Monitoring Absensi Guru Sekolah 1 Kota

absensi-fingerprint-multi-cabang

absensi-fingerprint-multi-cabang

Pada tulisan ini membahas bagaimana cara MONITORING ABSENSI GURU SEMUA SEKOLAH DALAM 1 KOTA, pekerjaan ini sangat penting bagi pihak yang berkaitan misalnya Dinas Pendidikan atau Yayasan yang memiliki beberapa sekolah, sekolah2 ini bisa dalam 1 kota atau bisa dari kota lain yang penting terhubung koneksi internet.

Gambaran sistem ini adalah, setiap sekolah di pasang mesin absensi fingerprint dan terhubung ke internet, semua data presensi dikirim otomatis ke 1 server utama yang menampung data semua absensi guru di semua sekolah.Untuk menjalan sistem ini dibutuhkan perangkat berikut ini:

  1. fingerprint reader yang dipasang di tiap sekolah
  2. akses internet yang digunakan untuk mengirim data kehadiran ke server utama
  3. pc komputer untuk jembatan antara fingerprint dan server internet
  4. server untuk penyimpanan data, server ini bisa dengan shared hosting, VPS, atau bila data banyak bisa pakai dedicated server.
  5. untuk softwara ada 2 jenis yaitu :
    1. software klien yg dipasang ditiap pc di sekolah
    2. software server, sebagai software utama utk monitoring
  6. SMS Gateway, sebaiknya menggunakan sms gateway cloud, yang sudah menyediakan API untuk pengiriman sms, contohnya www.smscenter.co.id , utk sms gateway ini tidak wajib

Alur kerjanya sebagai berikut:

  1. setiap masuk sekolah guru tekan sidik jari,data disimpan di mesin sidikjari
  2. Komputer PC yg ada di setiap sekolah yang telah di instal program kecil, melakukan pekerjaan otomatis, yaitu menarik data dari mesin fingerprint lalu kemudian mengirimkan data ke server. PC ini diperlukan karena biasanya internet di sekolah2 tidak menggunakan IP Publik, jadi tidak bisa diakses dari internet jadi harus pihak klien yg pro aktif mengirim data.
  3. server menerima data dan menampilkan data dalam bentuk tabel dan grafik, dan juga berdasarkan sekolah, dll
  4. Pihak sekolah juga bisa mengakses data kehadiran guru lewat internet, tapi hanya terbatas pada guru2 yang terdaftar di sekolahnya, tidak bisa akses data sekolah lain.
  5. server bisa mendeteksi bila ada sekolah yg belum mengirim data, secara otomatis server akan mengirim sms pemberitahuan kepada staf pihak sekolah, staf sekolah segera mengecek PC mungkin lupa dinyalakan atau koneksi internet terputus.

Data presensi dalam bentuk tabel dan grafik bisa di tampilkan sesuai kebutuhan namun yang penting adalah halaman2 ini:

  1. data hari ini
    1. list nama sekolah dan jumlah guru yg hadir dan belum hadir
    2. klik nama sekolah, berisi data guru dan informasi nama2 guru beserta jam hadir hari ini
  2. data rekap, yaitu data rekap bulanan dan matrik hehadiran guru, data ini juga bisa di export ke excel utk pengolahan selanjutnya atau untuk integrasi dengan aplikasi lain.

aplikasi Monitoring Absensi Guru Sekolah kami jual beserta support instalasi dan training di lokasi kota anda. hubungi kami bila berminat. Pada prinsipnya aplikasi ini bisa dipakai juga untuk perusahaan yang mempunyai banyak cabang dan ingin mengintegrasikan sistem presensi karyawan terpusat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme