Posted on

Istilah dalam ketentuan ini harus disepakati oleh pemodal dan pengelola, atau bahkan bila perlu dilampirkan dalam surat perjanjian.

1. Pengertian2

a. Pemodal adalah seseorang atau beberapa orang atau lembaga yang berkewajiban memberikan modal kepada pengelola. Pemodal merupakan pemilik perusahaan. Pemodal mendapatkan bagi hasil sebesar 40% dari laba bersih.

b. Pengelola adalah seseorang atau beberapa orang yang berkewajiban mengelola usaha ini. Pengelola berhak mendapatkan bagi hasil 60% dari laba bersih. Tugas pengelola adalah melaksanakan pekerjaan manajerial.

c. Karyawan adalah seseorang atau beberapa orang yang berkewajiban melaksanakan pekerjaan teknis. Karyawan berhak mendapatkan gaji tetap perbulan.

d. Free Lancer adalah orang yang direkrut untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Freelancer dibayar berdasarkan prosentase dari pendapatan atas pekerjaannya.

e. OutSourcing adalah pelimpahan pekerjaan kepada pihak ketiga.

f. Laba bersih adalah omzet setelah dikurangi dengan biaya operasional, biaya defisit dan angsuran sewa ruko.

g. Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk operasional perusahaan rutin, antara lain :

· Gaji karyawan

· Rekening PAM, PLN. Telepon, akses internet, iuran rutin

· Biaya service segala peralatan yang rusak

· Operasional administrasi

· Biaya promosi

· Dan semua biaya lain untuk kepentingan perusahaan selain biaya defisit, angsuran sewa ruko, dan pembelian alat.

h. Defisit adalah nilai barang yang berkurang dalam waktu tertentu, biasanya disebut dengan penyusutan

i. Biaya defisit adalah dana yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk mengganti nilai barang yang berkurang.

j. Apabila ada kerusakan aset maka diperlukan biaya untuk memperbaikinya yang terdiri dari :

· Biaya spare part yaitu biaya pembelian alat baru, biaya ini diambil dari dana defisit

· Biaya service yaitu biaya jasa perbaikan, biaya ini diambil dari dana pendapatkan kotor pada bulan berjalan dan dalam laporan keuangan masuk sebagai biaya operasional

k. Pekerjaan dibagi menjadi 2 macam :

· Pekerjaan manajerial yaitu pekerjaan membuat rancangan strategi perusahaan dan mengatur pekerjaan karyawan.

· Pekerjaan teknis yaitu pekerjaan yang melaksanakan pekerjaan teknis rutin.

Ketentuan khusus :

  1. Dalam melaksanakan pekerjaan rutin usaha, pengelola berhak mengambil 2 orang karyawan yang digaji perbulan, 1 orang diambil pada saat mulai pendirian perusahaan dan 1 orang lagi setelah 2 bulan berjalan.
  2. Apabila pengelola harus mengerjakan pekerjaan yang bersifat teknis selain dari usaha rental internet, maka pengelola berhak mendapatkan bagi hasil langsung dari pekerjaan tsb, misalnya sebagai trainer, pembuatan software, dan service komputer.

Keterangan :

Semua aset perusahaan ini adalah milik pemodal, dan nilai aset pada saat didirikan harus diusahakan sama nilainya dengan nilai aset setiap bulannya atau setiap tahunnya dengan asumsi tidak ada penambahan modal.

Misalnya aset perusahaan saat pertama kali didirikan berjumlah Rp 100juta, maka pada bulan ke-12 aset perusahaan juga tetap harus 100 juta dengan asumsi tidak ada penambahan modal.

Bila ada 1 set komputer yang nilai awalnya Rp 2 juta, maka pada pada bulan ke-12 nilai komputer tidak mungkin tetap Rp 2 juta, maka diperlukan biaya penyusutan atau defisit untuk mengganti nilai komputer yang berkurang yang diambil dari pendapatan kotor setiap bulannya sebesar 2,5% dari harga barang. Biaya defisit ini tetap dikelola oleh pengelola.

22 Replies to “Ketentuan Umum Usaha Warnet (dan usaha lain pada umumnya)”

  1. Kalo boleh saya minta dikirim proposal u/ warnet. saya pengen lihat prakiraan pendapatannya.

    Kalo mo buka warnet bagusnya (untuk pasar?) pake windows apa linux ya?

    Thx.

  2. mas tolong dong saya minta di kirimin contoh proposal pembuatan warnet selengkapnya.
    soalnya saya lagi memerlkuina banget nih.
    untuk sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  3. mas.. apakah ketentuan umum usaha warnet diatas merupakan draft point Surat perjanjian kera sama, 🙁 sbgaman dalam proposal pada http://geocities.com/nixerco
    ato kalo bisa share lagi mas, contoh surat perjanjiannya 🙂
    makasih utk pembuka pikirannya.

  4. ass mas aswandi
    nama saya yudi baru lulus elektro unsri saya udah capek menganggur mas jadi saya mau nanya dikit sama mas
    rencana saya mau buka warnet di indralaya jadi saya minta pertimbangan sama mas trus kalo saya boleh tau Rab nya. lebih dan kurang saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya .
    oya tolong kirim ke email ya mas.

    best regards

    wahyudi
    phone : 081367733575

  5. salam sejahtera, mas saya butuh info ttg usaha wrnt. proposalnya bisa saya lihat mas? tolong dikirim ke email saya. terima kasih mas Aswadi. Sukses selalu!!

  6. salam, mnurut mas aswandi prospek warnet basis linux untuk saat ini gmana? saya ada rencana buka usaha wrnt dikota saya yogyakarta. saat ini saya bingung memilih linux ato windows. trima kasih banyak mas atas jawaban n sarannya. smoga sukses bt mas aswandi. jhohanes_and@yahoo.co.id

  7. pengalaman di warnet LaaTahzan kemaren, kami pernah menggunakan Linux, terus terang jumlah pengunjung jadi berkurang.

    beberapa kelemahan kalo pake linux :
    1. jalannya lebih lambat, ini mungkin karena tampilan grafis di linux lebih tinggi dan banyak service yang tidak dibutuhkan berjalan dibelakang layar.

    2. user kesulitan kalo mau nyimpen file ke disket atau flashdisk
    3. gak ada MS word, jadi user gak bisa edit hasil donlot utk diprint
    ada sih open office tp masih kurang familiar.

    4. mau ngeprint di printer di server susah banget

    5. bilingnya jg ribet cara installnya.

    dari sekian banyak kerumitan tsb, saya sarankan tetaplah gunakan windows dan atau ada pc windows ada jg pilihan linux.

  8. ass.
    salam kenal, saya sangat tertarik dengan tulisan mas aswandi, saya boleh minta dikirimi proposal bisnis warnet atau bisnis yang lainnya ga? terimakasih.
    wss

  9. Salam kenal, mas saya tertarik dengan apa yg ditulis untuk saat ini saya pengin buka warnet sebagai usaha namun karena saya sangat awam maka mohon dpt dibantu dgn proposalnya samapi pd BEPnya untuk ukuran warnet kecil 10 client. terimakasih mohon dpt dijawab via mail.

  10. salam kenal, terimakasih atas tulisannya mas.
    bagi saya sangat membatu sekali bagi pengetahuan saya
    tapi disini saya mau menanyakan bagaimana pembagian deviden untuk pemegang saham berdasarkan besaran saham yang dimiliki baik yang persentase maupun berdasarkan lot
    terimakasih mas.

  11. mas mau ngerepotin dikit.. mau nanya lebih jauh tentang bagi hasil bagi usaha warnet … dari mulai pengelola sampe pegawai & investor.. makasih ya…

  12. mas saya ada rencana neh mo buka warnet
    tapi saya masih bingung buat proposal tau rencana untuk buat warnet seperti apa?
    bisa gak kiriman saya contoh proposal nya
    ke email saya di funk_ean@yahoo.com

  13. saya sangat tertarik dengan info dari mas aswandi, saya juga berencana buka usaha warnet dengan 10 client rencana saya mau buka di dareah banjar negara jawa tengah menurut mas asawandi lebih baik pake window atau linux tolong balas ke alamt e mail saya thank’s atas jawaban nya

  14. Ass…
    Salam kenal, saya ingin mengetahui perincian modal untuk membuka warnet dan spesifikasi komputer yang di butuhkan, bagaimana untuk menarik pengunjung agar pendapatan warnet stabil. Apa sebaiknya usb di komputer user di aktifkan (enable). terima kasih sebelumnya

  15. mas, saya ada rencana mw buka warnet n game online. Saya bener2 msh awam. Modal 100jt cukup g ?? Tapi u smua2 nya, mulai dari komputer, isp, sm perabot2 yg mendukung. Pokoknya semua yang dibutuhin u buat warnet lha. Mohon bantuannya ya.. Kalo bisa kirim ke email saya az y mas, proposalnya. Thank’s before…..

  16. lam kenal mas, sy mau buka usaha warnet budget 50jt, tp sy masih awam. bs g mas dikirim contoh proposal dan RAB nya. mksh bnyk mas

  17. lam kenal mas, gini mas, saya udh setaun ini usaha warnet. tp akhir2 ini pendapatan menurun.
    saya minta masukan dari mas aswandi, kira2 apa yg harus dilakuin utk dongkrak pendapatan lagi.
    trims mas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.