Berbagai cara sharing akses internet

Bagi anda yang mempunyai gadget lebih dari satu dan ingin akses internet bersama, ada beberapa alternatif, yang saya maksud gadget ini adalah laptop, hp yang ada wifi nya tablet.

Untuk anda yang langganan akses internet fixed seperti telkom speedy atau firstmedia, sharing internetnya sangat mudah, cukup colokkan kabel LAN dari modem fistmedia atau speedy ke wifi router. harga wifi router ini dipasaran mulai dari Rp 150.000,- langsung colok aja tanpa setting apa2 langsung jadi hotspot. Semoga bermanfaat by Aswandi @bekasi.

Bagi anda yang akses internet pakai modem USB maka anda bisa sharing juga dengan berbagai cara :
1. Membuat hotspot dengan perantara PC/laptop. model seperti ini modem usb dicolok ke komputer lalu dari komputer dipasang kabel LAN untuk ke wifi router. wifi router ini harga mulai 100rb

2. Membuat hotspot tanpa PC, model ini modemĀ  usb langsung di colok ke wifi router khusus, wifi router ini sudah ada colokan usb untuk modem usb. contoh yang saya pakai dan lumayan stabil selama 2 tahun ini adalah wifi router merek TP-LINK TL-MR3220, harganya 280ribu. Modem yang support dan pernah saya coba sendiri adalah :
– Modem Huawei EC 167 – pakai kartu ESIA AHA.
– Modem Smart Connex AC682, lancar dan bagus, tapi kalo pakai Modem Smarfren AC2726i bisa terdeteksi tapi akses menjadi lambat, bagi anda yang mempunyai modem Smarfren AC2726i lebih baik sharing internet melalui pc baru disharing melalui kabel LAN ke router.

3. Membuat hotspot dari hp android, sebenarnya mungkin bisa dari hp OS lain, tapi yang saya tulis berdasarkan penglaman saya saja, hp android yang saya maksud adalah HP Samsung Galaxy Y – harganya Rp 1,2jt, ada fitur wifi tethering yang sekali klik otomatis sharing internet alias jadi hotspot. sumber internet menggunakan internet dari kartu GSM yang dipasang di HP.

3. Membuat hotspot dari Modem mifi, tinggal colokkan kartu gsm/cdma ke modem mifi otomatis jadi hotspot, enaknya mifi ini sudah ada baterai jadi bisa buat hotspot instan di tempat yang tidak ada sumber listrik.

Updated: Juni 6, 2012 — 3:42 am

4 Comments

Add a Comment
  1. 1. Membuat hotspot dengan perantara PC/laptop. model seperti ini modem usb dicolok ke komputer lalu dari komputer dipasang kabel LAN untuk ke wifi router. wifi router ini harga mulai 100rb

    cara bikin step by step nya gimana gan….?

  2. mantap artikelnya sangat membantu..buat kerja lapangan bersama tim.. Thanks Kando hehehe

  3. assalamu’alaikum.saya mau tanya.saya dapet koneksi dari wifi,terus mau saya sebarkan menjadi hotspot tapi tanpa menghdupkan laptop/PC saya.untuk itu perangkat yang bisa digunakan/yg tepat apa ya? mohon pencerahannya.terimkasih

  4. wlkmsalam
    kalo dari wifi terus dibuat hotspot bisa gunakan swich wirelees yg mendukung wireless bridge, jadi selain dia menangkap juga menyebarkan hotspot.

    setau saya d-link MR3420 sudah ada fiturnya namun saya sendiri belum pernah coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme