Keamanan Data Sistem Informasi Akademik

Banyak rekan yg selalu bertanya apakah sistem informasi akademik aman dari gangguan tangan jahil, misalnya gimana kalo ada mahasiswa yang menyewa hacker untuk membobol sistem dan mengubah database nilai.

ini jawaban saya :

  • Sistem Informasi Akademik TIDAK BOLEH bisa diakses dari internet, secanggih apapin sistem kalo sudah bisa diakses di internet suatu saat pasti bisa dibobol.
  • Bila ingin menampilkan database spt data nilai di internet, tampilkan data sekunder aja yg hanya bisa view, jadi walau data tsb di hack dan diubah datanya, data asli masih ada di server lokal.
  • Saya tidak menyarankan penggunaan Wireless LAN untuk menghubungkan komputer tiap fakultas ke server database akademik, karena se-secure apapun WLan-nya, masih bisa dibobol. jadi saya sarankan tetap menggunakan kabel, jadi gak bisa akses ke sistem bila gak colokin kabel LAN.

Cara update data di database sekunder di server hosting bisa dengan cara :

  • Cara manual periodik, misalnya setiap bulan data yg ada di server di ekport kemudian filenya dikirim ke internet untuk update data yg ada di internet.
  • Dengan menggunakan NuSoap (Web Service) jadi begitu update data di server lokal maka server jg update data yg ada di internet.
Updated: Juli 21, 2008 — 2:46 am

2 Comments

Add a Comment
  1. masukan yang berharga thanks…keamanan merupakan isu yang paling hangat di bidang sistem informasi. Keamanan harus menjadi prioritas utama….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aswandi Blog © 2015 Frontier Theme