SMS Quick Count Untuk Even Pertamina

CSR_Diabetes_MellitusUntuk memperingati ulang tahun yang ke-52, Pertamina ngadain acara “PERTAMINA PEDULI DIABETES MELLITUS” yaitu pemeriksaan gula gratis dengan target 52.000 orang dalam 520 menit (8 jam lebih). Pertamina bekerjasama dengan perusahaan Even Organizer (EO) untuk menyukseskan acara ini, singkat cerita saya diminta untuk membuat software Quick Count sesuai dengan kebutuhannya.

Pemeriksaan ini dilaksanakan di 83 titik di jakarta, 8 titik di bogor dan 13 titik di bekasi, dan diluar jadebotabek ada beberapa titik lagi namun data yang saya terima adalah tiap Kantor Petamina 1 titik. Setiap titik terdapat koordinator yang salah satu tugasnya adalah mengirim SMS jumlah orang yang diperiksa setiap jam dimulai dari jam 08.00. SMS yang diterima software langsung masuk database dan kemudian ditampilkan di tiga layar diruang acara di Pertamina Pusat Gambir.

Pada hari H, yaitu tanggal 3 desember 2009, peralatan yang dipakai untuk menampilkan quick count tersebut adalah :

  1. 6 unit laptop, masing2 untuk laptop untuk server sms, 3 laptop untuk ditampilkan di 3 layar, 2 laptop untuk operator
  2. 2 unit HP Sony Ericsson K320i untuk menerima dan mengirim SMS
  3. 1 unit Wireless LAN untuk menghubungkan 6 laptop tadi
  4. 3 layar LCD, 1 seukuran layar bioskop dan 2 nya di samping kiri kanan ukurannya 72 inci

Layar LCD didepan digunakan untuk menampilkan total jumlah orang yang diperiksa, LCD sisi kanan menampilkan grafik batang jumlah tiap titik di luar jabodetabek, sedangkan di sisi kiri menampilkan jumlah data per kota di jabodetabek.

selama hari itu sampai jam 16.00 ada 435 SMS masuk yang dikirim oleh 118 titik seluruh Indonesia, dan alhamdulillah acara berjalan lancar tanda ada kendala. pada penutupan acara hadir BOS MURI Jaya Suprana untuk memberikan penghargaan rekor MURI, namun menurut bapak gendut itu berani mengatakan bahwa ini adalah rekor internasional karena dalam waktu 8 jam jumlah yang diperiksa adalah 161.633 orang. data tersebut berasal dari 54.470 dari jabodetabek sisanya dari :

M & T Kalimantan & RU V Bppn
RSP PERTAMINA RANTAU
RU II Dumai
RU III Plaju
RU IV Cilacap
RU VI Balongan
M & T Sumbagut
M & T JBB (Bandung)
M & T Jatim Balinus (Surabaya)
M & T JBT (Semarang)
M & T Sulawesi
M & T Papua Maluku
RSP Sorong
PERTAMINA PUSAT

Hal yang saya kagumi dari even ini adalah selain dari program sosial yang sangat bermanfaat, Pertamina juga mengadakan acara ini dengan sederhana tanpa mengundang artis terkenal sebagai hiburannya, saat EO mengatakan bahwa acara ada musiknya, Bos pertamina langsung memprotes dan memastikan bahwa acara ini tidak boleh terlihat mewah dan mahal, namun ditanggapi OE bahwa yg tampilkan adalah band lokal. baguslah

Foto2 Kegiatan : http://catt-aswandi.blogspot.com/2009/12/foto-even-quick-count-rekor-pemeriksaan.html

Link terkait

Updated: Maret 27, 2015 — 8:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme