Posted on

Saya diminta membuat software Quick Count Untuk Pilkada dan hasil real time juga diminta untuk ditampilkan di TV lokal swasta. Seminggu sebelum hari H pilkada, kami rapat koordinasi dengan pihak TV swasta untuk membahas dan menentukan bentuk komunikasi antara server quick count dengan sistem penyiaran TV. akhirnya kami menyepakati bentuk format dan menggunakan media internet untuk akses data.

Saya siapkan website yang bisa diakses pihak TV, isi website menampilkan data hasil quick count dengan format data yang telah disepakati. saya juga membuat script kecil untuk otomatis update data dari local ke internet. sehingga data di internet sama dengan data di server local quick count.

Pada hari H tidak ada kendala sama sekali, semua berjalan lancar dan banner informasi quick count ditampilkan di TV, sesekali juga ditampilkan tampilan software quick count full screen.

Ada beberapa masukan dari pihak TV terhadap tampilan software saya, yaitu dari sisi tampilan, tampilan kurang menarik dan kurang detail untuk ditampilkan full screen di layar televisi, itu memang saya akui karena selama ini hanya di tampilkan di layar proyektor jadi memang hanya menampilkan grafik dan running teks. Namun masukan tesebut langsung saya respon dengan membuat tampilan baru dan saya tambahkan grafik tren yaitu grafik perkembangan suara per satuan waktu. hasilnya lumayan.

Desain baru ini juga akan saya tampilkan di software real count pada pilkada berikutnya, dan kebetulan 3 hari kedepan setelah pilkada ini ada 2 pilkada yang akan menggunakan software ini yaitu pilkada Kab Purwakarta tgl 15 Desember 2012 dan Pilkada Kota Bekasi tgl 16 Desember 2012.

 

 

 

 

 

 

One Reply to “Integrasi software Quick Count Pilkada dengan Banner atau Running Text TV”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.