Aplikasi Hitung Cepat Pemilu – Online Internet

hitungsuara-pemilu-2014

hitungsuara-pemilu-2014

Aplikasi hitung cepat pemilu 2014 model online internet adalah salah satu cara untuk menghitung suara perolehan suara partai dan caleg dengan cara cepat dan rapi. Seperti artikel sebelumnya di blog www.aswandi.or.id ini ada beberapa cara untuk menghitung suara yang sumber datanya langsung dari tim di setiap TPS, beberapa cara tersebut adalah :
1. manual menggunakan file excel, jadi disini data diterima lewat telpon, sms atau dari lembar C1 yang diketik manual pakai microsoft excel
2. pakai software real count yg terhubung sms gateway, model ini sms diterima oleh komputer dan data suara langsung masuk ke database tanpa perlu input manual, hasilnya dapat langsung di proyektor atau bisa juga di internet.

3. pakai software realcount edisi online internet.

Pada artikel kali ini saya membahas lebih detail pada opsi ketiga yaitu software realcount edisi online internet, gambaran sistem ini adalah software di instal di server hosting anda, input data bisa dilakukan lewat pc, laptop, tablet, dll selama terhubung internet. input data bisa dari mana saja gak musti di satu ruangan. bisa dari beberapa tempat di beberapa kecamatan. Untuk wilayah kabupaten sebaiknya input data dilakukan di setiap kecamatan dan untuk wilayah kota sebaiknya di input di satu tempat saja.

Dengan sistem ini, data suara dapat diakses oleh koordinator kecamatan atau koordinator kelurahan di PPK melalui handphone android atau blackberry untuk cross cek dengan data di PPK. yang penting handphone bisa akses internet, termasuk caleg atau petinggi partai bisa akses data dirumahnya, tentunya yang bisa akses yang mendapatkan password.

Sumber data suara tentunya dari TPS, metode pengiriman data bisa lewat sms secara manual ke nomor hp relawan atau bisa juga dengan mengantarkan lembaran C1 KWK.

Saya coba ambil contoh kasus, misalnya anda ditugaskan partai PAN kota Palembang untuk bertanggungjawab menghitung suara 12 partai dan caleg internal PAN di seluruh kota Palembang, anda diberi batasan hanya menghitung suara DPRD Kota, jadi disini tidak menghitung suara DPR RI dan DPR Provinsi. dan caleg yang dihitung hanya caleg PAN DPR Kota saja, Caleg Partai lain gak dihitung. Partai lain hanya hitung suara totalnya saja.

Karena wilayah ini masih dalam 1 kota yang bisa dijangkau dengan baik motor sekitar 1 jam, maka pusat input data dibuat 1 tempat saja di tengah kota disini kita sebut POSKO PAN KOTA. jadi nanti alur kerjanya:

  1. semua saksi tps melaporkan lembar C1 KWK ke koordinator kelurahan, koordinator kelurahan semua secara cepat memberikan C1 KWK langsung ke POSKO PAN KOTA.
  2. data lembar C1 yang diterima langsung diberikan kepada relawan operator sesuai dengan wiayah kecamatan.

Pertama kali anda harus menghitung data jumlah dapil, kecamatan, kelurahan dan jumlah tps di kota palembang, ini data realnya:

  • jumlah kecamatan = 16
  • jumlah tps = 3394

pembagiannya spt ini:

 

NO KECAMATAN JML
1 01-IB-II 146
2 02-SU-I 363
3 03-SU-II 204
4 04-IB-I 289
5 05-IT-I 172
6 06-IT-II 388
7 07-SUKARAMI 308
8 08 SAKO 189
9 09 KEMUNING 189
10 10 KALIDONI 245
11 11 BUKIT KECIL 101
12 12 GANDUS 136
13 13 KERTAPATI 204
14 14 PLAJU 198
15 15 AAL 179
16 16 SEMABOR 83
3394

dengan data seperti diatas sebaiknya siapkan perangkat dan sdm ini:

  1. beli domain dan hosting dengan kapasitas data 100 Mb, harga domain Rp 100.000 dan harga hosting Rp 150.000 misal ambil 3 bulan jadi total Rp 550.000,-
  2. siapkan 16 orang operator yang bertugas untuk input data, 16 operator ini dimaksudkan adalah 1 orang untuk pegang 1 kecamatan. sebaiknya cari mahasiswa saja dan syaratnya harus punya bawa laptop sendiri, jadi gak perlu pusing sediakan 16 unit komputer. alokasikan untuk 3 hari kerja, jadi siapkan honor misalnya 200 ribu untuk 3 hari kerja x 16 orangĀ  = Rp 3.200.000,-
  3. meja kursi yang bisa menampung 16 orang
  4. akses internet yang telah dishare dengan wifi, saya sarankan gunakan telkom speedy atau di kota besar bisa pakai three yang di sharing menggunakan wifi router agar bisa diakses bersama 16 orang sekaligus.
  5. siapkan 2 orang yang bertugas menerima data suara.
  6. siapkan 16 box kontainer plastik, harganya sekitar 100 ribu perunit untuk menampung lembaran C1

 

Alur kerjanya nanti :

  1. Penerima tamu menyiapkan lembaran tanda terima data C1, dalam lembaran ini sudah ada nama2 kelurahan dan jumlah tps, jadi yang perlu di isi adalah jumlah tps data yang diberikan, jumlah tps yang belum kalo masih ada tps yang belum ada data.
hitungsuara-pemilu-partai-calega

hitungsuara-pemilu-partai-caleg

dengan format seperti ini bisa di lacak mana2 kelurahan yang belum kasih data, dan bila ada yang kasih data namun tps belum lengkap maka bisa segera dihubungi.ini untuk memastikan dari sisi data fisik tidak ada yang kurang.

Data lembar C1 KWK diberikan kepada relawan operator sesuai dengan kecamatan tempat bertugas, apabila ada operator yang menganggur misalnya karena data yang mau di input belum datang, tidak ada salahnya bila berkas yang banyak dibagikan untuk di input.

Kami menyediakan software hitung cepat ini untuk berbagai edisi, ada utk caleg yg hanya hitung 1 dapil saja ada untuk partai untuk semua dapil diwilayahnya, tentang edisi ini klik http://aswandi.or.id/2013/07/02/software-real-count-caleg-pemilu-2014/

Untuk melihat demo online yang sudah jadi silahkan sms atau email, saya akan kirimkan alamat webnya dan passwordnya.

Untuk konsultasi dan informasi harga silahkan hubungi email aswandiweb@gmail.com atau sms/call 0812 7388 0001 atau BBM 75109C2E

Cara transaksi software edisi online ini adalah:

  1. Transfer DP 50% dari harga yang disepakati
  2. kirim data nama2 dapil, nama2 kecamatan, kelurahan dan jumlah tps per kelurahan dan nama2 caleg dan foto2 caleg. ke email saya. contoh format file excel untuk data wilayah download DISINI dan untuk nama2 caleg download DISINI
  3. saya butuh waktu 1-3 hari utk desain software dan database
  4. Silahkan anda order hosting dan domain di perusahaan web hosting yang ada di Indonesia atau luar negeri, setelah itu kirimkan username dan password cpanel hosting anda
  5. saya upload software ke server hosting anda, kemudia saya kirimkan username dan passwordnya, silahkan cek apakah software sudah bisa digunakan, misalnya tes input data.
  6. cara operasional ada dalam panduan, namun tanpa panduan pun tidak masalah karena tinggal klik tinggal input data
  7. setelah software berjalan normal dan telah di tes, pembayaran sisa ditransfer.

jadi disini anda tidak perlu lagi input nama2 kelurahan dan jumlah tps, karena softare didesain sudah ada nama2 wilayah jadi tinggal pake, hal ini mengurasi tingkat human error karena salah input data. Juga juga tidak perlu input nama2 saksi di tiap tps, karena tidak dibutuhkan data saksi, disini

 

hitungsuara-pemilu3

hitungsuara-pemilu3

 

hitungsuara-pemilu4

hitungsuara-pemilu4

hitungsuara-pemilu4

hitungsuara-pemilu4

ok

3 Comments

Add a Comment
  1. Kalau pemilu online Indonesia, kayanya masyarakatnya yang belum siap deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme