Posted on

Selama 5 bulan ini koneksi internet saya menggunakan starone paskabayar, biayanya Rp 100rb dan dapat jatah 1Gb selama 1 bulan, lewat 1 Gb biayanya Rp 300 per Mb, fitur kontrol pemakaian yg sangat buruk dari starone membuat pelanggan tidak bisa mengontrol pemakaian pulsa, karena untuk mengetahui jumlah data interner berjalan hanya dapat diketahui dengan menelpon 111 dan harus menanyakan via operator secara manual.

3 bulan terakhir pemakaian internet saya berturut2 adalah 135rb, 185rb, 400rb. menurut saya rp 400rb sudah sangat mahal maka saya memutuskan untuk berhenti menggunakan starone dan beralih ke telkomsel flash.

awalnya masalah utama saya di telkomsel adalah dirumah saya tidak dapat sinyal UMTS, rumah saya di KM 9 sedangkan informasi dari peta jangkauan HSDPA sinyalnya hanya sampai di KM5 dan di radius KM 12, jadi saya di tengah2nya gak dapat sinyal.

saya menggunakan modem vodafone Option GlobeTrotter Icon, yang support hanya sampai UMTS, jadi kecepatannya maksimal 1,8 Mbps, lumayanlah.

sekedar informasi, tingkatan teknologi GSM :

  • GPRS paling cuman 64 kbps (persisnya gak tau)
  • EDGE
  • UMTS (ini dikenal dg 3G, kecepatan maksimal 1,8 Mbps)
  • HSDPA (ini sudah 3,5 G dan kecepatan maksimal 3,6 Mbps)
  • HSUPA (kecepatan maksimal 7,2 Mbps, modemnya sudah banyak beredar tapi telkomsel masih support sampai HSDPA 3,2 Mbps).

jadi bila anda berada di jaringan HSPDA tapi akses internet menggunakan HP dengan teknologi GPRS maka kecepatannya maksimal 64kbps, kalo ada menggunakan modem HSDPA tapi gak dapat sinyal HSDPA, yg dapat cuman sinyal GPRS maka kecepatan maksimal internet anda juga 64 kbps.

saya sendiri dengan modem vodafone saya, kalo dirumah hanya bisa nangkep sinyal GPRS, saya coba akalin dengan memilih opsi UMTS Only, alhamdulillah dapat sinyal UMTS tapi very low signal, saya coba tinggiin dikit, lumayanlah dapet LOW signal. sebenarnya sudah layak utk digunakan, saya pernah coba dan bisa untuk donlot sampe 512 kbps.

Untuk memperkuat sinyal, saya coba beli antena Yagi 13 db (made in china) di www.TokoJakarta.Com, harganya Rp 450rb. dapet kabel 5meter dan pigtail utk vodafone. karena cuman 5 meter saya beli kabel usb extension 5 meter cuman 65ribu di www.JakartaNotebook.Com,  jadi lumayanlah panjangnya jadi 10 meter. saya pasang di antenanya dengan ketinggian paling 5 meter, alhamdulillah dapat sinyal UMTS very good signal, sahur tadi saya coba donlot file ukuran 450 Mb sukses, kecepatnnya mencapai 900 kbps.

Kalo diitung2, telkomsel flash biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan starone dan speedy. dengan menggunakan kartu halo cukup bayar 125rb per bulan dapat jatah 3 Gb dengan kecepatan maksimum 256 kbps (lewat dari 3 Gb speednya diturunkan menjadi 64 kbps, ini artinya bener2 unlimited, dibandingkan dengan starone, terakhir pemakaian saya 1,8 Gb dan biayanya Rp 410rb.

Namun sayangnya saya belum bisa mendapatkan kartu halo karena KTP saya masih beda dengan alamat sekarang. tp gpp, besok daftar lagi pinjem KTP teman. saat ini saya menggunakan paket promo 300 Mb, cukup ketik flash on 100000, sms saya dibalas ini : Anda akan membeli paket Rp.50000 utk 300MB(berlaku 30hr,disc 50% s/d 31 Oct)Reply dg FLASHYA utk mlanjutkan.Tunggu SMS konfirmasi sblm pemakaian, pulsa dipotong 50rb (diskon 50% dari 100rb) saya dapat jatah 300 Mb selama 1 bulan. lumayanlah sekedar utk browsing dan donlot file2 kecil. dan enaknya gak di kejer waktu karena berbasis paket data. browsingnya jauh lebih cepet dibanding starone, ya iyalah masak ya ya dong, starone 128 kbps dibanding dengan 900 kbps.

sebenarnya ada juga paket unlimited utk simpati/as, biaya nya rp 150ribu (langsung potong pulsa), dapat jatah 3 Gb selama 1 bulan, caranya ketik fun on 150000, tp pas saya coba dapat balasan sms bahwa saat in layanan tsb belum bisa digunakan. ini pesan smsnya : Pelanggan Yth,mohon maaf paket ini belum tersedia krn TELKOMSEL sdg dalam tahap ekspansi jaringan utk memberikan layanan yang lebih berkualitas.Tersedia paket pilihan lain berbasis waktu atau berbasis volume.Info lengkap hubungi 116 atau kunjungi www.telkomsel.com/flash.Terimakasih.

Goodby starone and welcome telkomsel flash.

catt: utk anda yg membaca artikel ini, isi komentar ya. tq

Palembang, 23 sept 08

Aswandi

46 Replies to “Akses internet dengan menggunakan telkomsel flash dengan antena Yagi khusus HSDPA”

  1. Ass. Kak wandi p kbr? Snang knalan smo ka’. Sblumny aq knal nmo ka’ dr k’ hardi. Kbtulan toko ka’ hardi d PGRI ex punyo aq, jg si irwan prnah nak jual hp aq smo ka’ (9300). Prnah sharing sm ka’ hardi ttg quick count pas nak pilkda ME.Kmren ad niat nak k t4 ka’ wandi tp wkt tu ka’ kcapekan abis munas d novotel. Akhir kata tlg ka’ ksih aq lokak?
    Met mjlankan psa smg amal ibdh kta dtrima Alloh swt.

  2. Bang, saya juga memiliki pengalaman persis seperti ini. Nah masalah nya saya pake modem Huawei E220 bundled Telkomsel. Cara ngeset pigtail nya gimana tros beli pig tail di mana ya?? Mohon pencerahan…Terima kasih.

  3. Asslamualaikum wr wb
    Ka’ numpang tnya lg.
    Aq intrnetan mkek nokia 6120c hsdpa. Aq sring mkeknyo d daerah knten laut plmbg & klu d dsun d daerah cambai prbmulih. Untuk d dsun, kalu makek antena yagi kiro2 kekuatan signalnyo samo dk dgn d kwasan HSDPA palmbg?

  4. eh, kamu u promo telkomsell y, tp tak apa koq smoga u termasuk org2 yang kasih info objectif. btw, kpn y ada yg lbh mrh lg

  5. …Bos,
    di jakarta ada indosat 3G kecepatan donload sudah HSUPA, biayannya cuma 100 ribu per bulan (paska bayar)…ada lagi yg lebih murah? bandingin tarifnya head to head dong Bos….

    sudah dapat internet cepat masih cekak informasi !!! gimana sih??

    antena yagi kayak gitu kagak praktis bos, btw, anda tahu ilmu antenna ndak sih?

    lha wong lebar pita dari operator buat 3G cuma 5 megahertz per operator, bandingin sama di jepang, NTT mainnya di 20 Mega hertz, jadi kasih ke planggan bisa clear 1:1 bener-bener 7,2 mbps bahkan bisa 334 mbps !!!!

  6. jawaban buat koko
    saat tulisan ini saya dibuat, dipalembang belum ada 3g nya indosat.
    antena emang gak sepraktis dengan tanpa antena, ada solusi?

    saya gak begitu ngerti ilmu antena, yang penting saat saya coba berhasil mendapatkan sinyal yang kuat.

  7. Salam kenal..
    Bos, nak nanyo….
    menurut pendapat Bos, kalo kito nak internetan di Palembang dan sekitarnya dengan menggunoke HP…kiro-kiro hp apo yang murah meriah, yang pacak internetan dengan kecepatan tinggi (HSDPA apo namonyo….?? dak tau jugo)) ado rekomendasi dak Bos..??? sebab aku ni nak meli HP yang pacak maitu,, tapi dak ngerti dan takut tebudi…??
    Mokasih Bos….

  8. Salam Sejahtera,..

    Saya cuma mau tanya mas: Bagaimana caranya setting akses internet di PC saya menggunakan modem Nokia 5300 menggunakan kartu GSM simPATI. Mohon penjelasannya, Thx… God Bless..

    Salam
    Butros Cohen

  9. @butros cohen
    klo pake hape nokia + krtu simpati caranya mudah kok.. Tinggal install nokia pcsuite, pilih menu connect to internet trus dr situ yg perlu diisi cm access pointnya aj, isi dengan internet atau telkomsel.

    Klo ud daftar flash bs pake access point flash..

    Mdh2an mmbantu..

  10. aku sihh Lahh 6 bulanan pake speedy..

    donlot’y cepeeett bRO.. 100MBps..

    byar’y jg dag terlalu mahaL..

    aku pake paket yg time based, 200rb+ppn 10% jadi 220rb untuk 50jam, kalu lebih pemakaian bayar 1500/jam (lumayan lah, daripada ke warnet, nag keluar ongkos pLO..)

    –> nahh bikos aku mahasiswa jadi di disc mo telkom (waktu itu aku daftar’y di telkom merdeka), dapet disc 40% (beuhh..lebih dri lumayan tuhh kann XD..)

    jadi aku cuman wajib byar 132rb untuk 50jam..pleng mhL aku pke speedy 175rb/bln..

  11. nahh..sekedar inFo pLO…

    telkom sekarang sudah ngeLuarin yg namonyo “Speedy Prepaid”

    hargo cuman 55rb untuk 35jam… ajiiibbbbbb kann…

    berupa voucher (cag voucher isi ulang pulsa nahh..) geg digosok pke koin, ado username+password..yg bakaL dipke untuk i-net ria…

    soO..kto bso i-net dmno bae asal ado kompi..

    ato pke laptop, seandainyo area tempat kto hangout miskin hotspot, kto teteup bs bertamasya ke dunia maya *jjhaaahahaaha…

  12. to butros cohen –> kalo pake modem hape kerjo kompi jadi LoLa (Loading Lama..), ngapo dag langsung be i-net via hape 5300 tuhh..java kann..edge’y sdh ed 10 (seinget akoohh sehh :)), pake simpati rada mahaL yeeiiyyy…soO kLo nag puas i-net + murah, pake im3 bae, seharian i-net cuman metu puLsa 1000 XD
    kalu nag murah agi pKe 3, cuman 10rb/bln..

    to yg poenya blog –> ado dag software hp ato pc untuk melacak keberadaan nomor hape –> software serius yo..bukan untuk maen2an..

    kalu ado, biso hub aku via email mizz_uchiha@yahoo.com, geg kto diskusi’ke soal biaya’y berapo……

    untuk yg baco postingan aku ni jugo..kalo ado info seputar software tu, kabari aku yo..

  13. salut buat anda (AWANDI) yang putar otak demi dapat signal.
    buat orang jakarta (KOKO) yang tidak pernah tau situasi dan kondisi pulau (selain Jawa) di indonesia, spy lebih sopan menyampaikan sanggahan.
    INGAT, indosat sampai sejauh mana jangkauan M2 nya?
    bandingkan sendiri dg TELKOMSEL yang sampai pelosok Tanah air.
    saya tdk promosi Telkomsel, hanya saja kwalitas emg uda teruji. Koneksi FLASH d buntok – Kalteng mantap, yang laen ???

  14. Membaca ulasan dari bang aswan, aku jadi takut juga. Karena saya sebagai pemula yang mengunakan starone paskabayar (350MB=Rp.49.000,-) takut kelebihan muatan. Sekedar informasi di tempat saya (tabanan bali) kecepatan yang kebaca 230,4Kbps.

  15. Aku pake IM2 Broom Unlimited prabayar, modem Option Globe Troter PCMIA di Sleman Utara cuma dapat GPRS. Pernah kucoba di kota jogja dapat UMTS. Sebaiknya pake antena apa ya, bagiku dapat EDGE pun cukup karena speednya IM2 up to 256 kbps.

  16. saya binggung nih, masing masing operator ada kelebihan dan kekuranggannya, tapi yang pasti saat ini saya pakai kartu smart yang di bundle dgn hp nya seharga Rp. 120 ribu udah dapat pulsa senilai Rp. 100 ribu, hp nya tak jual lagi dengan harga Rp. 70 ribu dengan kata lain dengan Rp. 50 ribu dapat internet sebanyak +/- 350 MByte atau sebanding dengan starone paket internet yang 350 Mbyte sedangkan kecepatan real dengan opera versi 7.6 didapat rata rata 15 KByte/second cukup cepat buat saya di medan walaupun hanya dengan CDMA. buat rekan share ya dengan saya cara buat antena tambahan agar signal jadi excellence. Thanks.

  17. Salud buat mas wandi demi dapat sinyal bagus. Memang sulit mendapatkan sinyal HSDP ditempat sy aja dibawah tower telkomsel hanya dapat GPRS 115 Kbps. untuk HSDP 15 km kira-kira nyampai tidak dengan antena YAGI tersebut dan gimana nyambungya dg modem SU 8300 telkomsel flash. trim.

  18. Iya bang saya juga pake modem Vodafone kalo dirumah Jl. Demang Raya sinyalnya HSDPA (luar biasa) sekali. tapi udah mulai bulan Januari Sinyal Telkomsel lagi Putus-nyambung terus. sambung 30 detik lalu putus. jadi agak masalah. Tapi tgl 09 – 12 januari 2009 ini sinyal bagus terus…

  19. tanya donk mas,
    saya sudah berlangganan telkomsel flash, dan disini saya menggunakan 3G Modem Wireless / USB / Option Vodafone K3760 HSUPA USB Stick (Black), tapi di rumah saya hanya dapat sinyal GPRS, terus terang saya tertarik untuk mencoba seperti yang mas lakukan agar saya bisa mendapatkan sinyal 3G/UMTS, kira2 bisa nggak yah mas saya menambahkan antena Yagi tersebut untuk modem yg saya gunakan? klo bisa, bagaimana cara memasangnya yah mas? please… share donk!

  20. Ngasih tau dikit nich ke temen-temen. Yang namanya 3G tidak semua daerah ada bos. Provider kan ngitung juga untung ruginya kalau di pasang 3G di suatu daerah. Jadi nggak semua tempat / daerah ada signal 3G nya. Seperti tempat aku tggl sekarang Duri Riau. Signal 3G udah ada padahal daerahku masih berupa kecamatan. Tetapi ada perusahaan minyak yang memakai akses GPS untuk unit mereka dlm hal ini untuk mamantau kecepatan kendaraan yang di pasangi GPS tsb. Karena menguntungkan menurut provider / operator seluler dipasanglah 3G di area tsb.Tapi kalau GPRS mungkin seluruh BTS di Indonesia udah ada.Jadi tanyakan dulu pada operator yang bersangkutan,apakah daerah tuan-tuan udah ada 3G nya blm ( gicu to ).Jadi kalau beli hand phone yg uda pakai 3G jangan terus senang bisa kencang internetan,bisa aja daerah dimana tuan-tuan tggl belum ada signal 3G nya…Ok
    makasih bos atas waktunya…

  21. Di tempat saya lumayan padet rumah, dan posisinya berada paling jauh dari BTS2 sekitar.. jadinya dapet sinyalnya paling lemah dari BTS manapun…
    Kalo modem-nya ditaruh deket jendela, sinyal Telkomsel 3G-nya paling banter -90 dB… Setelah nyoba pake antena yagi (tanpa wajan) dan diarahkan ke BTS dengan LOS 2 km-an… bisa jadi -71dB… (setara 5 bar) not bad at all laah…

    Klo mo lihat daerah cakupan, coba ke :
    ‘indosatM2
    http://www.indosatm2.com/maps/

    ‘XL
    http://www.nyambungterus.com/coverage-area/internet

    ‘telkomsel
    http://telkomsel.com/web/tselflash/images/
    http://telkomsel.com/web/tselflash/images/jakartaall.html

  22. mba diana,saya dian,saya juga pake K3760,pake telkomflash juga,tapi connect ajah ga bisa,saya ga ngerti settingnya,
    mau ke grapari,belom sempet karna kerja,jadi mohon bantuannya, gimana sie caranya, cara masukin APN,username,password,dial number, saya gaptek banget,

    bisa mohon tolong email saya di
    dheeyan_vanilla70@yahoo.com
    mohon banget
    thanx

  23. Saat ini saya menggunakan telkomsel flash, sebelumnya pake speedy jebol terus sampe 500 rb tagihan makanya beralih ke telkomsel flash. Dengan menggunakan modem Sierra 885, di tempat saya (Sampang-Madura) dapat sinyal HSDPA 1-2 bar dilihat dari Connection Manager punya Sierra. Speed rata-rata antara 250-290 kb/s, saya masih mempertimbangkan apakah perlu pake tambahan antenna external. Saya ingin tahu bagaimana cara kita mengetahui coverage BTS di sekitar tempat saya, maksudnya di mana sih posisi BTS yang 3G, HSDPA atau GPRS. Adakah software atau tools yang bisa mengecek cakupan BTS tadi? Agar saya bisa mempertimbangkan apakah perlu beli ext. antena atau tidak.

  24. sekedar komen untuk mbak dian, setting telkomsel flash tidak susah koq.

    Dial number : *99#
    APN : internet atau telkomsel (pilih salah satu)
    username : dikosongkan
    password : dikosongkan

  25. lalu, bagaimana cara setting wireless modem Sierra 885 menggunakan kartu Simpati; sdh bbrp. kali saya coba, error melulu.. mohon donk bantuannya; bisa japri ke: anisa3yan@telkom.net
    Haturnuhun pisan akang dan teteh.. 🙂

  26. kak, nak nanyo dimana daet info seputar bts-bts telkomsel di palembang? Aq tinggal di lemabang, sinyal cm dapat 2 bar (-95 dbm). Mau beli antenna tai masih ragu…
    tolong pencerahannya….

  27. Yang jelas Tsel Flash is shit! Gak da peningkatan selama saya menggunakan hampir setahun.. Saya pengguna Flash Unlimited dan Sinyal 3G dapat di tangkap dengan baik.. Tapi ya itu, speed koneski nya buruk sekali.. Sekarang aja untuk unduh hanya dapat mencapai speed maksimal 5 kbps.. Apa an tuh.. Operator tukang tipu!

  28. Skarang buat internet..paling murah pake starone…unlimited 1 bulan cuma 45 ribu..emang agak lambat tapi lumayan buat browsing..and download kecil2an..caranya..ketik INTERNET spasi BLN kirim 7825..emang pake flash cepet..tpi ga sebanding ama harga and kuota nya..and kendala sinyal…starone perdana murah..sesama indosat telpon & sms murah..kurang apa lg

  29. Mas wandi saya mau tanya kemaren saya beli meodem vodafone k3760 dengan nomor perdana jakarta pertanyaan: sampai sekarang saya belum berhasil conecting sudah saya coba berulangkali tapi nihil, permohona pada mas wandi tolong gimana cara instal, conecting biar modem saya dapat dipakai, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  30. kak aq d daerah perumahan telkom lemabang…palembang….aq pake modem vodavone k3565…bs sich conect tp sinyalnya ilang2…g bs browsing… gmn ya kak supaya sinyalnya kuat…thx kak !!!!

  31. Mas,,,saya pake vodafone k3760 trus sinyal yang saya dpt EDGE biasalah didlm kmr jd susah dpt sinyal bgs,,, yang saya mo tanya gmn caranya dptin siyal HSPDA tanpa harus memindahkan Komp. ke ruang yang terbuka….

  32. coba pake kabel usb extention 5 meter. atau kalo masih kurang kuat bisa ditambahkan antena yagi atau antena kaleng khusus utk modem hsdpa

  33. ka aku mau tny …
    aku mau bkin warnet d tmpt ku
    tpi kyk nya untuk jaringan hsdpa mci kgak ada soalnya aku coba cari tpi yg dpt cm jaringan edge bgus kak mpe 94kbps pke kartu tree …???
    pa mngkin klo pke antena bs masuk jaringan hsdpa ??
    tlg jwaban nya kakaku tunggu makaci

  34. Hahahahaha betulan itu boss download sampai 900kbps, nggak usah tipu2 lah mana ada di INDONESIA kecepatan segitu dengan biaya cuma 100ribu/bulam… hahahaha paling nggak 50juta tu baru bisa dapet kecepatan segitu.. Lho selesnya telkomsel ya?? hahaha pa lg di kalimantan tu ngaku2 bagus juga. disini ja telkomsel jaringannya internet flash busuk masak buat download cuma 10kbps tu pun mending klo stabil tapi request time out teruuuuuusssssssssssssss… BUSYIT lho kata gitu. Mulut tukang tipu tu ketauan!!!

  35. itu betulan downloadnya speed 900 kbps, waktu itu saya menggunakan paket telkomsel flash time based yg harganya Rp 350,- permenit. masalah kecepatan tergantung lokasi, benar kata orang lokasi menentukan prestasi. ini artikel saya utk 2 tahun 9 bulan yg lalu, jelas sekarang sudah lama tdk pakai telkomsel lagi. thanks sudah mampir ke blog ku.

  36. Saya ingin mengomentari. Saya baru baca blog ini, dan salut dengan admin yang tidak marah walau dikata katain orang.

    banyak provider yang bisa menawarkan kecepatan download hingga 900kbps. (kbps bukan kBps) termasuk telkomsel. Saya pakai telkomsel (paket 225rb) dan tri yang dtempat kerja saya bisa sampai 3.5mbps (sekitar 400an kBps) tapi dirumah mentok di 2mbps.

    Memang akhir akhir ini koneksi ke kedua provider itu ditempat saya memburuk, tetapi kalau cuma 900kbps, saya selalu dapat.

    Jadi betul kata admin, kecepatan tergantung lokasi kita terhadap bts dan berapa banyak orang yang akses di bts yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.