SMS Real Count Pilkada Kab. Jepara

real count

real count

Tgl 26 Jan 2012 saya bersama rekan Subhan lengkong ke Jepara, dalam rangka pendampingan sistem hitung cepat untuk Pilkada Kabupaten Jepara tanggal 29 Januari 2012. Menurut saya ini pilkada ternyaman dibanding pilkada2 sebelumnya, soalnya kami diberi penginapan di villa deket pantai.

sistem pengiriman suara kali hanya mengadalkan sms dari korcam (koordinator kecamatan), jadi korcam mengumpulkan data dari kordes (koordinator desa), lalu korcam kirim 1 sms untuk 1 desa. metode ini sebenarnya pernah digunakan di Bangka Tengah, disana jam 5 sore suara sudah masuk 99%, namun kali ini sampai malam pun masih ada data yang belum masuk, karena ada beberapa kordes tidak bekerjaa, alasannya uang honor belum diterima.

Hasil perhitungan tidak jauh beda dengan hasil perhitungan cepat manual oleh KPU, namun KPU hanya menghitung sampai 75% data. Menurut Subhan Lengkong KPU tidak boleh mengumumkan pemenang sebelum hasil suara ditetapkan rapat pleno KPU, tapi saya pikir ini boleh saja karena perhitungan cepat KPU tidak sampai 100% TPS. Ide bagus juga.

Pemenang Pilkada kali ini adalah pasangan mabrur nomor urut 1 dari PPP dan PAN, sedangkan Demokrat dapat suara sangat sedikit hanya 3%, ya begitulah partai sedang bermasalah, demokrat hanya menang di level Pemilu itupun karena sosok SBY, PDIP yg berkoalisi dengan PKS juga tidak mampu mengimbangi suara dari Mabrur, Golkar juga keok kali ini, agak unik memang, karena pemenang Pilkada biasanya kalo gak Golkar ya PDIP.

 

pilkada

pilkada

 

 

 

Updated: Februari 7, 2012 — 12:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme