Merancang Sistem Perhitungan Real Count Pilgub Jabar

real-count-jabar

aswandi.or.id

Secara tidak sengaja membaca berita di internet, bahwa jumlah TPS di jawa barat ada 76.500 TPS, sejenak saya tertegun dan coba memikirkan jumlah TPS sebanyak itu bagaimana cara menghitung data suara secara real. pada tulisan di blog aswandi.or.id ini saya coba merancang berbagai alternatif metode perhitungan secara real pilgub Jabar.

Metode manual bertingkat
metode ini data dihitung secara manual dengan menggunakan komputer, untuk ini tidak diperlukan sistem real count, cukup buat sendiri pakai spreesheet yg paling umum yaitu MS Excel, perhitungan dimulai dari tingkat kecamatan, lalu rekap diberikan ke tingkat kabupaten, setelah digabung baru setor ketingkat propinsi yg berpusat di kota bandung.

Metode SMS Langsung
Pengiriman bisa dilakukan secara langsung dari setiap TPS atau rekap per kelurahannya saja,bila langsung dari setiap TPS maka untuk menampung data sms dari 76.500 tps, agar sms lancar dialokasikan 1 modem utk setiap 1000 tps, dengan perhitungan pembulatan kabupaten seperti di gambar excel diatas, dibutuh 80 modem, 80 modem ini bisa didapat dengan menggunakan 5 unit modem poll 16 port.

Untuk menjalankan sistem ini dibutuhkan 6 unit PC, 5 pc utk dihubungkan dengan modem poll 16 port dan 1 pc sebagai sentral. jadi ke 5 pc menerima sms, data hasil suara dikirimkan secara otomatis ke pc utama.

Namun apabila perhitungan rekap per kelurahan maka sistem jadi lebih sederhana, jumlah kelurahan/desa ada  5.869 kel. dibulatkan menjadi 6000, maka bisa alokasikan 1 modem utk 500 kel, jadi jumlah modem yang dibutuhkan adalah 12, cukup dengan 1 modem poll 16 port saja.

tulisan diatas hanya pembukaan dan uraian singkat dan sekilas saja mengenai perhitungan real count pilgub jabar,  uraian detail tentu akan dilakukan bila ada tim sukses yang membutuhkan jasa ini, bahkan mungkin nanti ada ide metode lain yang lebih smart, setelah dilakukan pembahasan yang lebih serius.  Informasi lebih jelas bisa hubungi saya – Aswandi – HP 0812 7388 0001

Updated: Februari 3, 2014 — 9:41 am

2 Comments

Add a Comment
  1. apakah perlu ilmu statistik dalam perhitungan ini (sampling etc)?
    ato pke spread sheet saja?

    trims

  2. yg saya tulis di sini adalah real count, bukan quick count, jadi kalo real count semua tps dihitung jadi tidak perlu rumus statistik dll, dan jg tida pakai sample.

    hitungnya bisa pakai spreet sheet utk utk memudahkan dan agar lebih cepat sebaiknya pakai software khusus utk real count

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme