HP dan Modem GSM untuk SMS Gateway

Selama saya membuat software berbasis SMS seperti SMS Center, SMS Kampanye, SMS Bimbel, SMS Sekolah,SMS Marketing dan SMS Akademik. berbagai modem GSM dan HP telah saya coba.

Modem GSM Itegno 3000

Modem ini stabil, saya suka modem ini karena tidak butuh power supply luar, power supply-nya ngambil dari USB, dan jg tidak butuh antena luar. namun sayangnya sekarang (sejak thn 2009) sudah tidak diproduksi lagi. penggantinya Modem GSM Itegno 3800

Modem GSM Itegno 3800

Kirain Modem Itegno 3800 lebih baik dari Itegno 3000, tapi kenyataannya sangat bermasalah, dan hal ini jg diamini oleh beberapa developer SMS.

Modem GSM Wavecom Fastrack M1306B

Modem ini bagus dan stabil, namun ribet karena terlalu banyak aksesories, ada power suply, antena, kabel serial. plus serial 2 USB bagi laptop yg gak ada serialnya. Modem ini sudah saya coba dan sukses di NowSMS dan SMSLib. informasi delivery report jg bisa diterima oleh kedua SMS Engine tsb. saya beli modem ini Rp 2,6jt

Siemens C55

HP jadul ini benar2 menjadi legendaris, saya pernah liat server pulsa ternyata HP yg digunakan adalah C55 semua, sampai2 ada banyak toko online dan pribadi di internet yg menjual HP Siemens C55 + Kabel data, saya sendiri pernah beli 2 kali, yg pertama harganya 280rb (sudah termasuk kabel dan ongkos kirim), setelah saya coba tidak berfungsi dengan baik, saya coba beli lagi di tempat yg berbeda (jg di internet) bagus sih, tp terkadang koneksi tidak lancar, terutama apabila kabel tersenggol atau kurang rapat.

HP Sony Ericsson K320i, K550i, dan K800i

Ketiga HP ini untuk kirim dan terima SMS dengan menggunakan NowSMS dan SMSLib, namun sayangnya informasi delivery report tidak ada, jadi kita tidak bisa tau SMS yg dikirim apakah diterima atau tidak. Namun sehari2 saya menggunakan HP ini, karena praktis dan koneksi bisa menggunakan bluetooth. saya lebih suka koneksi lewat gigi biru ini karena lebih stabil ketimbang kabel data, dan jg saya bisa mengetahui apakah koneksi tersambung atau tidak dengan melihat ikon blutut yang berubah, beda bila menggunakan kabel, saya tidak tau apakah HP terkoneksi dengan laptop atau tidak.

Selain itu dengan HP, saya bisa memastikan bila ada SMS yg masuk, bila koneksi dengan SMS Engine benar, maka dalam hitungan detik SMS tsb langsung terhapus otomatis di HP. berbeda bila menggunakan modem GSM saya tidak bisa mengetahui bila ada SMS masuk.

saat pengoperasian software SMS Real Count tanggal 9 april 09 lalu di Palembang, saya menggunakan 1 unit HP SE K550i dan koneksi pake bluetooth, saya liat dalam 1 hari itu HP tsb telah menerima lebih dari 5ribu SMS. tidak ada SMS yg pending yang disebabkan oleh hardware dan software, kalaupun ada yg pending itu karena jaringan operator yg kebetulan lagi padat.

dengan menggunakan HP, maka saya ttp bisa melakukan telponan, dan bila ingin SMS saya gunakan laptop acer 6292 saya yg sudah ada blutut internal.

———-

Saran saya, bila anda membutuhkan informasi status delivery misalnya utk SMS Kampanye dan SMS Marketing (Dengan menggunakan software saya, maka nomor2 yg tidak aktif otomatis akan dihapus dari group dan dipindahkan ke group lain) gunakanlah modem wavecom fastrack 1306 atau supreme 10.

bila sekedar utk SMS center atau SMS utk sekolahan, saya kira cukup dengan SE K320i (harga 2nd-nya 550rb) dan koneksi menggunakan bluetooth aja.

———–

Tambahan (7 mei 09)
Proposal penawaran bisa didownload di http://aswandi.or.id/unduh/surat/surat-penawaran-nixsms-center.doc

19 Comments

Add a Comment
  1. Tambahan
    HP Nokia 3310
    HP ini jg cukup terkenal dalam dunia SMS gateway, namun karena hp dan kabel datanya ini sudah langka dan gak ada lagi di toko hp, maka saya tidak merekomendasikan pake hp ini. walaupun sebenarnya bagus dan ada informasi delivery report-nya.

  2. masa sih, masa sih cukup terkenal, zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  3. wahhhh…crien baget tu,,,,,,

    qta bza dpat dmna?

  4. saya coba sms autorespond pake siemens C45 lancar dan tidak bermasalah, tapi waktu pake wavecom bisa kirim tapi tidak bisa auto respond kenapa yah pak (saya pake windows server 2003, nowsms, php+mysql)????????

  5. Sayo coba gammu, dari 100 SMS yang saya kirim cuman 70 yang terkirim/DeliveryOK.
    Saya pake GSM Modem Huawei E220. Pake Gammu 1.23.
    Ini masalah Gammu atau Modemnya??
    Bagaimana Pak Aswandi??

  6. wis tau pake nokia 5130 t???
    Isa sukses ga???
    btw spesifikasi hp yang gmn untuk sms gateway???

  7. tolong kasi tau spesifikasi hp yg bsa bwat sms gateway.trus apa effect yang akan terjadi setelah hp tu digunain bwat sms gateway.(nb:nokia yang ber SO bisa gak bwat sms gateway)

  8. saya lagi mau bikin ta, SIM di sekolah, punya saran buat TA saya?

  9. utk modem wavecom fastrack supreme anda bisa menghubungi kami sbg distributor resmi, harganya hanya 1,450 juta. tidak perlu seharga 2,6juta terlalu mahal

  10. ass.mau tanya hp esia huawei apakah bisa untuk dibuat sms gateway?klo bisa mhon di berikan pencerahan apa saja perangkat2 yang dibutuhkan….mhon di reply krn ini untuk TA saya pak….terma kasih =)

  11. Nugraha Budikuncahya

    untuk kabel data nokia 3310 bisa dipesen ke saya. ada yang USB ada juga yang serial. tipe lain yang jadul juga ada

  12. mas nugraha bisa pesen ga??harga’y brapaan??cp?

  13. mas kalo hp N70 support ke Gammu ga ya??trus cara setting di gammusrc gimana ya, tq

  14. saya pake SE K800i , untuk mengirim sms gateway dr laptop ke hp sudah bisa, namun untuk menerima sms ke laptop tidak bvisa..apa yang salah ya mas?

  15. saya pake gammu dengan HP SE W200i
    bagaimana mnrut bapak ?

  16. huawei E220 buat SMS Gateway kira2 bermasalah ga?

  17. mau nanya review itegno yg 3900 series gimana ya? karena 3000 sudah lama dan 3800 kurang bagus. thx 🙂

  18. itu dulu, sekarang banyaaaaaak banget ponsel yg mmliki fitur sms receiv dan sender yg penting buat softwarenya alias ngulik/kreatif aza friend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme