Posted on

Seorang klien meminta saya untuk buatin software sistem informasi inventory dan keuangan, dia mempunyai 3 toko yg berbeda lokasi. dia ingin mengetahui laporan dana yg masuk hari ini dan persediaan barang. jadi ketiga toko tsb tersambung ke internet dan si bos ingin liat liat laporannya di internet.

maka saya menawarkan solusi dengan menggunakan SMS aja. jadi ketiga komputer di toko tsb dicolokin  hp, trus 2 toko diantaranya mengirim sms data penjualan ke toko utama misalnya rutin per jam, toko utama td otomatis menerima sms dari 2 toko tadi dan memasukkan dalam database, trus pada waktu yg ditentukan toko utama mengirim report ke nomor HP si bos via SMS.

tentunya konsep ini lebih hemat, karena tidak dibutuhkan akses internet, dan si bos tidak perlu buka internet untuk mengetaui laporan penjualan, tinggal kirim sms aja kapanpun atau tunggu pada jam yg ditentukan, karena toko utama akan mengirim sms secara periodik.

Ini adalah salah satu contoh aja, dengan menggunakan teknologi yg sudah ada dan memasyarakat seperti jaringan GSM, dan biaya sms makin murah. maka kita dapat memanfaatkannya untuk pengiriman data yg ukurannya kecil.ketimbang harus membangun perangkat komunikasi sendiri seperti wireless LAN dll yg biayanya tidak sedikit.

untuk masalah keamanan data, sms dapat dienkripsi, nanti saat diterima di dekripsi lagi oleh software, dengan di enkripsi maka data sms tidak dapat dibaca atau diubah oleh orang lain yg coba menyadap sms.

8 Replies to “Pengiriman data antar software Server Client lewat SMS”

  1. bagus nih pak. kira2 apa aja yg diperlukan serta brp estimasi biaya membuat perangkat spt 3 toko td.?

  2. pak saat ini saya sedang mengerjakan TA sistem pendaftaran dan penjadwalan klinik spesialis berbasis sms gateway, software ato tools apa aja yang dibutuhkan untuk membangun itu…tolong ya pak….kalo ada referensi linknya juga pak….email saya angga_guh@yahoo.com

  3. bisa aja, asal modem dipasang di PC di rumah dan PC tsb online 24jam
    jadi setiap ada yg kirim sms di internet, data tsb akan ditarik di PC lokal utk dikirim ke modem, sebaliknya sms yg masuk di PC lokal akan dikirim ke internet untuk ditampilkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.