Posted on
sms gateway
sms

Kemaren saya presentasi di salah satu perusahaan lokal, tujuan presentasi adalah untuk memperkenalkan produk sms gateway dari cv nixerco technologies. Kebutuhan perusahaan tsb adalah :

  1. ingin mengirimkan sms tagihan kepada pelanggan secara periodik berdasarkan data pelanggan yang telah di filter, data pelanggan ini ada dalam software perusahaan tersebut.
  2. bentuk sms adalah sms masking, dan data isi sms tidak boleh melalui pihak ke-3, jadi harus langsung ke operator gsm.

untuk kebutuhan pertama, saya menjelaskan bahwa integerasi sms gateway dengan software inti perusahaan bisa dengan 3 cara, tentang ini pernah saya tulis disini integrasi-sms-gateway-dengan-aplikasi-perusahaan

Aplikasi sejenis pernah saya buat untuk Pegadaian, yaitu SMS otomatis reminder tagihan jatuh tempo, infonya klik sini  sms-gateway-untuk-pegadaian

Untuk sms masking, awalnya saya menawarkan sms masking yang ada di nixsms masking, namun karena bos besar dia menginginkan sms masking yang tidak melalui content provider (cP) maka nixsms masking tidak memenhi syarat. sebenarnya pihak perusahaan bisa langsung menyelenggarakan sms masking tanpa melalui cp , ada kelebihan dan kekurangannya.

kelebihannya adalah :

  • data pelanggan lebih aman, data sms langsung ke operator gsm, tidak melalui cp
  • harga relatif lebih murah, karena pembelian bisa langsung ke operator.

namun ada juga kekurangannya yaitu :

  • harus mendaftar ke semua opeator gsm, kalo di Indonesia ada telkomsel, indosat, XL, axis dan three. Pendaftaran ini untuk mendaftarkan SENDER ID, membeli token sms dan mendapat API utk mengirim sms
  • harus buat software lagi untuk integrasi dengan API.

walau tidak jadi menggunakan nixsms masking, perusahaan tersebut meminta saya untuk membuat software pengiriman sms masking yang di install di server mereka dikantor, dan langsung terhubung ke operator gsm.

22 Replies to “SMS Masking Langsung ke Operator tanpa Content Provider”

  1. utk pengiriman ke telkomsel harus ada surat penyataan yg ditandatangani oleh pimpinan perusahaan. ini utk menghindari sms penipuan.
    kalo di XL harus bayar Rp 2jt utk membeli 1 SENDER ID

  2. Pak sy mau tanya, sebelmnya perush tempat sy bekerja sudah ada sms masking. Tapi untuk beberapa operator. 1 operator kita akhirnya punya deal terpisah. dimana dealnya atas nama perush kami. Yg manjadi pertanyaan sy. Klu spt itu bisa atau tidak digabungkan dengan layanan sms masking yg dibuat oleh vendor.
    Menurut vendor kami harus minta api-nya dari si operator untuk bisa buka jalurnya. Tapi sy masih belum mengerti dengan maksudnya… thanks

  3. pak, saya mau nanya. kami sedang ada proyek membuat sms gateway dgn gammu yg terhubung ke server VoIP. sebagai notif otomatis (sms autoreply) ketika ada client baru yg meregistrasi. nah kami ingin menggunakan layanan sms masking. menurut bapak langkah apa yg harus kami lakukan terlebih dahulu?apakah bisa jika kami ingin membuat server sms masking sendiri?atau harus tetap berlangganan sms masking ke operator2 untuk mendapatkan sender ID??terimakasih

  4. utk mendapatkankan sender id bisa ke content provider atau langsung ke operator gsm, nanti dapat API, dengan API itu anda bisa buat sendiri server sms masking. jadi ya tetap harus langganan.

  5. oke terimakasih pak. saya mau nanya lg, klo setelah mendapatkan API, apa bisa langsung terhubung ke server sms gateway yg telah kami buat pak??maaf pak banyak nanya, hehe

  6. setelah dapat API dan username dan passsword tentu langsung bisa terhubung, tapi harus dibuat dulu kode skripnya utk mengirim sms disesuaikan dengan API.

  7. Untuk bapak/ibu UMOFX kami menyediakan jasa sms masking,, biaya registrasi Rp. 1.000.000 untuk all operator, biaya per sms untuk dibawah 1000 sms Rp. 350/sms belum termasuk ppn.
    Syarat:
    Siup/TDP, Akta pendirian, SK Kehakiman, Nama yang akan dijadikan sender.
    Proses utk indosat, tree, axis 1 hari, untk telkomsel dan xl maks 2 minggu
    Terima kasih

  8. Siang mas mau tanya, buat software sms masking pake apa yaa? apa bisa menggunakan gammu? Jika ingin langsung terhubung ke operator, apa kita membayar untuk masing2 providernya?

  9. utk sms masking gak perlu sms engine spt gammu, tapi akses langsung ke server operator, nanti dari operator dapat akses API

  10. Bos, saya soarang agen asuransi, bolehkah saya menggunakan SMS masking untuk promosi?
    Saya hanya punya lisensi aja

  11. benar tu mas burhan, kita kan buat smsgateway dari gammu nah kalau bisa ngirim sesuai nama organisasi kita gimana ya yang datanya terkoneksi ke server hosting.

  12. Mas seputar sms masking tanpa content provider emang bisa, soalnya kata salah satu provider tidak bisa kata provider tempat saya daftarkan, padahal kita sudah daftarkan terus ijin dan syarat sudah dipenuhi, eh katanya harus melalui CP, yang jadi masalah kita kan hanya mau no hp menjadi nama perusahaan, bukan yang lain. kagak peduli berapa angka asal begitu sms masuk ke klien itu bukan nomor tapi nama/ huruf. sebab kejadian saya sama seperti kasus diatas, smsgateway yang kita buat gabung dengan apliaksi perusahaan. Tolong bantu mas, saya menggunakan gammu/modem terinstal di pc kantor dan webbase diserver hosting dan semua berjalan dengan lancar, cepat baik pengiriman dan penerimaan sms.. kalau mas berkenan membantu bisa melalui email mas, untuk sekrip dan setting gammu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *