Aplikasi Polling SMS Capres 2014

pollingsms.com-prabowo-vs-jokowi

pollingsms.com-prabowo-vs-jokowi

Untuk mengetahui pilihan masyarakat mengenai calon presiden 2014 secara transparan dan adil, maka iseng2 saya buat aplikasi POLLING SMS – capres prabowo vs jokowi. Aplikasi ini prinsipnya menerima sms dan memproses sms bila ada kata pertama dalam sms yaitu prabowo,jokowi atau golput. setiap nomor hanya boleh kirim 1 kali dan database hasil polling ditampilkan dalam bentuk grafik di website www.pollingsms.com

Sebelumnya saya ingin membuat polling melalui website saja, jadi tinggal klik, namun saya melihat beberapa kelemahannya yang menjadikan data tidak akurat yaitu polling melalui sms memungkinkan 1 orang kirim suara berkali2. ada 2 cara pemilik website polling untuk menangkalnya yaitu dengan cara :

  • IP address

    1 IP hanya 1 suara, kelemahannya adalah 1 kantor atau 1 kampus hanya bisa kirim 1 suara, padahal ada banyak karyawan atau ada banyak mahasiswa yang ingin kirim namun dibatasi karena 1 jarigan hanya ada 1 IP address, pembatasan menggunakan IP addres juga bisa diakali dengan menggunakan akses internet dial up seperti smartfren dan speedy, IP akan berubah2 setiap modem restart, hal ini memungkinkan 1 orang kirim suara berkali2

  • Cokie atau Session

    pemilik website bisa juga membatasi suara masuk melalui teknik ini, pembatasannya menggunakan session, jadi bila buka browser misalnya firefox maka hanya bisa kirim 1 suara, PC lain di IP address yg sama juga bisa kirim karena berbeda komputer, namun juga ini bisa diakali dengan 1 PC pasang plugin multi session di firefox, jadi tinggal ganti session maka bisa kirim polling berkali2.

Karena itu saya menggunakan perantara sms dengan beberapa kelebihan :

  1. TRANSPARAN

    setiap sms yang mengirim polling akan ditampilkan di website, jadi sistem ini sangat trasparan, tidak ada sms yg disembunyikan, ini berbeda dengan website yg suara siapa saja yang masuk tidak diketahui dari mana.

  2. 1 NOMOR UNTUK 1 SUARA

    1 Nomor HP hanya bisa kirim 1 suara, bila 1 kirim berkali2 maka ditolak dan dapat sms balasan bahwa nomor sudah terdaftar dan tidak bisa kirim bekali2.

  3. PULSA NORMAL

    Kami menggunakan long number, yaitu nomor gsm biasa yang dibeli di counter2 pulsa, pengiriman ke nomor ini biayanya Rp 0 s.d Rp 150, jadi pulsa normal bahkan bisa gratis bagi operator yang kasih program sms gratis

  4. DETEKSI LOKASI PENGIRIM

    Dengan menggunakan database HLR, maka kami bisa mengetahui lokasi dimana kartu pengirim pertama kali diaktifasi, walau tidak 100% akurat karena mungkin saja kartu pedana beli di makassar lalu orangnya pindah ke jakarta, namun saya yakin 95% masyarakat indonesia tidak terlalu banyak pindah dari kampung halaman.

aplikasi ini menggunakan software yang sudah ada dan hanya butuh waktu 1 harian lebih untuk merapikannya,
software aplikasi ini terdiri dari:

  • nixsms-center yang berfungsi menerima dan membalas sms secara otomatis
  • modul polling ,modul ini sudah ada di software sms kampanye
  • modul publish web, modul ini adalah modul terpisah yang bisa di integrasikan di nixsms-center tujuannya adaah untuk mempublish sms yang dipilih, tinggal klik otomatis tampil di halaman website
  • website pollingsms, website ini dimodif dari website SMS POLLING PILGUB KALBAR
  • Untuk desain website menggunakan framework CSS twitter bootstrap, bahasa pemrograman pakai php native (gak pake framework).

Bagi anda yang pernah beli software SMS KAMPANYE modul polling sudah ada dan anda bisa menyeleggarakan poling seperti ini namun data hanya bisa diakses dari PC anda, tidak bisa terpublish seperti website pollingsms.com

Bagi anda yang perah beli software NixSMS-Center bisa ditambahkan modu publish web sehingga ada bisa menampilkan sms yang dipilih untuk tampil di website anda.

Penyeleggaraan website ini bersifat independen dan tidak disponsori dari pihak manapun, tujuan saya adalah untuk mengetahui aspirasi masyarakat dengan cara yang lebih fair. Tujuan program ini adalah untuk mempromosikan CV. POLMATIC MEDIA CITRA yang bergerak dibidang pendampingan pilkada khusus untuk pekerjaan berbasis IT seperti SMS Kampanye, Pemetaan Suara dan Hitung Suara (Exit Poll, Quick Count dan Real Count).

Pengembangan selajutnya :

  1. bisa sms sudah banyak dan cukup merata dari berbagai kota di Indensia maka akan dibuat data dan grafikĀ  per wilayah, propinsi, data dibuat dengan berbagai versi yaitu data total dan data proporsional, yaitu data dibuat dengan sampel yang proporsional, misalnya jakarta yang penduduknya 7 jt ambil sampel 100 orang sedangkan palembang yg penduduknya 1 jt haya diambil 10 sms.
  2. saat ini masih pake 1 modem, bila sms sudah banyak maka mungkin pakai beberapa modem jadi masyarakat bisa kirim sms ke nomor operator yang sama.
  3. dll,nanti mungkin ada ide lain
polling sms capres

gambar software sms kampanye di pc local (tidak bisa diakses publik)

polling sms capres

ini tampilan grafik di software local (tidak tampil di website), data dari local otamatis akan update data polling yg di internet

 

2 Comments

Add a Comment
  1. Pak. saya mau tanya, bisa jelasin pencerahan tentang sms gateway untuk filtering 1 nomor 1 kali polling?

  2. setiap sms cek dulu apakah ada nomor dalam data yg pernah kirim suara, bila pernah maka ditolak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme