NIXAPI : API SMS Gateway Provided by NixSMS

Application Programming Interface (API) adalah jembatan komunikasi antar 2 sistem,API dibuat dengan aturan aturan yang ditetapkan dan aplikasi lain yang ingin menggunakan API tersebut harus mengikuti aturan-aturan API.

Dalam hal ini saya berbicara API untuk website atau aplikasi berbasis web, hampir semua website besar mempunyai API sendiri salah satu contohnya adalah facebook, fb membuat API agar developer luar dapat membuat aplikasi dan bisa di integrasikan dengan facebook, dengan mengikuti aturan2 API fb, maka aplikasi dapat menyimpan data2 pengguna facebook, dapat memposting otomatis ke halaman pengguna fb, dsb.

API juga diperlukan untuk keamanan data software, sebagai contoh BCA bisa berkomunikasi dengan ATM, KlikBCA dan m-BCA adalah melalui API, dengan API maka data yang bisa diakses bisa dibatasi, misal hanya utk cek saldo atau transfer. kira2 seperti itu

Saat anda lagi buat software dan ingin ditambahkan fitur misalnya bisa kirim dan terima premium sms (sms 4 digit), maka anda bisa bekerjasama dengan CP (Content Provider), CP akan memberikan API kepada anda dan anda silahkan buat kode program sesuai dengan stadar API tsb.

Saat ini NixSMS juga telah membuat API untuk SMS Gateway, dengan API Ini anda dapat membuat layanan berbasis SMS tanpa harus membangun sendiri SMS Gateway, karena untuk membangun SMS Gateway anda paling tidak menyediakan perangkat PC dan modem gsm standby online 24 jam.

API yang kami gunakan adalah HTTP GET, jadi bisa di integrasikan dengan aplikasi berbasis PHP, ASP, bahkan aplikasi berbasis desktop misalnya dari visual basic, foxpro, java, dll.  URL HTTP ini ditujukan ke domain www.sms-gateway.web.id. Gambaran cara kerjasanya adalah :

  • Software anda mengakses http://sms-gateway.web.id/….?username..?nomorhp….?isisms?..autetifikasi
  • sms-gateway.web.id mengecek username dan password serta sisa saldo sms anda
  • bila benar dan saldo cukup, data nomor hp tujuan dan isi SMS akan disimpan di database
  • sms-gateway.web.id letaknya di server hosting, sedangkan modem gsm untuk mengirim SMS diletakkan di kantor dengan akses internet 24 jam, di kantor terdapat program lagi untuk mengambil data sms untuk diteruskan ke modem gsm.

Ini contoh penggunaan integrasi dengan API :

1. SMS Info
Misalnya di website anda ada formulir, misalnya form order produk, pertanyaan, contact us, dll. Anda dapat menambahkan beberapa 1 atau beberapa baris kode agar otomatis mengirim sms kepada anda.

2. SMS Gratis
Webisite penyedia SMS Gratis yg makin marak, bisa juga dipasang di website anda, anda bisa menambahkan teks iklan di setiap akhir sms, tentunya akan membantu promosi bisnis anda.

3. SaaS (Software as as Servise)
Membangun software berbasis SMS dengan layanan SaaS , ini saya terapkan di software SMART-PRESENSI untuk beberapa bimbel dan sekolah. Jadi Bimbel tidak perlu beli dan install software + sms gateway, cukup membayar biaya bulanan, maka software siap diakses dari internet.

Model seperti ini juga bisa diterapkan bagi pemilik beberapa bimbel, misalnya ada 10 bimbel tentu merepotkan bisa masing2 bimbel diinstall software + modem gsm. solusinya software cukup di install di server web hosting, semua bimbel dapat akses software dan kirim sms dengan username dan password masing2.

NixSMS-Center versi 2.0.19 (12 Feb 2011) sudah terdapat fitur akses NIXAPI klien, demo online bisa diakses di http://nixsms.com/demo/nixsms-center-v2019/

Untuk sisi NIXAPI Server, merupakan modul terpisah dari NixSMS-Center, dan dapat diintegrasikan dengan NixSMS-Center bila anda ingin membangun API SMS Gateway Server sendiri.

contoh API utk kirim sms klik sini http://nixsms-lab.blogspot.com/2011/02/contoh-api-sms-gateway-untuk-kirim-sms.html

Updated: Februari 17, 2011 — 8:13 am

7 Comments

Add a Comment
  1. saya tertarik dengan nixapi bapak, kira2 kalau saya berlangganan dengan nixapi setiap bulannya berapa, apabisa kalau saya kirim kartu cantik juga untuk nixapinya

  2. Masih bingung dengan konsepnya : Jika di localhost maka logikanya handphone -> smslib -> webserver -> database, Jika online penggunaan NixApinya ?? handphone -> smslib (diatur bagian http ???? atau cukup ganti disettingan smslib db1.url=jdbc:mysql://localhost:3306/nixsms_center?autoReconnect=true dengan http ??, trims buat pencerahannya

  3. Ada gak aplikasi sms gateway yang bisa diinstall di hosting?

  4. bisa saja instal di hosting, tapi modemnya diletakkan di server hosting. atau bisa modem diletakkan di kantor / rumah, dan buat kode skrip utk mengambil data sms yg ada di hosting.

  5. mantep nih sayangnya masih belum punya dokunya -,-
    n desainnya dibikin keren lagi mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme