Komputasi Awan

Dulu kita kenal pembagian jenis basis software ada 2 yaitu :

  • software basis desktop, dan
  • software basis web

software basis desktop biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman vb, delphi, c++, java, dll. software ini harus diinstall di setiap PC bila ingin menggunakannya, contohnya microsoft office, ms office ini baru bisa dipakai bila telah diinstall di PC tersebut.

software basis web biasanya dibuat dengan bahasa PHP, ASP, dan JSP, dll. di sebut berbasis web karena tampilannya berupa web dan dijalankan melalui browser. software ini dapat digunakan tanpa harus diinstall di semua PC, software basis web cukup diinstall di salah satu PC misal di suatu kantor, orang lain dapat akses software ini dari browser PC masing2 asal terhubung dengan jaringan LAN.

Teknologi terus berkembang, kini muncul CLOUD COMPUTING atau Komputasi Awan, yaitu layanan baik berupa hardware atau software yang lokasinya bukan dikantor, tapi di data center, data center bisa misalnya perusahaan web hosting.

Salah satu layanan komputasi awan adalah SaaS (Software as a Service), Layanan ini memberikan service berupa akses software kepada kostumer tanpa harus membeli, jadi software hanya di install di server di internet, kostumer gak perlu install apa2, cukup akses internet untuk akses software.

Contoh SaaS skala dunia adalah Google Docs, di google docs ada software yang kira2 sama seperti MS Word, MS Excel, MS Powerpoint. Perbedaannya kalo MS Office harus beli dan install di PC, kalo Google docs gak perlu install, cukup buka browser dan buka alamat https://docs.google.com maka anda sudah bisa ngetik dan ngeprint.

di Indonesia juga sudah mulai bermunculan software developer yang menawarkan SaaS, keuntugan konsumer memilih SaaS adalah :

  • Tidak perlu beli software, cukup bayar layanan per periode misalnya bulanan, sebagai contoh bila software seharga Rp 5 juta, maka dengan SaaS biayana bisa menjadi Rp 200 rb perbulan,  jadi biaya investasi diubah menjadi biaya operasional.
  • Tidak perlu ,menyediakan hardware misalnya PC, Modem GSM, UPS dll
  • Tidak perlu install software
  • Tidak perlu update bisa ada update terbaru.

keuntungan bagi developer adalah :

  • Setiap ada patch atau update software, tidak perlu kirim ke semua klien dan membuat tutorial cara update
  • mendapatkan income setiap bulan, berbeda dengan jual software hanya dapat sekali saja saat penjualan.

Instalasi software untuk SaaS, bisa di :

  • colocation,  PC server milik anda sendiri dan diletakkan di data center misalnya di gedung cyber. tentunya ada mempunyai akses penuh terhadap server anda.
  • dedicated, PC server milik perusahaan web hosting, tapi anda diberikan akses penuh.
  • VPS (Virtual Private Server), PC server milik perusahaan web hosting, namun 1 PC ini dibuat beberapa virtual PC, jadi 1 PC bisa diinstall beberapa sistem operasi, anda diberikan akses penuh ke salah satu OS. jadi disini prosesor, hardisk dan RAM-nya berbagi dengan perngguna lain.
  • Reseller hosting, dengan reseller hosting anda bisa membuat hosting dengan tanpa batas domain, jadi tidak perlu beli hosting setiap ada domain baru.
  • Shared hosting, share hosting ini biasanya hanya bisa untuk 1 domain, atau bila ada fitur addon domain maka bisa ditambah 1-3 domain lagi.

ntar nulisnya sambung lagi

by Aswandi
Bekasi, 5 Feb 11

2 Comments

Add a Comment
  1. Untuk point keuntungan SaaS diatas, masih kurang tajam…alias sama saja dengan keuntungan layanan cloud lainnya seperti IaaS,dan PaaS. Yang membuat SaaS menarik sebenarnya adalah fitur Pay as Use,alias bayar sesuai dengan paket yang digunakan. CMIIW

    Dan untuk keuntungan developer diatas,sama saja dengan kalau anda menjalankan aplikasi berbasiskan Web kan?

    Ujung – ujungnya adalah how Us as developer Sell Our Software?

  2. iya thanks masukannya, memang tulisan diatas lebih ditujukan ke pemula, utk lebih detail teknisnya bisa dilihat di web lain yang khusus membahas cloud secara mendalam.

    benar juga sih, ujung2nya gimana caranya developer bisa menjual softwarenya agar laku, makanya dibuat bermacam2 paket, salah satunya SaaS ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme