SMS Real Count Pilgub Kalbar 2012

Tanggal 20 September 2012, kembali tim saya mengerjakan real count pilgub kalbar 2012. pilgub kali ini bertepatan dengan pilgub DKI dan karena itu berita pilgub kalbar tenggelam oleh hebohnya pilgub DKI.

real count ini sendiri menggunakan software sms real count dari nixerco technologies, sistem kerjanya software terhubung ke modem gsm, modem gsm ini berfungsi menerima sms dari saksi atau relawan di setiap tps, sms yang masuk akan diproses komputer dan memasukkan data ke database suara, sehingga grafik jumlah suara setiap calon akan naik turun sendiri sesuai dengan isi sms yg masuk.

propinsi kalbar ini ada 14 kabupaten kota, untuk mempercepat penerimaan sms ini saya menggunakan modem poll 16 port, masing2 kabupaten 1 nomor kecuali utk kota pontianak mendapatkan jatah 2 nomor. jadi terpakai 15 port. ada 1 yg tidak dipakai utk cadangan.

bila sms yg dikirim relawan ini sesuai format maka komputer akan bekerja sendiri dan tidak perlu campur tangan manusia utk input data, namun karena tidak semua mengirim sms sesuai format atau ada yg bisa via telepon, maka kami siapkan 14 orang operator yang bertugas untuk melihat sms yang masuk, apabila ada sms yang menggunakan bahasa manusia, tidak sesuai dengan format maka tugas operator input data secara manual. software sendiri sudah dirancang setiap user bisa membaca sms dari 1 kabupaten, sehingga setiap relawan operator bisa fokus memantau sms masuk.

Modem yg saya bawa ada 3 unit :
1. Modem box 8 port utk kirim2 sms ke relawan/tim sukses
2. modem box 16 port utk menerima sms dari 14 kabupaten
3. modem box 16 port khusus utk membalas sms dari modem 16 diatas

 

 

 

Updated: Oktober 23, 2012 — 4:06 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme