fingerprint dengan switch tidak sampai 1 meter, jadi cukup pasang 1 kabel LAN 1 meter yang dibawah dari rumah.

tinggal pasang, colok langsung jalan, langsung bisa akses 192.168.1.201 dari firefox, pertama kali yg harus dilakuka adalah mengganti password 123456, bila tidak maka tidak bisa diakses via kabel LAN.

perangkat fingerprint dan modem telah dikirim JNE, telah tiba siap dipasang

perangkat fingerprint dan modem telah dikirim JNE, telah tiba siap dipasang

hanya butuh waktu 2 jam saja untuk instalasi ini, urutannya adalah :

  1. instal XAMPP
  2. ganti password mySQL
  3. instal aplikasi inti
  4. instal sms engine
  5. instal driver modem
  6. setting modem
  7. pasang fingerprint ke dinding
  8. tes pendaftaran sidikjari dan input data siswa
  9. training singkat
  10. selesai

 

 

 

 

 

Updated: Agustus 17, 2016 — 1:21 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme