Posted on

Tulisan ini saya buat di Palembang pada bulan desember 2008, ceritanya mungkin akan berbeda bila anda berada di kota lain atau pada waktu beberapa bulan setelah tulisan ini dibuat, karena perkembangan teknologi komunikasi berkembang pesat.

Berbagai cara akses internet :

  1. telkomnet@instanakses dari kabel teleponnya telkom. harganya Rp 165/menit (belum ppn), atau Rp 11rb perjam (sudah ppn). bayarnya gabung sama rekening telepon pada bulan berikutnya. jadi bayar yg dipake aja.

    enaknya :

    1. gak butuh registrasi, langsung aja
    2. gak butuh alat macam2, cukup modem yg biasanya sudah ada di
      laptop, kalo pake PC dan belum ada modemnya beli aja paling 70rb
    3. lumayan stabil
      gak enaknya :
    1. harus punya telepon
    2. harga lebih mahal dibanding dengan akses lain.
    3. lambat cuman maksimal 56 kbps
    • Nomor Dial Up : 080989999
    • Username : telkomnet@instan
    • Password : telkom
  2. Setting :

  3. telkomnet@flexiAkses dari HP CDMA Flexi, kalo pake yg prabayar hanya ada 1 pilihan
    akses yaitu paket based yg harganya mahal banget (Rp 5/kb) jangan
    dipake kecuali kepepet, sedangkan yang paska bayar ada 2 pilihan yaitu :

    1. berbasis paket (Rp 3/kb)
    2. berbasis waktu (Rp 200,- permenit)HP yang pernah saya gunakan utk akses internet adalah :
    • Nokia 2280 (sekennya Rp 200rb) pake kabel data DKU5
    • Nokai 3105 (sekennya Rp 300rb) pake kabel data DKU5
    • Nokia 2865 (sekennya Rp 650rb) pake bluetooth
    • Nokia 2865 (sekennya Rp 1,2jb) pake bluetooth
  4. Setting untuk paket based

    • Nomor Dial Up : #777
    • Username : telkomnet@flexi
    • Password : telkom

    Setting untuk time based

    • Nomor Dial Up : #777
    • Username : telkomnet@flexi-time
    • Password : telkom
  5. SpeedySaya gak bisa cerita pada akses Speedy coz tidak langganan, tp saya pernah coba di kantor kawan, lumayan cepat sampai 800 kbps dan pernah donlot Adobe Dreamwever cs4 full 450Mb hanya 3 jam-an.
  6. staroneAkses dengan StarOne (CDMA-nya Indosat) bisa dengan kartu prabayar atau paskabayar. Untuk prabayar cukup beli perdananya saja kemudia aktifkan fitur akses internetnya dengan menghubungi call center 111. biayanya Rp 1/kb utk paket based atau Rp 75/menit utk time-based

    Sedangkan untuk paska bayar cukup daftar di kantor Indosat bawa KTP dan KK, biayanya Rp 100rb/bulan dan dapat jatah 1 Gb per bulan, lewat dari 1 Gb kena biaya Rp 0,3/kb atau Rp 300/Mb.

    pengalaman saya dengan starone ini lumayan stabil, dengan kecepatan maksimal 115 kbps, gak putus2 dan mudah koneknya. namun gak enaknya kalau tidak terkontrol maka tagihan bisa membengkak, pada saat tulisan ini dibuat tagihan bulan in Rp 300rb-an.

    HP yang saya gunakan sama dengan flexi diatas.

  7. Telkomsel FlashAda 2 paket pilihan :
    1. paket basedyaitu berdasarkan besarnya data. saya gunakan ini hanya untuk akses email di PDA saya, saya gunakan PDA i-Mate Jasjam (sama persis dengan Dopot 838, ada fitur HSDPA-nya), ada beberapa pilihan, saya pilih yg Rp 10.000 dapat 30 MB selama sebulan. cukuplah sekedar donlot email selama sebulan.

      settingnya :
      username : (kosong)
      password : (kosong)
      APN : internet

    2. time basedKadang2 saya gunakan pilihan ini utk donlot, kalo cuman sebentar saya pake yg Rp 350/menit kalo sejamnya jadi 20rb mahal, tp kalo bakal pake lama ada pilihan lain, kemaren saya ambil paket yg Rp 100.000,- dapat jatah 24 jam, kalo diitung per jamnya Rp 4.200,- tp jatahnya cuman 12 hari. lumayan cepet waktu itu saya donlot 100 Mb hanya 30 menit. namun sayangnya pada jam ke 12 (artinya masih ada 12 jam lag) telkomsel flash lemot banget dan kadang2 putus, jadi gak saya pake lagi dan hangus deh sisa 12 jam lagi karena sudah lewat 12 hari.

      settingnya :
      username : (kosong)
      password : (kosong)
      APN : flash

    Modemnya harus pake HP yg sudah support 3G keatas atau modem UMTS (maks 1,8 Mbps) atau HSDPA (3,6 Mbps) atau HSUPA (7,2 Mbps), saya sendiri selama ini pake Modem Option Globel Trotter, dulu belinya 1,4jt tp beberapa hari yg lali beli lagi Rp 860rb di PTC. saya jg pernah coba yg PCMCIA beli di jakartanotebook.com Rp 400rb. Modem Option Globel punyaku maksimalnya 1,8 Mbps dan saat saya pake pernah sampai 1,4 Mbps (sangat lumayanlah utk donlot).

    Kadang2 saya ngambil paket time dan paket data dalam waktu yg bersamaan, jadi kalo mau akses internet tinggal ganti APN-nya saja, kalo mau yg time based pilih APN flash dan kalo mau yg paket based pilih APN internet.

  8. IM2 Broom Broom masuk palembang 15 desember 2008, saya langsung beli perdananya Rp 150rb, dapat jatah akses dengan kecepatan 256 kbps dan jatah upload/donlot sampai 2 Gb selama 1 bulan, bila belum satu bulan sudah lewat dari 2 Gb maka masih bisa akses internet dengan kecepatan 64 kbps, jadi bener2 unlimited. kalo mau 256 lagi tunggu aja sampai 1 bulan dan isi ulang pulsa 100rb atau kalau tida mau menunggu sampai 1 bulan bisa jg dengan isi ulang 100rb maka kecepatan jadi 256 kbps lagi dan dapat jatah 2 Gb utk 1 bulan kedepan.

    modem yg saya gunakan yaitu Option Globel Trotter, sama dengan modem yg saya pake pada Telkomsel Flash.setelah menggunakan Broom ini saya memutuskan utk berhenti menggunakan Starone yg biayanya Rp 100rb utk jatah 1 Gb selama 1 bulan.

  9. SMART Operator SMART menggunakan jaringan CMDA 1900, masuk palembang tgl 18 desember 2008, ada paket gratis internet selama 6 bulan, cukup beli HP Haier D1200P di Smart harganya 300rb dapat kartu perdana dg pulsa 10rb dan gratis internet selama 6 bulan 12 Gb yang dibagi 2 Gb setiap bulannya, saya langsung beli dan saat saya coba dengan HP D1200P dan kabel data USBnya, gak bisa jalan di win XP namun bisa jalan di Windows Vista, namun pake kabel kadang error dan kadang2 gak bisa konek, biar praktis saya coba gunakan HP Nokia 2865 pake koneksi bluetooth, nah ini lumayan stabil. walau menurut saya masih lebih stabil pake Starone. kecepatannya maksimal 115 kbps namun pada realitanya kira2 maksimal 80 kbps. tp lumayanlah kan cuman 50rb perbulan. dapat HP lagi.

Rekomendasi:

Bagi anda yg kebutuhan internet harus tetap standby saya sarankan gunakan IM2 Broom, jk belum ada Broom pake Starone. Namun bagi anda yg butuh download bisa ganti ke Flash atau Speedy saat donlot dan gunakan kembali IM2 Broom atau starone utk akses normal. Bagi anda yg duitnya pas2an bisa gunakan Smart aja dengan 300rb sudah bisa akses internet 6 bulan dan dapat HP, namun harus sedikit repot utk koneksi internet (dengan HP bawaannya) dan harus bersabat utk bisa donlot.

semoga bermanfaat

14 Replies to “Perbandingan Akses Internet”

  1. Wah bagus niy, yang gak tau jadi punya gambaran… Kalo saya boleh ikutan nambahin pengalaman pakai Speedy Telkom dan Fastnet

    Speedy, Waktu saya pasang, bayarnya 200ribu/bulan (sekarang udah turun jauh…) speednya lebih kurang 384kbps, cuma gak enaknya dibatasi quota yang cuma 1 giga, jadi terkadang cuma bisa dipakai sampai minggu ke-2 (soalnya sisa quota-nya tinggal 200meg..), selanjutnya kalo udah hampir over quota cuma diliat2 ajah…. daripada nambah bayar….

    Sekarang pakai Fastnet dari Firstmedia, pakai paket unlimited 384kbps cuma bayar 99ribu/bulan atau Rp. 108.900 (+PPN), sangat stabil, kadang mati dalam 1 bulan cuma 1 jam, bahkan kalau segera ditelp dan gangguan gak parah ya bisa langsung On lagi…

    Upload rate s/d 64kbps, kalo downloadnya rata-rata sampai 470kbps. Pakai Fastnet bisa download bergiga-gigadalam 1 Bulan ( biasanya kalau lagi download Repo bisa on terus tuh PC seminggu gak mati2), o yeah saya sekeluarga pakai Ubuntu.

    Cuma satu sayangnya… Tahun 2009 harganya naik jadi 135ribu (blm termasuk PPN)

  2. wagh menarik, terima kasih gambarannya.
    selama ini kalo untuk urasan download dan surfing masih mempercayakan
    dengan koneksi kantor ato hotspotan. di rumah cuman chat dengan IM3
    quota based dan buka web-web yang ada m versionnya 🙂

  3. saya dapat masukan neh tentang berinternet hemat via CDMA,, salah satunya yaitu dengan menggunakan software dari traffic compressor.. serta menggunakan windows washer. tapi belum pernah nyoba tuh,, apa benar ya??

  4. Saya pakai speedy dan lumayan kenceng. Sampai bulan Januari 2009 ini dari jam 20.00 s.d jam 08.00 akses internetnya gratis, jadi kita bisa download sepuasnya dan tetep bayar 200 ribu/bulan.

    Maunya sih pindah ke yang lebih murah, tapi beberapa imilku hanya dapat diakses melalui speedy, jadi susah mau pindah ke “lain hati”.

    Salam

  5. Wah info yang sangat bagus, jadi tau perbedaan antar operator. kalo saya sih pake speedy aja karena memang aktivitasnya hanya di kantor saja. kita di kantor pake speedy unlimited office yang bayarnya 750 rbu. cuman kalo speedy kadang cepat, kadang “lalod” jg, ya namanya aja upto 1 MB. hehehe, tapi selama ini aman2 aja. Untuk informasi di daerah aku di Makassar, kebanyakan menggunakan starone untuk akses internet yang bisa mobile dibandingkan menggunakan flexi, flash dan yang lainnya.

  6. tadi ditelpon telkom, nawarin speedy unlimited paket baru.
    udah sering sih ditelpon buat nawarin speedy, tiap kali ada promo dari speedy, pasti di telpon ke rumah.
    awalnya sptnya mereka liat data pemakian telkomnet@instan yg tempoe doeloe yg cukup lumayan, jauh sebelum ada pilihan yg lain.

    langganan 135rb/bulan (blom ppn), dapat modem gratis, upto 384kbps, terikat 6 bulan.
    setelah 6 bulan, modem jadi hak milik.

    @eshape
    pake email @telkom.net via email client ya ?
    kayanya cuma itu yg hanya bisa diakses pake speedy via email client. kalo pake webmail sih, bisa pake koneksi apapun.

  7. Koneksi Broom cuma stabil selama dua bulan pertama saja. Setelah itu, jaringan koneksi broom mengalami ketidakstabilan sehingga aku malas isi ulang hingga hampir mencapai batas masa tenggang.

  8. Aku saat ini pake smart paketan data 12 gb, Puass banget deh bayangin aj 2gb per bulan. kalo diitung2 datanya aj Rp 3juta lebih belom lagi gratis 12000 sms. Tips kalo internet pake smart sinyal harus full donlod bisa 15kbps. biar bisa full hp tidak boleh terhalang apapun apalagi beton sinyal pasti drop net jd lelet. Aku gantung hp di tralis jendela. Dan nikmati internet yg betul2 gratis Puuuaaaaassss!!!!!!!!x1000

  9. Di update terus boss… datanya dah ketinggalan. Bos blm pernah coba wimode ya… sekali2 dicoba bos. oh ya… skrg flexi dah ada paket flexinet unlimited, lebih murah dr yg lain Rp 2.500/hari… dan soal kecepatan lumayanlah buat browsing2 walau blm stabil…

  10. Semua operator di Indon sgt lambat, ini brdasar pengalaman sy kerj d US. D warnet sana, klik lsg muncul, cpt bgt, wuzzz.. sama cptnya dgn buka windows explorer. ga perlu software video accelerator..tp mahal.. $1 – $2/jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.