Posted on

Anda bisa membuat SMS Gateway yang berada di webhosting baik di IIX (gedung cyber) atau di luar negeri tanpa perlu memasang modem di web hosting tersebut.

Dalam kasus ini saya membicarakan GAMMU yang berjalan mode MYSQL dan aplikasi menggunakan PHP. sedangkan koneksi internet dengan SPeedy Paket GAME dengan speed download 1 MBps / Upload 126 Kbps dan mendapatkan IP Publik dinamis.

Ada banyak macam cara :

1.  Software diinstall di PC anda dirumah/kantor, database juga di PC yang sama, modem GSM juga di PC yang sama, model ini paling simple, syaratnya PC anda terkoneksi internet dan mendapatkan IP Publik, anda tinggal akses IP address PC anda dari manapun berada asal terkoneksi internet.

Namun cara ini sangat lambat, karena anda harus meload kode html.

2. Software di install di webhosting IIX, sedangkan database dan GAMMU dan modem disimpan di PC dirumah, jadi setiap akses aplikasi akan memanggil database mySQL yg ada dirumah, model ini sedikit lebih cepat karena PC anda hanya mengirim kode hasil SQL aja, gak perlu kirim HTML spt cara pertama.

3. Software dan database diinstal di webhosting, sedangkan GAMMU dan modem gsm diisntal di PC dirumah, cara ini akan memberikan kecepatan lebih lagi karena setiap akses aplikasi langsung memanggil kode html dan mysql, sedangkan hubungan GAMMU dirumah hanya koneksi ke database yg ada di webhosting.

Cara ini tidak bisa bila anda menggunkan share webhosting biasa, karena kebanyakan webhosting tidak mengizinkan remote mySQL. caranya gunakan VPS jadi anda bisa mengontrol sendiri previllege MYSQL, namun VPS sedikit lebih mahal.

saya sendiri barusan mencoba dengan VPS server amerika, walau lambat tapi sukses full.

tambahan (12mei10)

untuk cara yang kedua, dimana mysql disimpan dirumah, itu hanya bisa bila menggunakan akses internet dan mendapatkan IP Publik.

saya ambil contoh akses internet speedy, dengan menggunakan modem adsl, maka secara default IP Publik tersebut terdapat pada modem adsl, sedangkan PC anda yang terhubung internet tidak. Jadi bila anda coba2 akses IP anda dari koneksi internet lain maka akan terhubung ke modem ADSL.

agar IP Publik tersebut langung mengakses salah satu PC anda, maka anda harus setting modem adsl tersebut agar bisa meneruskan ke IP PC anda, tentang tutorialnya silahkan cari di internet, dengan demikian apabila anda buka IP anda dari browser maka akan langsung menuju ke PC anda.

Sebenarnya cara ke-2 ini masih lambat, karena setiap mengakses website anda yang berada di hosting IIX, dia akan akses database dulu di PC anda.

Saya mencoba berlangganan hosting VPS IIX, dengan ram 128 dan kapasitas 8Gb, OSnya pake Centos 5 dan untuk GUI administrasi file dan MYSQL saya gunakan webmin, hasilnya jauh lebih cepat, semua skrip php dan mysql disimpan di hosting VPS tersebut, jadi GAMMU di PC dirumah saya arahkan IPnya ke IP VPS, tentunya mysql di VPS telah saya setting agar bisa menerima query selain dari localhost.

untuk SMS Engine, sudah saya coba dan berhasi baik adalah GAMMU, SMSLib dan NowSMS.

15 Replies to “SMS Gateway di Internet dengan GAMMU”

  1. Mas kalo sms gateway menggunakan hp Nokia type 3315 or 3310 bisa gk ya, tp menggunakan laptop..karne sya blm mencoba dgn laptop. kalau d komputer kan bisa..

  2. ingin nih punya sms gateway diserver IIX biar bisa managemen sama temen2 berapa ya mas biayanya sofwarenya?

  3. bagus mas artikel
    tapi saya masi belum paham mas
    gimana caranya ya biar bisa ke hosting
    kemaren nanya ke layanan penyedia hosting, disuruh beli vps
    kan mahal

  4. mungkin ini bisa di jadikan rujukan cara nomor 3
    “http://scienceofit.blogspot.co.id/2012/05/membuat-kirim-sms-gratis-via-web-dengan.html”

  5. Mau tanya dong
    Error 1053: The service did not respond to the start or control request in a timely fashion

    sudah berbagai solusi sy ikuti, masih belum bisa keluar juga.
    saya pake windows 7 64bit.
    gimana mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *